Bagi Anda yang melakukan pemasaran melalui social media, pasti sudah mengetahui kelebihan social media yang dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan. Sebagai pebisnis, manfaatkan kemudahan ini untuk membangun customer experience karena setelah mereka merasakan bagaimana kualitas produk dan pelayanan Anda, pelanggan akan memberikan informasi yang baik pada pelanggan lain dan terjadilah Word of Mouth (WOM) sebagai cara menarik perhatian pelanggan baru.

Untuk Anda yang mungkin baru menyadari pentingnya menjalin hubungan secara continue dengan para pelanggan,  mulai sekarang Anda harus bisa memanfaatkan mudahnya penggunaan social media yang akan berdampak pada bisnis Anda. Berikut tips yang mungkin akan Anda lakukan sebagai cara menarik perhatian pelanggan agar terjalin hubungan yang baik dan continue  berikut ini :

1. Mengetahui apa yang pelanggan butuhkan

Hal yang paling penting dalam bisnis adalah mengetahui apa yang pelanggan butuhkan. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, apa yang Anda tawarkan lewat social media pasti akan menarik bagi para pelanggan.

baca juga: Tips memilih desainer grafis

2. Berikan respon pelayanan yang cepat melalui social media

Saat ini banyak pelanggan yang memilih pelayanan cepat dengan respon yang baik terhadap pelanggan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hubungan yang baik, berikan pelayanan secepat mungkin kepada semua pelanggan. Baik pelayanan secara langsung maupun tidak, Anda harus berlaku adil. Jika pelanggan menghubungi secara online, maka segera respon pesan tersebut. Jangan menunda-nunda hanya karena konsumen tidak terlihat dan membelinya secara online.

3. Berikan kesan berbelanja yang menyenangkan

Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan kepada Anda, Anda harus kreatif dalam menarik para pelanggan dengan memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan. Packing rapi dan pengiriman tepat waktu merupakan hal penting yang mesti dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan.

4. Memberi Reward

Pelanggan merupakan orang yang sangat penting bagi bisnis Anda. Karena tanpa pelanggan, penjualan produk tidak akan berhasil sehingga perputaran keuangan bisnis Anda pun tidak berjalan. Untuk menghargai hal tersebut, berikan reward kepada pelanggan sebagai wujud terima kasih. Anda bisa memberikannya secara langsung melalui ucapan atau memberikan sebuah hadiah seperti promo atau diskon pada periode tertentu. Dengan pemberian reward ini, hubungan dengan pelanggan tidak berhenti sekali transaksi.

baca juga : strategi social media bisnis

 

Setelah beberapa tips sudah Anda lakukan, hal yang tidak kalah penting yang harus Anda lakukan adalah mempertahankan hubungan baik dengan para pelanggan. Bisnis yang dijalankan tanpa adanya pelanggan akan percuma. Hubungi Sooca design yang akan membantu bisnis anda dalam mengelola akun social media melalui studio@soocadesign.com atau Telp. 08157708057.

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat