Memanfaatkan social media untuk bisnis menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis. Dibutuhkan strategi yang tepat untuk mendukungnya.

Hidup di era pesatnya perkembangan teknologi terutama social media tentu bukan hal yang mudah, perlu  strategi khusus dalam memanfaatkan teknologi agar tidak terjerumus. Kemudahan penggunaan social media yang dapat digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun membuat pengguna social media meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini semakin menguntungkan bagi bisnis Anda karena pemasaran produk anda menjadi lebih efisien, hemat, dan tepat sasaran.

Bebagai strategi memanfaatkan social media marketing yang harus anda perhatikan adalah :

Mengenali Target Market Anda

Menentukan Target Market dari bisnis Anda merupakan hal yang paling penting untuk anda ketahui karena dari data tersebut, Anda akan lebih efektif dalam penggunaan social media platform serta lebih fokus dalam membuat konten marketing karena anda paham betul siapa pembeli dari produk yang anda jual.

Pahami Jenis Social Media yang Tepat untuk Bisnis Anda

Banyaknya social media platform yang tersedia, menuntut anda untuk mengetahui karakter dari masing-masing platform. Bukan berarti anda harus melakukan promosi di semua social media melainkan untuk mempertimbangkan dan mengetahui social media apa yang sering diakses oleh target market anda sehingga strategi pemasaran yang anda gunakan lebih efektif dan tepat sasaran.

Membuat Konten yang Menarik

Untuk membuat para calon customer tertarik butuh konten yang menarik. Buatlah konten yang  bisa memberikan jawaban dari permasalahan target market anda, serta konten yang mudah di ingat (memorable).

Merancang Rencana Social Media Anda

Apabila Anda telah berhasil menarik perhatian target market Anda, hal yang perlu Anda lakukan adalah merancang rencana media sosial Anda. Disini Anda butuh Social Media Management yang baik untuk mempertahankan bahkan membuat inovasi-inovasi baru untuk mengelola akun Anda kedepan. Hal yang harus anda lakukan adalah

  1. Mengumpulkan Ide

Ide merupakan berbagai konten yang akan Anda tampilkan pada social media Anda untuk memasarkan produk yang Anda jual. Seperti yang Anda ketahui, konten merupakan senjata paling utama yang menentukan apakah para customer tertarik atau mengabaikan strategi pemasaran yang Anda buat. Maka dari itu, Anda harus rajin untuk mengumpulkan ide-ide rencana apa yang akan ditampilkan pada akun Anda kedepan. Tentunya harus yang berbeda dan tetap menarik.

         2. Membuat Jadwal Konten

Kelebihan media sosial dari platform marketing lainnya adalah memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dua arah dengan konsumen. Hal ini juga menuntut Anda untuk selalu hadir setiap saat. Anda dapat membuat jadwal posting konten mingguan, harian, atau tahunan untuk memudahkan Anda dalam mengelola akun. Dengan adanya jadwal, Anda bisa mengatur konten apa saja yang perlu diproduksi dalam kurun waktu tersebut, dimana posting konten yang akan Anda lakukan, serta seberapa sering Anda memposting konten pada akun Anda.

 

Dengan strategi pemasaran melalui social media yang terarah dan tepat sasaran, serta didukung pengelolaan social media yang baik, bisnis yang Anda kelola pasti akan mencapai target bahkan lebih. Hubungi Sooca Design yang akan membantu dalam mengelola akun social media Anda melalui E-mail studio@soocadesign.com atau Telp. 08157708057.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat