5 tips strategi marketing di tiktok

5 Tips Sukses Strategi Marketing di TikTok

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan akhir-akhir ini. Dilansir dari CNBC, TikTok memiliki 1 miliar pengguna global aktif per September 2021. Dengan meningkatnya jumlah pengguna TikTok secara drastis, platform ini kini menjadi media yang banyak dilirik oleh brand untuk menjalankan strategi marketing. TikTok menyediakan tempat bagi brand untuk berkreasi secara kreatif melalui konten-konten menarik dalam bentuk video singkat. Lantas, bagaimana strategi marketing di TikTok agar sukses memperkenalkan brand Anda secara luas? Mari terus baca di bawah sini.

Tips Sukses Strategi Marketing di TikTok

mengenal 5 tips strategi marketing di tiktok

Photo by Hello I’m Nik on Unsplash

Selain jumlah pengguna yang banyak, penelitian dari Upfluence menunjukkan bahwa TikTok memiliki engagement rate yang lebih tinggi daripada dua platform media sosial besar lainnya, yaitu Instagram dan YouTube. Dengan potensi yang besar ini, banyak brand yang masih belum memahami dengan baik bagaimana cara memanfaatkan TikTok secara optimal. Di artikel ini, kami akan membahas 5 tips sukses strategi marketing di TikTok!

1. Membuat Konten yang Menarik

Hal pertama yang menjadi tips strategi marketing di TikTok adalah konten yang menarik. Sebelum menerapkan tips-tips lainnya, pastikan konten yang Anda buat adalah konten yang berkualitas. Ini dapat dilakukan dengan mempunyai pemahaman tentang konten apa yang disukai dan dianggap menarik oleh target audiens Anda. Buatlah ciri khas tertentu dari konten Anda untuk meninggalkan kesan yang kuat. Pahami juga algoritma TikTok tentang 3 second rule. Aturan ini menjelaskan bahwa 3 detik pertama dalam video sangat penting untuk membuat mereka menonton video TikTokmu sampai akhir. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika audiens tidak menonton video Anda sampai akhir, TikTok akan mendai konten Anda sebagai konten yang kurang menarik dan tidak akan mempromosikannya lebih lanjut.

2. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Sama halnya dengan Instagram, penggunaan hashtag di TikTok juga mempunyai pengaruh yang cukup signifikan. Hashtag dapat membantu pengguna TikTok mencari konten-konten yang menarik minat mereka. Misalnya Anda tertarik dengan konten daily vlog, Anda dapat mencari dengan hashtag #dailyvlog untuk mencari konten-konten seripa. Dengan ini, brand dapat menggunakan hashtag yang relevan dengan produk untuk meanrgetkan audiens tertentu.

Tips yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan hashtag adalah menghindari penggunaan hashtag yang terlalu umum. Selain target yang disasar kurang spesifik, video Anda kemungkinan besar akan tenggelam di antara video-video lainnya. Lebih baik menggunakan hashtag yang tepat sasaran dan tidak terlalu populer, tetapi video Anda tetap bisa stand out.

3. Bekerja sama dengan Influencer

TikTok mendorong munculnya banyak kreator-kreator dari berbagai macam bidang yang memiliki audiens yang cukup niche. Anda bisa menggunakan influencer untuk menjangkau audiens yang lebih banyak dan meningkatkan brand awareness. Pilihlah influencer yang mempunyai karakteristik dan target audiens yang serupa dengan brand.

4. Mengikuti Tren

Tips ini paling ampuh untuk membuat kontenmu dapat dilihat oleh banyak penguna TikTok. Anda bisa menyesuaikan konten dengan audio, filter, atau hashtag yang memang sedang populer saat itu. Namun perlu Anda ingat bahwa tren TikTok bergerak dengan sangat cepat, jadi pastikan untuk selalu up to date dalam melihat pergerakan yang ada. Pastikan bahwa Anda tidak hanya sekedar menyalin konten orang lain, melain mengolahnya lagi dengan karakteristik tertentu dari brand Anda.

5. Berinteraksi Secara Aktif

Engagement menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan strategi marketing di media sosial. Hal ini dapat dibangun melalui interaksi yang dibangun secara aktif oleh brand kepada audiens. Anda bisa memanfaatkan fitur balas komentar dengan teks/video di TikTok untuk menjalin komunikasi. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk meninggalkan beberapa komentar di unggahan yang relevan dengan brand Anda. Dengan ini, audiens akan merasa lebih dekat dengan brand dan tertarik untuk mengikuti lebih lanjut.

Pertahankan pola ini dengan mengunggah konten secara rutin di akun TikTok Anda. Semakin aktif mengunggah konten, TikTok akan menghargai itu dan mempromosikan akun Anda ke lebih banyak pengguna dan membuatmu akun Anda lebih mudah ditemukan.

Itu dia 5 strategi marketing di TikTok yang bisa Anda gunakan dan terapkan. Semoga membantu ya!

Namun jika masih merasa kesulitan untuk mengolah konten di sosial media, termasuk TikTok, maka Anda juga bisa menempuh cara cepat dan efektif yaitu bekerjasama dengan agensi jasa kelola sosial media seperti soocadesign.

Dengan paket lengkap mulai dari pembuatan plan, eksekusi konten hingga pengelolaan akun, soocadesign siap menjadi partner yang baik dalam mengembangkan branding bisnis Anda melalui sosial media.

Tertarik untuk mendapatkan penawaran jasa kelola sosial media dari kami? Langsung saja klik DI SINI.

 

References:

www.cnbc.com

influencermarketinghub.com

fanbytes.co.uk





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





GRATIS Mini Course

Kategori