tips pembuatan annual report yang menarik

Tips Pembuatan Annual Report yang Menarik

Penting bagi perusahaan mengetahui tips pembuatan annual report yang menarik. Mengingat, selain menyampaikan informasi perkembangan perusahaan ke publik, annual report juga dapat difungsikan untuk memikat investor. Sehingga, investor bersedia berinvestasi di perusahaan yang bersangkutan.

Secara garis besar, annual report atau laporan tahunan berisikan perkembangan bisnis dalam jangka waktu setahun terakhir, pencapaian perusahaan, tantangan yang dihadapi perusahaan, laporan keuangan, laporan manajemen, prospek perusahaan ke depannya dan lain sebagainya. Nantinya, publik dan investor dapat memberikan penilaian apakah perusahaan mengalami perkembangan yang baik atau buruk.

Oleh karenanya, annual report harus dibuat dengan menarik. Tentunya, dengan tetap memerhatikan isinya yang mendetail namun mudah dipahami oleh pembaca.

Tips Pembuatan Annual Report yang Menarik

tips pembuatan annual report yang menarik (jasa pembuatan annual report)
sumber gambar: freepik.com

Membuat laporan tahunan atau annual report yang tidak membosankan memang memerlukan keahlian khusus. Tidak heran jika banyak perusahaan yang mempercayakan pembuatan laporan tahunan mereka pada jasa pembuatan annual report yang profesional.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips pembuatan annual report yang menarik. Anda dapat mengikutinya agar annual report yang Anda buat tersampaikan dengan baik dan menarik perhatian investor.

1. Masukkan Narasi Inti

Annual report memang harus memuat informasi tentang perusahaan dan perkembangannya secara detail dan komprehensif. Namun, bukan berarti dalam pembuatannya, Anda memuat teks yang terlalu penuh. Misalnya, memasukkan kata pengantar yang terlalu banyak dari sejumlah pihak.

Ketahuilah annual report yang menarik berisikan narasi inti yang berisikan informasi penting tentang perusahaan. Oleh karenanya, Anda dituntut untuk menjelaskan dengan baik dan to the point terkait riwayat perusahaan, profil bisnis, visi dan misi, milestone dan lain sebagainya. Tidak saja berupa teks, Anda bisa memberikan gambar atau infografis yang menarik.

2. Highlight Capaian Perusahaan

Capaian perusahaan perlu di-highlight mengingat salah satu bagian annual report ini sering disorot utama oleh investor. Sampaikan apa saja yang telah dicapai perusahaan selama ini dengan baik.

Perlu Anda ketahui, pencapaian perusahaan tidak saja sebatas persoalan pendapatan, melainkan juga hal-hal lain yang (pada intinya) berdampak positif pada keberlangsungan perusahaan. Sertakan informasi-informasi pendukung agar bagian ini terlihat menarik, seperti testimoni.

3. Visualisasi Angka

Annual report juga berisikan angka-angka, terutama pada bagian laporan keuangan. Nah, agar tidak monoton, penyampaian angka-angka ini sebaiknya dikonsep dengan menarik melalui infografis. Tidak saja menarik, infografis juga dapat memudahkan pembaca memahami informasi yang disampaikan dengan cepat.

Sebagai tips, Anda dapat membuat infografis dengan tema tertentu sesuai karakteristik perusahaan. Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang buah-buahan, maka infografis dapat disuguhkan dengan tema buah-buahan

4. Gunakan Tema yang Sesuai Karakteristik Perusahaan

Sedikit disinggung di atas, penerapan tema yang sesuai dengan karakteristik perusahaan pada infografis akan memberikan nilai kemenarikan tersendiri. Sebenarnya tidak saja infografis, Anda juga harus mengadopsi seluruh elemen dengan satu tema yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Mulai dari jenis font, warna, desain, foto, ilustrasi dan lainnya.

Penerapan tema pada annual report ini secara tidak langsung membantu meyakinkan pembaca bahwa perusahaan memiliki profesionalitas yang tinggi. Hal ini, tentunya, dapat memikat perhatian investor.

5. Sajikan Annual Report yang Interaktif

Menyajikan annual report yang interaktif bukan pekerjaan yang sulit lho. Misalnya, Anda dapat menggunakan kertas pop up untuk konten infografis. Sehingga, saat ingin mengetahui infografis itu, pembaca dapat menggerakkan kertas tersebut.

Lebih lanjut, Anda juga dapat menambahkan QR code untuk bagian-bagian tertentu. Pembaca nantinya dapat men-scan QR code tersebut untuk melihat video melalui perangkat mobile (smartphone)-nya. Bukankah hal semacam itu menarik?

Itulah tips pembuatan annual report yang menarik. Jika merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan annual report profesional. Sooca Design memberikan layanan terbaik untuk jasa pembuatan annual report dan sustainability report.

Berpengalaman selama lebih dari 11 tahun dalam dunia reporting, Sooca Design siap menyediakan paket komplit dalam jasa pembuatan annual report maupun sustainability report. Mulai dari layanan desain, copywriting, translation, fotografi, hingga cetak. Sooca Design juga diisi dengan tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori