tips menjaga hubungan dengan kolega kerja

Tips Menjaga Hubungan Dengan Kolega Agar Terjalin Baik

Dalam dunia kerja, memiliki hubungan yang baik dengan kolega adalah sebuah keharusan. Selain nyaman, memiliki hubungan yang baik dengan kolega juga dapat membuat kinerja kerja kita menjadi lebih baik. Jika Anda merasa kesulitan, cobalah untuk mengikuti beberapa tips menjaga hubungan dengan kolega agar tetap berjalan baik.

Tips Menjaga Hubungan Dengan Kolega Kerja

7 tips menjaga hubungan dengan kolega kerja
Photo by RODNAE – Pexels

Sama halnya seperti barang berharga, hubungan dengan kolega kerja juga perlu dijaga. Jalinan yang baik antar kolega tentu akan membawa suasana yang nyaman dan menyenangkan, sehingga produktivitas kita dalam bekerja pun ikut terjaga. Penasaran bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Jadwalkan waktu untuk membangun hubungan

Membangun hubungan yang positif dengan kolega tidaklah mudah, Anda harus membutuhkan waktu. Bahkan terkadang Anda merasakan kesulitan karena banyaknya tugas, sehingga waktu berinteraksi bersama kolega menjadi berkurang.

Itulah sebabnya Anda harus menjadwalkan waktu agar bisa berinteraksi dengan kolega Anda. Jika masih tidak bisa juga, coba gunakan kartu ucapan sebagai metode pendekatan dengan kolega.

Dengan kartu ucapan Anda tentunya Anda bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan kolega. Contoh ucapan yang bisa Anda gunakan kepada kolega adalah “Saya kagum terhadap kinerjamu saat melakukan sebuah pekerjaan. Kamu seorang superstar!”

2. Terus berkomunikasi

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang lebih erat dengan kolega, maka sering-sering lah melakukan komunikasi. Misalnya aktif mendengarkan dan bertanya kepada kolega Anda.

Saat Anda ingin mengajukan sebuah pertanyaan kepada kolega, maka ajukan lah sebuah pertanyaan yang tidak terlalu pribadi. Misalnya mengenai minat dan hobi, dengan begitu mereka akan memberikan kesempatan untuk berbagi kepada Anda.

Selain membuat hubungan lebih erat, Anda juga akan merasakan komunikasi yang lebih terbuka ketika bersama kolega. Saat ingin berkomunikasi dengan kolega, ada baiknya Anda bertanya mengenai pekerjaan terlebih dahulu.

3. Menawarkan bantuan

Saat kolega Anda sedang kewalahan, cobalah untuk melepaskan bebannya dengan cara menawarkan bantuan. Membangun kepercayaan adalah hal terpenting saat bekerja dengan rekan. Jika Anda menunjukkan kualitas diri yang baik, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan hubungan yang erat dengan kolega.

Contoh ucapan yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan bantuan terhadap kolega sama seperti kalimat pada umumnya. Hanya saja hal yang perlu diingat adalah tawarkan bantuan dengan lembut.

4. Memberikan apresiasi

Memberikan apresiasi terhadap kolega juga bisa menjadi metode terbaik agar hubungan dengan kolega lebih erat. Terkadang, karena banyaknya tekanan dan tantangan yang diberikan perusahaan menimbulkan pikiran dan perasaan yang negatif.

Di sinilah peran Anda, yaitu menghargai dan memberikan apresiasi terhadap seluruh kinerja kolega. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelajaran baru saat bekerja sama dengan tim kolega. Sehingga hubungan positif bisa terbentuk.

Contoh kartu ucapan yang baik untuk kalimat apresiasi yang bisa Anda gunakan adalah. “Terima kasih atas kerja kerasnya, ayo terus berkembang menjadi lebih baik!”

5. Ketahui kapan harus meminta bantuan

Dengan meminta bantuan kepada kolega Anda juga sudah bisa memulainya sebuah hubungan. Caranya adalah meminta kolega bergabung ke dalam proyek yang sedang Anda kerjakan.

Dengan melakukan cara ini Anda bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk dekat dengan kolega. Tapi, ada satu hal yang perlu Anda ingat, jika sudah meminta bantuan, maka tawarkan juga bantuan kepada seseorang yang sudah menolong Anda. Dengan begitu Anda akan melibatkan lingkungan memberi dan menerima dengan baik.

Contoh kalimat ucapan yang bisa Anda gunakan adalah “Saya membutuhkan bantuan Anda karena Anda bisa berpikir secara kreatif dan inovatif.”

6. Memberi motivasi

Saat ingin membangun sebuah hubungan yang positif, tentunya Anda harus memberikan sedikit motivasi untuk kolega. Dengan memberikan motivasi, maka hubungan Anda dengan kolega akan jauh lebih erat.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan keinginan kolega untuk terus berkomunikasi dengan Anda karena mampu menebar energi positif. Bahkan mereka akan puas dan betah berhubungan dengan Anda.

Saat ingin memberi motivasi, cobalah untuk menggunakan kalimat ini. “Terima kasih karena sudah mengerahkan segala kekuatan. Kalian luar biasa, ayo terus berkembang untuk hasil yang lebih baik!” Dengan menggunakan kartu ucapan, maka Anda sudah bisa membalut kolega ke dalam hubungan bisnis yang lebih dihargai.

7. Memberikan Apresiasi Di Hari Spesial

Tentunya untuk memiliki hubungan yang baik dengan kolega, kita harus memahami hari atau waktu spesialnya agar bisa memberikan  apresiasi dan atensi. Dengan apresiasi dan atensi tersebut kita akan memberikan sebuah perasaan bahwa hubungan yang terjalin sangatlah berarti.

Misalnya, pada perayaan ulang tahun kita bisa mengirimkan berupa hadiah spesial dengan menyelipkan kartu ucapan ulang tahun sebagai bentuk rasa atensi kita kepada moment bahagia kolega.

Mendekati moment ramadhan, tentunya sebagai kolega yang baik, kita sudah menyiapkan hadiah spesial dan kartu ucapan ramadhan dan lebaran sebagai tanda bahwa kita juga ikut merasaan kebahagiaan yang sama.

Itulah beberapa tips menjaga hubungan yang baik dengan kolega kerja dan bagaimana mengenai cara mengeratkan hubungan dengan mereka agar lingkungan kerja lebih nyaman.

jasa design kartu ucapan lebaran
Image from Freepik

Jika ingin menggunakan tips tersebut, jangan lupa untuk membuat kartu ucapan momen spesial untuk kolega kerja Anda ya. Melalui kartu ucapan, Anda akan bisa mendapatkan hubungan yang lebih erat dengan kolega.

Karena mendekati momen lebaran, apakah saat ini Anda sedang mencari jasa design kartu ucapan? Konsultasikan sekarang juga mengenai jasa design kartu ucapan lebaran yang Anda inginkan di SOOCADESIGN. Bersama tim kami, Anda bisa melihat dan mendapatkan berbagai jenis contoh design kartu ucapan yang lebih menarik.

GRATIS Mini Course

Kategori