tips meningkatkan employee engagement

5 Tips Kreatif Meningkatkan Employee Engagement

Employee engagement yang baik akan memberikan konsumen pengalaman yang luar biasa serta menghasilkan bisnis yang unggul. Meskipun demikian, banyak organisasi mengabaikan aktivitas employee engagement karena lebih mengutamakan angka keuntungan semata tanpa memperhitungkan kesejahteraan karyawan. Padahal, ada begitu banyak tips meningkatkan employee engagement yang bisa diterapkan.

Sikap perusahaan yang seperti itu tidak akan membawa perusahan ke titik kesuksesan yang bertahan lama. Salah satu alasan terbesar mundurnya karyawan dari perusahaan adalah tuntutan akan nilai profit lebih yang melekat pada semua upaya yang dilakukan semua karyawan. Itulah sebabnya banyak perusahaan saat ini siap menawarkan fasilitas yang berharga dan nyata sebagai imbalan atas tenaga kerja yang efisien.

Sumber: Scoop Health

Tips Meningkatkan Employee Engagement Dengan Kreatif

Oleh karena itu, sebagai pemberi kerja, menjaga karyawan perusahaan untuk tetap aktif terlibat adalah tantangan terbesar yang dapat dihadapi hari ini. Berikut adalah 5 tips meningkatkan employee engagement secara kreatif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan engagement di antara karyawan Anda.

1. Lakukan Sharing Pengetahuan

tips meningkatkan employee engagement
freepik created by tirachardz

Ide untuk program engagement karyawan yang pertama adalah dengan membuat ruang sharing terbuka, yang menjadi tempat anggota semua tim di organisasi dapat berbagi pengetahuan, ide baru, dan informasi tentang proyek mereka. Di dunia maya saat ini, orang hanya dapat terhubung secara virtual dan tidak dapat berbagi informasi secara langsung, seperti dulu di masa pra-pandemi. Untuk membuat kegiatan ini menyenangkan, Anda dapat mengubah tema setiap bulan dan meminta mereka untuk berbagi ide sesuai dengan tema yang berlaku.

2. Hadiah/Penghargaan Karyawan

cara meningkatkan employee engagement
freepik created by rawpixel

Hadiah merupakan motivasi keterlibatan karyawan yang kuat. Ciptakan lingkungan yang penuh semangat dengan menghadirkan manfaat dan penawaran menarik, di mana karyawan akan merasa termotivasi untuk terlibat. Beberapa contoh hadiah menarik misalnya tiket perjalanan, kupon makan siang dan makan malam; atau bisa juga sesuatu yang tidak berwujud seperti waktu istirahat tambahan untuk pekerjaan yang diselesaikan dengan baik.

3. Punya Hari Kantor Bertema

employee engagement
freepik created by tirachardz

Setiap kali karyawan mengunjungi kantor, mereka harus berkunjung dengan perasaan senang dan bersemangat. Jadi, rencanakan program ini untuk secara signifikan seperti yang diharapkan karyawan. Mengadakan hari kantor bertema merupakan salah satu contoh kegiatan employee engagement yang baik. Ketika karyawan aktif mengikuti kegiatan yang menyenangkan, hal itu menginspirasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

4. Fokus Pada yang Terbaik yang Dilakukan Karyawan Anda

desain company profile
freepik created by tirachardz

Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan seorang manajer adalah memberikan tugas yang tidak sesuai dengan keterampilan karyawan mereka. Karyawan ingin diberi kesempatan untuk berkembang, yang berarti mereka harus memiliki kemampuan untuk melakukan yang terbaik, sesering mungkin. Bicaralah dengan karyawan Anda dan cari tahu tugas mana yang membuat mereka nyaman dan tetapkan pekerjaan mereka sesuai dengan itu.

5. Memberikan Pembimbingan Dan Pelatihan

jasa desain company profile
photo created by freepik

Banyaknya karyawan yang sadar mengenai keseimbangan kehidupan dan pekerjaan (work-life balance) sangat penting saat ini. Hadirkan mentor tertentu untuk membimbing karyawan dalam pekerjaan dan mungkin juga sharing gaya hidup. Karyawan akan memiliki mindset yang baik ketika perusahaan dapat memberikan fasilitas pendampingan dan pelatihan bagi mereka.

Jalankan proses mentoring yang baik dan ringan untuk karyawan. Pastikan program itu cukup efektif untuk semua karyawan. Adakan survei untuk memperoleh pendapat mereka, sehingga perusahaan memperoleh feedback untuk menjadi indikator employee engagement. Karyawan akan mendapatkan banyak hal dari program ini, serta akan semakin yakin bahwa perusahaan peduli pada mereka. Akhirnya, hal ini akan mengarah pada peningkatan besar dalam tingkat keterlibatan aktif karyawan.

Kiat Bonus: Eksperimen Pada Employee Engagement & Pembuatan Desain Company Profile

dokumentasi employee engagement dalam desain company profile
Created by soocadesign

Hal-hal kecil terkadang dapat membuat perbedaan yang signifikan. Cobalah sesuatu yang tidak biasa untuk melibatkan karyawan. Misalnya, minta karyawan untuk tampil di video perusahaan dengan pakaian terbaik mereka.

Jika Anda menemukan ide yang lebih baik, bereksperimenlah dengan ide tersebut. Bahkan jika perusahaan masih kurang berhasil dalam melaksanakan employee engagement, staf akan menghargai kenyataan bahwa perusahaan setidaknya telah dan terus berusaha untuk mengenal mereka pada tingkat yang lebih pribadi.

Dokumentasi kegiatan employee engagement juga dapat disisipkan ke dalam company profile untuk meningkatkan citra perusahaan. Tidak hanya memuat sejarah, pengenalan produk atau jasa, serta visi dan misi, tetapi desain company profile juga bisa menyertakan gambaran kondisi perusahaan yang menyenangkan.

Ingin desain company profile perusahaan Anda tampil menarik dan profesional? Serahkan saja pada ahlinya, yaitu sooca design. Kami menawarkan paket lengkap jasa pembuatan company profile mulai dari konsep, desain company profile, art directing, copywriting, translate hingga cetak.

Tunggu apa lagi, klik DI SINI untuk mendapatkan penawaran jasa desain company profile perusahaan yang spesial dari SOOCA DESIGN.

GRATIS Mini Course

Kategori