manfaat melakukan csr bagi perusahaan & fungsi csr

Manfaat Melakukan CSR Bagi Keberlangsungan Perusahaan

Apa itu CSR? Semua perusahaan wajib mengetahui apa itu CSR dan contohnya. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) atau CSR adalah konsep manajemen dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka serta interaksi dengan pemangku kepentingan mereka. Lantas, apa manfaat melakukan CSR bagi keberlangsungan perusahaan? Mari simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Melakukan CSR Bagi Perusahaan

manfaat melakukan csr bagi keberlangsungan perusahaan & fungsi csr
Image Source: Freepik

CSR adalah suatu konsep yang dipahami sebagai cara di mana perusahaan mencapai keseimbangan imperatif ekonomi, lingkungan dan sosial, sementara pada saat yang sama menangani harapan pemegang saham dan pemangku kepentingan. Manfaat melakukan CSR juga merujuk kepada upaya untuk menyelaraskan perusahaan swasta dengan tujuan pembangunan global yang berkelanjutan dengan menyediakan serangkaian tujuan kerja yang lebih komprehensif daripada hanya keuntungan semata. Perspektif yang diambil adalah bahwa agar sebuah organisasi dapat berkelanjutan, ia harus aman secara finansial, meminimalkan (atau idealnya menghilangkan) dampak negatif lingkungan dan bertindak sesuai dengan harapan masyarakat.

Fungsi CSR (Corporate Social Responsibility)

Setelah mengetahui manfaat melakukan CSR bagi perusahaan, mari lanjut mengenal tentang beberapa fungsi umum CSR yang berikut ini:

  • Pemilihan supply chain yang lebih bertanggung jawab oleh perusahaan
  • Adanya pendekatan dan hubungan yang baik antara komunitas sosial masyarakat, konsumen, vendor, dan karyawan
  • Kepatuhan perusahaan terhadap peraturan untuk karyawan
  • Manajemen dan perlindungan terhadap lingkungan
  • Pencegahan korupsi
  • Penegakan kesetaraan sosial, kesetaraan gender, dan hak asasi manusia lainnya
  • Pengelolaan terhadap sumber daya alam, seperti air dan energi pada produksi.

Jenis-jenis Corporate Social Responsibility

jenis-jenis csr (corporate social responsibility)
Image Source: DosenPendidikan

Setelah mengetahui apa itu CSR dan fungsinya, sebuah perusahaan juga perlu mengetahui berbagai jenis CSR. Jenis-jenis CSR dalam pelaksanaannya dibagi menjadi antara lain sebagai berikut:

1. Cause Promotions

Pada jenis CSR yang satu ini, perusahaan mengambil bagian dalam upaya untuk meningkatkan respon dan kesadaran pihak tertentu terhadap suatu permasalahan. Seringkali, yang terjadi adalah perusahaan menyisihkan sejumlah dana untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan komunitas atau kegiatan-kegiatan donasi.

2. Cause Related Marketing

Contoh kegiatan dari CSR berjenis Cause Related Marketing adalah perusahaan yang mengadakan sebuah event penjualan produk atau jasa, yang nantinya hasil keuntungan dari event tersebut akan disumbangkan atau didonasikan kepada pihak tertentu.

3. Corporate Societal Marketing

Kegiatan CSR berjenis Corporate Societal Marketing umumnya hadir dengan wujud kampanye. Kampanye dilakukan perusahaan untuk menaikkan isu-isu tertentu, misalnya lingkungan, kesehatan, dan lainnya. CSR jenis ini bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar bersama-sama berpartisipasi dan bergerak menuju suatu perubahan yang lebih baik.

4. Corporate Philanthropy

Filantropi merujuk kepada bentuk partisipasi langsung perusahaan terhadap kegiatan yang berbentuk donasi atau charity event. Pada jenis ini, perusahaan menyumbangkan dana baik melewati agensi tertentu atau langsung memberikannya kepada yayasan yang membutuhkan. Biasa juga terlihat pada perusahaan yang memberikan bantuan sembako pada korban bencana.

Sumber: Ledgent Techonology

5. Community Volunteering

Sesuai nama jenisnya, jenis CSR yang satu ini berfokus kepada kontribusi aksi langsung dari perusahaan terhadap kegiatan-kegiatan sukarela. Biasanya jenis CSR ini terlihat pada karyawan perusahaan A yang ikut dalam kegiatan kerja bakti kebersihan lingkungan, atau volunteer karyawan dari perusahaan B yang ikut dalam program penghijauan yang dilaksanakan di lingkungan sekitar perusahaannya.

Sumber: Canadian Business

Harga Jasa Pembuatan Sustainability Report

harga jasa pembuatan sustainability report dari soocadesign
Image Source: soocadesign

Nah, setelah mengetahui manfaat melakukan CSR, fungsi CSR, serta jenis CSR dan contohnya, Anda juga wajib untuk mengetahui yang namanya Sustainability Report. Sustainability Report sangat erat kaitannya dengan kegiatan CSR, sebab sebagian dari kegiatan CSR dapat menjadi suatu input yang berharga bagi penyusunan laporan keberlanjutan (SR). Sustainability report memuat segala jenis kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendukung konsep keberlanjutan perusahaan.

Bersama SOOCADESIGN, Anda akan mendapatkan prioritas serta fleksibilitas dalam proses penyusunan dan penentuan harga jasa pembuatan sustainability report. Dengan menggunakan layout dan overview yang menarik, desain yang sederhana namun on point, serta grafis yang informatif dan efisien, Sustainability Report Anda akan menjadi suatu laporan yang berhasil membawa perusahaan untuk maju selangkah dalam progress keberlanjutan.

Selain itu, Sooca menyediakan jasa pembuatan pedoman GCG perusahaan mengingat GCG merupakan bagian penting dalam penyusunan laporan berkelanjutan. Sooca juga menyediakan jasa pembuatan SR BPR.

Tertarik untuk mendapatkan penawaran harga jasa pembuatan sustainability report?

Kunjungi kami DI SINI agar bisa segera terhubung dengan tim marketing kami dan mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori