STRATEGI CSR

5 Tips Mengembangkan Strategi CSR Dalam Bisnis Perusahaan Venture 

 Salah satu cara untuk menjaga dan memajukan bisnis perusahaan venture adalah dengan mengimplementasikan program CSR dengan strategi yang matang. Terdapat lima tips untuk mengembangkan strategi CSR yang cocok diterapkan pada perusahaan venture. 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep atau tindakan tanggung jawab sosial organisasi khususnya perusahaan, dalam rangka mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan lingkungan sekitar perusahaan, mulai dari stakeholder, karyawan, masyarakat di sekitar perusahaan, alam, dan juga publik. Dengan menjalankan program CSR, sebuah perusahaan akan lebih menyadari dampak dari produk atau jasa yang mereka produksi. Maka dari itu, perusahaan dituntut untuk bisa melakukan upaya dalam mencegah potensi negatif yang dihasilkan dari operasional perusahaan demi mendukung terciptanya dunia yang lebih baik. 

Oleh karenanya, dibutuhkan strategi CSR yang matang agar program CSR benar-benar memberikan dampak yang positif bagi perusahaan serta lingkungan sekitarnya, dan tentu saja sesuai dengan tujuan perusahaan. Terdapat jenis-jenis CSR yang bisa dilakukan oleh perusahaan yaitu filantropi, rehabilitasi alam, pengolahan limbah, penggunaan energi terbarukan, volunteering, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis CSR tersebut dapat dilakukan oleh perusahaan apa saja salah satunya adalah perusahaan venture capital. 

Bisnis perusahaan venture adalah bisnis yang sedang mengalami pertumbuhan cepat di era digital seperti saat ini. Perusahaan venture memiliki peran besar dalam pemodalan perusahaan kecil-menengah dan startup. Demi keberlanjutan bisnis ini, dibutuhkan rencana bisnis strategis untuk menjaga ekosistem bisnis venture, seperti dengan merancang strategi CSR. CSR yang dilakukan perusahaan venture selain akan mendatangkan profit, juga akan meningkatkan dukungan oleh para stakeholder dan publik. Hal ini akan menjaga dan memajukan ekosistem bisnis ini untuk semakin kuat. Untuk itu, terdapat lima tips mengembangkan strategi CSR dalam bisnis perusahaan venture. 

 

  1. Sesuaikan Program CSR dengan Visi-Misi Perusahaan

    STRATEGI CSR

    Menginisiasi kegiatan CSR tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal pertama yang perusahaan venture bisa lakukan adalah memahami tujuan perusahaan agar strategi CSR yang diusung tidak melenceng dari visi dan misi perusahaan. Program CSR yang dijalankan nantinya akan menjadi ‘wajah’ dari perusahaan venture itu sendiri. Maka memiliki fokus dan perhatian terhadap bidang tertentu akan menentukan apa dan siapa perusahaan venture ini di mata banyak kalangan. Contohnya sebuah perusahaan venture melakukan suatu kegiatan CSR mengenai literasi keuangan untuk masyarakat, karena visinya adalah mengembangkan sistem ekonomi yang sehat. Program CSR ini dijalankan karena fokus mereka dalam mendanai startup yang bergerak di bidang keuangan. 

     

  2. Belajar dari Aktivitas CSR Perusahaan Lain

    Setelah memahami visi misi perusahaan, salah satu tips mengembangkan strategi CSR pada bisnis venture adalah dengan belajar dari aktivitas CSR perusahaan lain. Tidak ada larangan untuk melakukan hal tersebut. Bukan untuk meniru, namun melakukan pengamatan dan pembelajaran ini akan sangat bermanfaat dalam rangka membantu mengembangkan strategi CSR perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam memutuskan kebijakan dan memetakan program CSR agar kegiatan tetap sesuai dengan tujuan perusahaan. Selain perusahaan pesaing, organisasi lainnya yang bisa untuk dipelajari aktivitasnya adalah organisasi yang bergerak di bidang CSR dan asosiasi industri. 

     

  3. Libatkan Manajemen Perusahaan dan Karyawan

    soocadesign 4 1

    Tips mengembangkan strategi CSR yang ketiga adalah libatkan manajemen perusahaan dan karyawan. Melibatkan seluruh ‘penghuni’ perusahaan venture tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, kesuksesan aktivitas CSR juga bergantung pada dukungan seluruh elemen perusahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak hanya pihak luar saja yang mendapat manfaat, namun pihak internal juga ikut merasakan dampak dari kegiatan baik ini. Sehingga kegiatan CSR dapat menyatukan elemen perusahaan dan menciptakan kekompakkan. Pelibatan ini juga meleburkan kesenjangan antara pihak manajemen dan karyawan yang biasanya melanda budaya perusahaan.

     

  4. Lakukan Publikasi

    STRATEGI CSR

    Publikasi tentu menjadi hal yang sangat krusial dalam pengembangan strategi CSR di perusahaan venture. Publikasi dilakukan sebagai bentuk komunikasi perusahaan kepada khalayak mulai dari stakeholder, publik maupun regulator. Publikasi juga berguna untuk membangun citra positif perusahaan dan menjadi bukti bahwa aktivitas CSR benar-benar dilaksanakan. Beberapa perusahaan menggunakan publikasi sebagai salah satu strategi pemasaran mereka yang efektif untuk meningkatkan awareness publik. Perusahaan venture bisa mengirimkan press release ke media-media nasional atau mengundang wartawan untuk meliput kegiatan CSR-nya.

     

  5. Merinci Keuntungan yang Didapat dari Aktivitas CSR

    Strategi CSR berikutnya untuk mengembangkan bisnis perusahaan venture adalah dengan merinci keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ataupun masyarakat. Adapun keuntungan yang dimaksud bisa bermacam bentuknya seperti keuntungan profit, positifnya reputasi perusahaan di masyarakat, hingga kepercayaan dari stakeholder yang meningkat. Memperkirakan keuntungan ini perlu dilakukan agar aktivitas CSR uang dilakukan benar-benar berdampak dan tidak sia-sia. 

Setelah mengimplementasikan program CSR dengan strategi yang matang, tentunya perusahaan perlu untuk mendokumentasikannya dalam bentuk laporan sustainability.

Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

Referensi:
https://hbr.org/2021/09/your-csr-strategy-needs-to-be-goal-driven-achievable-and-authentic
https://www.goodera.com/blog/developing-csr-strategy

GRATIS Mini Course

Kategori