prinsip csr sustainability

Mengintegrasikan Prinsip CSR: 5 Kunci Sukses Keberlanjutan Perusahaan Venture!

Kegiatan CSR di perusahaan venture harus diterapkan dengan mengedepankan prinsip-prinsip CSR agar keberlanjutan bisnis ini terjaga. Terdapat beberapa kiat untuk mewujudkannya yang terintegrasi dengan tiga prinsip CSR yakni sustainability, accountability, dan transparancy. 

Bisnis yang dibangun dengan memanfaatkan era digital dewasa ini semakin menjamur sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya banyak bisnis rintisan atau yang biasa dikenal dengan startup, meramaikan industri bisnis global. Perkembangan startup tersebut tentu sejalan dengan maraknya suntikan dana dari para perusahaan venture capital (VC) yang membantu ekosistem startup agar terus berkembang. Maka dari itu, perusahaan venture memegang peranan penting dalam perkembangan usaha rintisan maupun kecil-menengah yang potensial karena tugasnya yang menyediakan atau memberikan pendanaan kepada perusahaan.  

Melihat pertumbuhan perusahaan venture, calon pengusaha startup dan peluang kerja bagi masyarakat pun meningkat. Banyak perusahaan venture yang juga telah sukses mem-branding reputasi merek perusahaannya dengan baik di mata stakeholder, regulator dan juga masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan program CSR perusahaan. Melihat kebermanfaatan perusahaan venture bagi banyak kalangan, bisnis ventura harus selalu didukung keberadaannya untuk melengkapi ekosistem bisnis.  

Kegiatan CSR sangat berpengaruh pada keberlanjutan perusahaan venture karena keuntungan yang didapat lebih dari sekedar profit. CSR menunjukkan bahwa perusahaan memiliki nilai dan dasar yang baik. CSR yang dijalankan dengan benar dan telah berdasarkan prinsip CSR, akan menghasilkan reputasi perusahaan yang positif, luasnya relasi bisnis, terbukanya akses investasi, serta berkontribusi bagi lingkungan sekitar mulai dari bidang kemanusiaan, lingkungan hidup, pendidikan, budaya, hiburan, ekonomi, pembangunan dan lainnya. 

Berikut merupakan 5 Kunci Sukses Keberlanjutan Perusahaan dalam mengintegrasikan prinsip CSR:

  1. Pahami Pentingnya CSR dalam Perusahaan Venture:

    • Perusahaan venture memainkan peran penting dalam ekosistem startup dan bisnis rintisan.
    • CSR membantu membangun reputasi perusahaan dan memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.
  2. Integrasi Prinsip Sustainability (Keberlanjutan):

    prinsip csr sustainability

    • Bangun Sistem Teknologi Terpadu: Sistem teknologi yang terintegrasi membantu mencapai efisiensi energi dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.
    • Minimalkan Dampak Negatif: CSR harus mampu mengantisipasi dan mengelola dampak negatif yang dihasilkan dari operasional perusahaan venture.
  3. Terapkan Prinsip Accountability (Akuntabilitas):

    prinsip csr accountability

    • Rancang Mekanisme Kerja yang Jelas: Perusahaan venture harus memiliki mekanisme kerja yang terukur dan tanggung jawab terhadap seluruh stakeholder internal dan eksternal.
    • Laporkan Penggunaan Sumber Daya: Laporan transparan mengenai pemakaian sumber daya perusahaan merupakan bagian dari prinsip akuntabilitas.
  4. Wujudkan Prinsip Transparency (Transparansi):

    prinsip csr transparancy

    • Komunikasi Terbuka dengan Stakeholder: Transparansi dalam komunikasi mengenai kebijakan, rencana bisnis, dan dampak lingkungan meningkatkan kepercayaan publik dan stakeholder.
    • Gunakan Sosial Media sebagai Sarana Komunikasi: Memaksimalkan penggunaan sosial media untuk menyampaikan informasi tentang prestasi dan kesuksesan perusahaan venture.
  5. Pentingnya Komunikasi yang Efektif:

    • Sebarkan Informasi Menyeluruh: Penyebaran informasi kepada seluruh pihak terlibat, termasuk stakeholder, regulator, dan publik, penting untuk mencapai transparansi.
    • Jaga Komunikasi dengan Pihak Internal dan Eksternal: Komunikasi yang baik dengan pihak internal dan eksternal perusahaan membantu memperkuat citra positif dan menunjukkan tanggung jawab perusahaan.

Dengan mengikuti kiat-kiat ini dan mengintegrasikan prinsip CSR, perusahaan venture dapat meningkatkan keberlanjutan bisnis, memberikan dampak positif yang lebih luas pada masyarakat dan lingkungan, serta membangun hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan perusahaan


Demi meningkatkan keberlanjutan perusahaan venture, prinsip CSR yang bisa diterapkan harus mengandung unsur
sustainability, accountability, dan transparancy. Prinsip sustainability (berkelanjutan) adalah prinsip yang menekankan pada dampak atau efek di masa depan akibat tindakan perusahaan pada saat ini. Sampai dengan hari ini, prinsip CSR  sustainability terus digaungkan oleh industri. Pasalnya, isu lingkungan global semakin ramai karena mengakibatkan dampak negatif bagi keberlangsungan bumi. Maka, CSR yang baik harus mampu mengantisipasi dan mengelola dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari beroperasinya perusahaan venture.  

Dengan mengintegrasikan prinsip CSR secara baik, perusahaan venture dapat mencapai keberlanjutan bisnis yang berarti. Keuntungan yang didapat tidak hanya sebatas profit semata, tetapi juga reputasi yang positif, relasi bisnis yang luas, akses investasi yang terbuka, serta kontribusi nyata bagi masyarakat, lingkungan, dan bidang-bidang penting lainnya.

Integritas dan kesadaran perusahaan venture dalam menerapkan prinsip CSR akan membawa dampak yang luar biasa, menjadikan mereka sebagai agen perubahan positif dalam menjaga keberlanjutan dunia bisnis dan lingkungan sekitarnya. Semakin berarti perusahaan venture dalam menjalankan CSR, semakin berarti pula peran mereka dalam menciptakan masa depan yang lebih bai

Wujudnya nyata penerapan prinsip CSR accountability dan transparancy adalah melakukan dokumentasi aktivitas implemantasi CSR dalam bentuk laporan sustainability.

Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

Referensi:
https://www.investopedia.com/terms/c/corp-social-responsibility.asp
https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0929119922000517

GRATIS Mini Course

Kategori