tips analisis laporan tahunan perusahaan yang efektif

Tips untuk Analisis Laporan Tahunan Perusahaan yang Efektif

Sebelumnya kita sudah belajar tentang cara membuat laporan tahunan, untuk apa laporan tahunan, bagaimana menganalisis laporan tahunan, dan melihat laporan tahunan untuk bisnis. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari tips untuk analisis laporan tahunan perusahaan yang efektif.

Bagaimana cara menyusun laporan tahunan? Kami dapat menjelaskan beberapa tips analisis laporan tahunan perusahaan yang efektif untuk Anda. Baca selengkapnya di bawah sini ya!

Melihat isu terakhir, dalam membuat laporan tahunan kita harus membuat sistem manajemen yang terintegrasi. Disebut sebagai pola pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari membuat perencanaan: membuat garis besar apa yang menjadi target dan tujuan perusahaan sebelum tahun berjalan; Realisasi; menulis dan merinci data aktual perusahaan serta pencapaian apa pun pada tahun berjalan; membuat hasil Laporan Tahunan: menulis dan merinci rincian dan hasil dari apa yang direncanakan sebelumnya dan hal-hal yang diwujudkan sebagai pencapaian; Evaluasi: menganalisis hal-hal yang paling penting dan detail yang menjadi kesenjangan antara perencanaan dan tujuan perusahaan dan realisasinya, jika ada kerugian, penyebab dan konsekuensinya harus diselidiki dan dilakukan perbaikan untuk pemecahan masalah kerugian. Jika perusahaan dapat mencapai target atau lebih dari yang direncanakan sebelumnya yang meningkatkan keuntungan dan melebihi harapan, maka periksa juga faktor-faktor yang mendukung pencapaian tersebut.

Tips Analisis Laporan Tahunan Perusahaan yang Efektif

tips analisis laporan tahunan perusahaan
Photo by fauxels from Pexels

Pada umumnya laporan perusahaan dibagi berdasarkan ukuran, format, dan fungsi dari laporan itu sendiri. Kita harus fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan audiens dengan tetap menghormati adat dan pedoman. Laporan tahunan biasanya diatur di sekitar enam elemen kunci:

1. Untuk siapa laporan itu dan/atau disiapkan;

2. Apa yang dilakukan, masalah apa yang ditangani, dan hasilnya (termasuk kesimpulan dan/atau rekomendasi);

3. Dimana subjek yang dipelajari terjadi;

4. Kapan subjek yang dipelajari terjadi;

5. Mengapa laporan itu ditulis (fungsinya), termasuk di bawah wewenang apa, untuk alasan apa, atau atas permintaan siapa;

6. Bagaimana subjek dioperasikan, berfungsi, atau digunakan.

Itulah beberapa tips analisis laporan tahunan yang efektif yang dapat Anda ikuti. Akan tetapi, jangan lupa juga untuk memperhatikan elemen-elemen penting ini ketika Anda mempertimbangkan pemangku kepentingan Anda atau mereka yang berkepentingan dengan laporan tersebut. Itu mungkin termasuk tentang siapa laporan itu, untuk siapa laporan itu, dan audiens yang lebih besar dari bisnis, organisasi, atau industri. Tanyakan pada diri Anda siapa pengambil keputusan utama, siapa yang akan membaca laporan Anda, siapa yang akan menjadi ahli atau teknisi, dan bagaimana eksekutif dan pekerja dapat menafsirkan kata-kata dan gambar Anda.

Daftar Periksa Laporan Tahunan

daftar periksa laporan tahunan
Photo by Alexander Suhorucov from Pexels

Setelah mempelajari tentang tips analisis laporan tahunan perusahaan, mari beralih ke tahap selanjutnya. Meskipun tidak ada format universal untuk laporan, ada urutan umum untuk informasi tersebut. Setiap elemen mendukung tujuan atau fungsi utama dengan caranya sendiri, memainkan peran penting dalam representasi dan transmisi informasi. Ada beberapa daftar periksa untuk memastikan bahwa laporan memenuhi tujuan:

  1. Laporan tersebut mempertimbangkan kebutuhan audiens
  2. Format mengikuti fungsi laporan
  3. Formatnya mencerminkan norma dan harapan institusional
  4. Informasi akurat, lengkap, dan didokumentasikan
  5. Informasi mudah dibaca
  6. Istilah didefinisikan dengan jelas
  7. Gambar, tabel, dan seni mendukung konten tertulis
  8. Gambar, tabel, dan karya seni diberi label yang jelas dan benar
  9. Gambar, tabel, dan seni mudah dipahami tanpa dukungan teks
  10. Kata-kata mudah dibaca (font, susunan, organisasi)
  11. Hasil jelas dan ringkas
  12. Rekomendasi masuk akal dan didukung dengan baik
  13. Laporan mewakili upaya terbaik Anda
  14. Laporan berbicara sendiri tanpa klarifikasi atau penjelasan Anda

Semoga bermanfaat!

GRATIS Mini Course

Kategori