Perusahaan Desain Grafis: Haruskah Bisa Advertising?

Perusahaan desain grafis dan perusahaan advertising memiliki keterkaitan yang sangat erat. Perusahaan desain grafis dewasa ini mulai bermunculan dan digarap oleh orang-orang muda dengan ide-ide cemerlangnya.

Advertising dalam Perusahaan Desain Grafis

Perusahaan desain grafis sering kali adalah merupakan perusahaan advertising, hal ini dikarenakan antara advertising dan desain grafis merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Advertising mencakup strategi periklanan dan segala macam hal yang berkaitan dengan pemasaran, baik yang menggunakan media cetak maupun yang menggunakan media elektronik dan strategi yang lebih menyeluruh lagi.

Perusahaan Desain Grafis: Haruskah Bisa Advertising?

Secara struktur dalam perusahaan advertising maupun perusahaan desain grafis terdapat beberapa macam unsur diantaranya yang pasti adalah direktur utama atau CEO. Selanjutnya komponen lainnya adalah manager desain grafis, yang akan mengatur segala macam hal yang berkaitan dengan desain sebagai produk yang mereka hasilkan,. Selanjutnya terdapat manager buying yang akan mengkalkulasi kebutuhan setiap klien atas jasa yang mereka butuhkan. Lalu yang paling penting lainnya adalah account executive yang bertanggung jawab atas komunikasi dan hubungan relasi antara klien dengan perusahaan.

Jasa dan layanan marketing merupakan klien yang paling utama untuk perusahaan desain grafis. Alurnya biasanya seperti ini, seorang klien datang membawa beberapa berkas data mentah yang penting, seperti profil perusahaan, produk yang dihasilkan, serta beberapa pesaing-pesaing utama perusahaan. Selanjutnya ditanyakan kebutuhan klien, apakah ingin meluncurkan produk baru atau hanya memesan iklan untuk produk lama mereka, karena dua hal ini akan berbeda. Desain dari iklan untuk produk baru akan berbeda dengan iklan untuk produk lama, untuk produk baru maka strategi periklanan yang diterapkan adalah jenis iklan branding, sedangkan untuk produk lama maka disebut iklan reminding atau yang berfungsi sebagai pengingat bagi konsumen.

Salah satu perusahaan desain grafis yang juga menggunakan advertising untuk memaksimalkan strategi periklanan dengan desain yang dihasilkan adalah Soocadesign. Beberapa layanan kami, antara lain Annual Report, Sustainability Report, Company Profile,  Video Company Profile, Calendar, Greeting Card, Website company profile, Pedoman GCG Perusahaan, Sustainability Report BPR dan yang lainnya. Anda juga bisa mengunjungi Instagram kami di @soocadesign.

Perusahaan desain grafis juga bisa terpisah (berdiri sendiri) dan tidak merangkap sebagai perusahaan advertising, biasanya perusahaan tipe ini adalah perusahaan yang belum memiliki sumber daya manusia yang mencukupi untuk menjalankan perusahaan advertising. Tetapi hal ini bukan menjadi satu-satunya sebab utama, terkadang sebab yang lainnya dikarenakan perusahaan ini ingin fokus untuk menghasilkan desain-desain yang brilliant sehingga mereka hanya menerima layanan desain grafis.

 

GRATIS Mini Course

Kategori