Menilik Dasar-Dasar Desain Grafis

Pengertian dan Unsur-Unsur Desain Grafis

Desain grafis saat ini sedang digandrungi banyak orang. Artikel ini akan mengupas lebih jauh tentang pengertian dan unsur-unsur desain grafis.

Pengertian dan Unsur-unsur Desain Grafis

Apa itu Desain Grafis?

Sering melihat sampul buku atau jurnal bukan? Atau Anda sering tertarik dengan tampilan iklan di media elektronik? Cukup cantik dan menghibur mata memang. Beberapa hal tersebut sebenarnya adalah sebagian contoh dari mahakarya desain grafis. Awalnya, desain grafis hanya diaplikasikan pada media statis, seperti buku, majalah ataupun jurnal. Tetapi semakin berkembangnya zaman, kini banyak penyedia jasa desain grafis yang melayani pembuatan desain media elektronik.

Tahukah Anda bahwa pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah? Pasalnya, selain membutuhkan alat pendukung, Anda pun harus mampu mengembangkan ide. Itulah mengapa desain grafis menuntut seseorang yang mampu berkreatifitas tinggi. Seiring perkembangan zaman pula, dimensi dari desain grafis mulai bergeser. Kini desain grafis mampu digunakan sebagai salah satu cara untuk mengubah desain lingkungan termasuk di dalamnya pengolahan ruang.

Tak salah jika akhirnya desain grafis lebih digambarkan sebagai seni berkomunikasi. Anda bisa berbagi pemikiran serta tulisan yang tak menarik menjadi lebih menarik. Bahkan bukan tidak mungkin Anda pun bisa membuat orang lain tertarik mendapatkan apa yang dicitrakan. Belakangan ini pula, desain grafis dimanfaatkan sebagai bagian dari pembuatan iklan sehingga iklan terlihat jauh lebih menarik.

Unsur-Unsur Desain Grafis

Satu hal yang perlu diingat, ada unsur-unsur desain grafis yang penting untuk diperhatikan, yaitu

  • Prinsip dasar

Dasarnya, desain grafis sama seperti disiplin ilmu lainnya. Di dalamnya terdapat shape, bentuk, tekstur, garis, warna serta ruang. Semua hal inilah yang akan membentuk prinsip dasar untuk membuat rancangan.

  • Aspek struktural

Pada langkah selanjutnya, seorang desainer harusnya memperhatikan keseimbangan (balance), ritme (rhytm), kesatuan (unity), proporsi (proportion) serta tekanan (emphasis). Semua hal tersebut akan membentuk komposisi aspek struktural yang lebih luas sehingga akan menghasilkan desain yang enak dipandang dan tak membosankan tentunya. Keseimbangan warna akan membuat siapapun tak sakit mata ketika melihat hasil yang dipamerkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Orang Tidak Bosan dengan Desain Kita?

Sekian pembahasan pengertian dan unsur-unsur desain grafis. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan sekitarnya, Sooca Design dapat menjadi situs terpercaya Anda dalam menggarap jasa desain katalog produk, pameran, iklan dan sebagainya dengan menawarkan banyak kelebihan dan keunggulan. Selain menawarkan kualitas desain yang maksimal dan profesional, tempat ini juga menawarkan harga yang bersaing dan ekonomis. Kelengkapan fitur dari jasa desain yang disuguhkan menjadi cermin profesionalitas dan totalitas Sooca Design untuk melayani kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi kami di sini. Anda juga bisa mengunjungi akun instagram kami di @soocadesign.

GRATIS Mini Course

Kategori