manfaat sustainability report

Manfaat Laporan Sustainability Bagi Stakeholder

Manfaat laporan sustainability tak hanya membawa manfaat bagi perusahaan yang membuatnya. Laporan sustainability juga memiliki sejumlah manfaat bagi pemangku kepentingan (stakeholder) yang hendak mengejar keberlanjutan sebagai fokus membangun kredibilitasnya.

manfaat laporan sustainability

Laporan sustainability adalah peluang nyata untuk menjawab kebutuhan transparansi saat ini. Memang, hari ini tidak cukup bila perusahaan mengklaim telah menerapkan konsep berkelanjutan. Perusahaan harus membuktikannya. 

 

Pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya ingin perusahaan membuktikan bahwa klaim itu dapat dipercaya. Laporan sustainability bisa membantu perusahaan untuk membuktikannya.

 

Manfaat laporan sustainability bagi stakeholder yang ingin mencapai keberlanjutan harus didahului dengan kejelasan tujuan. Dari hilangnya keanekaragaman hayati hingga perubahan iklim, krisis kesehatan hingga ketidaksetaraan, tantangan keberlanjutan tidak akan diatasi tanpa memikirkan tujuan akhirnya. Kejelasan tujuan akan membantu stakeholder yang mengusung keberlanjutan bisa merasakan berbagai manfaat laporan sustainability. 

 

Lantas, apa saja manfaat laporan sustainability bagi stakeholder yang mengedepankan keberlanjutan? Berikut adalah daftarnya.

 

  1. Mendapat informasi yang dibutuhkan

manfaat sustainability report

Stakeholder dapat menerima berbagai informasi yang dibutuhkannya melalui laporan sustainability. Laporan sustainability merupakan medium efektif untuk mengomunikasikan pesan dari perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingannya.

 

Sebagai salah satu stakeholder, investor memang penting. Tapi, memberi tahu semua pemangku kepentingan itu baik untuk bisnis. Dengan memberikan informasi yang sebanding dan dapat diverifikasi tentang upaya keberlanjutan, perusahaan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka benar-benar merealisasikan apa yang mereka canangkan. 

 

Suatu perusahaan yang termasuk BUMN, misalnya, menginformasikan program-program melalui laporan sustainability. Kementerian BUMN yang menjadi salah satu stakeholder perusahaan tersebut bisa menilai kesesuaian program-program tersebut dengan prinsip AKHLAK. 

 

  1. Mendapat kejelasan visi dan strategi

Stakeholder bisa mendapat visi dan strategi perusahaan yang lebih jelas melalui laporan sustainability. Stakeholder kemudian bisa mengambil keputusan setelah mendapat visi dan strategi yang lebih jelas. Keputusan ini bisa memiliki dampak jangka panjang yang positif.

 

Manfaat laporan sustainability bagi calon konsumen, misalnya, enggan memakai produk suatu perusahaan karena produksinya menggunakan sumber energi konvensional. Tapi, setelah mengetahui bahwa perusahaan tersebut sedang menjalani masa transisi ke energi yang lebih bersih, konsumen tersebut setidaknya tidak bersikap antipati lagi. Dengan kata lain, laporan sustainability bisa memuat informasi-informasi yang bisa mempengaruhi perilaku stakeholder.

 

  1. Meningkatkan keterlibatan 

Karyawan, pelanggan, asosiasi, dan pemerintah adalah sebagian stakeholder dari suatu perusahaan. Kadangkala, mereka merasa diabaikan dalam program-program perusahaan. 

 

Padahal, program-program keberlanjutan sendiri memerlukan keterlibatan berbagai stakeholder agar berjalan efektif. Suatu perusahaan yang ingin memberdayakan masyarakat melalui budi daya jamur putih, misalnya, memerlukan sinergi dengan kelompok tani atau masyarakat tertentu. 

  

Dengan bersinergi bersama kelompok tani atau masyarakat, perusahaan tersebut berarti memperbesar keterlibatan mereka dalam program keberlanjutan. Karyawan perusahaan itu yang memiliki pandangan sama juga akan lebih merasa terikat dengan kebijakan tempatnya bekerja. Stakeholder lainnya juga bisa merasakan hal sama. 

 

  1. Memotivasi 

manfaat laporan berkelanjutan

Stakeholder yang mengusung keberlanjutan pun motivasinya bisa terangkat setelah membaca laporan sustainability. Sederhananya, karyawan yang peduli terhadap isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola akan lebih nyaman bekerja di perusahaan yang memiliki kepedulian sama dengannya. Ini bisa diketahui oleh karyawan melalui laporan sustainability

 

Tenaga kerja masa kini ingin bekerja dalam organisasi yang berbagi nilai-nilai pribadi mereka. Mereka semakin tertarik dengan cara perusahaan tempatnya bekerja mengelola emisi dan aspek keberlanjutan lainnya dari bisnis yang dijalankan.

 

Mengkomunikasikan bahwa perusahaan peduli terhadap isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola adalah cara mudah untuk memotivasi karyawan, investor, mitra, dan stakeholder yang mengusung keberlanjutan lainnya.

 

  1. Meningkatkan kepercayaan

Manfaat laporan sustainability selanjutnya ialah keterlibatan dan motivasi yang meningkat akan mendongkrak kepercayaan stakeholder terhadap perusahaan. Bukankah bisnis didasarkan pada rasa saling mempercayai? Tapi, keberlanjutan lebih besar daripada business as usual.

 

Kepercayaan dalam konteks keberlanjutan memiliki jangka panjang. Kepercayaan dalam konteks keberlanjutan menggambarkan seberapa optimis atau pesimis stakeholder terhadap operasi, keuangan, serta respons perusahaan terhadap isu lingkungan sosial, dan tata kelola saat ini dan di masa depan.

 

Investor yang membaca laporan sustainability akan mempengaruhi keputusan bisnisnya untuk berinvestasi. Jika investor percaya perusahaan concern terhadap keberlanjutan, investor tersebut berpotensi tetap atau bahkan menambah nilai investasinya di perusahaan.

 

Ini bisa berimplikasi pada meningkatnya produksi, mendorong kurva permintaan ke kanan, dan menumbuhkan perekonomian. Manfaat laporan sustainability pun menjadi maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Rumah tangga yang percaya pada perusahaan, contoh lainnya, bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengkonsumsi produk-produk perusahaan tersebut. Kondisi ini pada akhirnya mendorong mereka untuk meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa. 

 

  1. Meningkatkan kepuasan dan loyalitas 

Telah diamati dalam beberapa penelitian, bahwa komitmen kuat perusahaan terhadap program tanggung jawab sosial perusahaan meningkatkan kepuasan dan loyalitas stakeholder yang terukur. Laporan sustainability yang mudah diakses akan meyakinkan stakeholder bahwa perusahaan tak memiliki hal-hal yang ditutupi.

 

Keberlanjutan perusahaan menjadi ekspektasi dasar stakeholder. Fondasi keberlanjutan perusahaan tak terlepas dari loyalitas stakeholder yang mendukungnya.  

 

Manfaat laporan sustainability bisa dirasakan oleh perusahaan. Tak hanya perusahaan, stakeholder pun bisa merasakan sejumlah manfaat dari laporan sustainability

 

Namun, membuat laporan sustainability yang berkualitas bukanlah perkara mudah. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga manfaat laporan sustainability bisa dirasakan impactnya bagi stakeholder perusahaan.

 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

Sumber:

https://greenly.earth/en-us/blog/company-guide/what-is-sustainability-reporting-and-why-is-it-important

https://askelsustainabilitysolutions.com/benefits-of-sustainability-reporting

 

GRATIS Mini Course

Kategori