Kenali 8 Jenis Desain Grafis, Apa Saja?

Desain grafis adalah profesi yang mencakup berbagai aspek yang berbeda mulai dari pembuatan logo untuk bisnis, publikasi konten, dan masih banyak lagi. Dengan itu, desain grafis terkategori menjadi berbagai jenis desain grafis.

Masing-masing jenis desain grafis membutuhkan ketrampilan dan teknik desain tertentu. Banyak desainer hanya berfokus pada satu jenis desain saja dalam praktiknya. Namun, karena industri terus berubah dan bergerak maju, seorang desainer perlu mempunyai lebih dari satu keahlian untuk dapat bertahan di antara persaingan yang ketat.

Mengenal 8 Jenis Desain Grafis

Artikel kali ini akan membahas tentang 8 jenis desain grafis yang harus Anda ketahui sebagai desainer untuk menemukan bidang desain yang cocok sekaligus menambah pengetahuan.

Desain Grafis untuk Identitas Visual

jenis desain grafis

Sumber: Webizona

 

Identitas brand merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Melalui identitas brand, sebuah bisnis dapat mengkomunikasikan kepribadian mereka. Identitas ini dapat ditampilkan melalui penggunaan desain grafis dengan wujud gambar, bentuk, warna, dan elemen lainnya. Desain dengan jenis ini memang merupakan salah satu jenis desain yang paling umum. Meskipun begitu, seorang desainer yang berkecimpung di bidang ini perlu mempunyai komunikasi yang baik untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam menciptakan desain grafis yang benar-benar mewakili kepribadian brand. Selain itu, desainer yang berspesialisasi di desain grafis identitas visual juga membutuhkan keterampilan konseptual dan kreatif, dan hasrat untuk meneliti industri, organisasi, tren, dan pesaing. Desainer akan diminta untuk menciptakan aset seperti logo, tipografi, palet warna, dan seperangkat pedoman gaya brand lainnya.

Desain Grafis untuk Pemasaran dan Periklanan

desain grafis untuk pemasaran

Sumber: Creative Market via Pinterest

Perusahaan bergantung pada pemasaran dan periklanan untuk menarik pelanggan. Karena itu, peran desain grafis sangat diperlukan dalam membuat konten pemasaran dengan visual yang menarik untuk berkomunikasi dengan lebih efektif. Desainer untuk pemasaran dan periklanan memerlukan ketrampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang baik. Bentuk desain yang dihasilkan dapat berupa media cetak seperti brosur atau billboard, dan juga media digital seperti desain media sosial.

Desain Grafis untuk User Interface

desain grafis untuk user interface

Sumber: Charled Deluvio via Unsplash

User interface adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan sebuah aplikasi ataupun perangkat lainnya seperti website. Tujuan utama dari desain UI adalah untuk membuat tampilan antarmuka yang lebih mudah digunakan dan dipakai oleh audiens. Dengan itu, seorang desainer UI perlu membuat pengalaman visual yang ramah dengan memperhatikan elemen grafis seperti tombol dan layouting menu. Menjadi spesialis di bidang ini membutuhkan kemampuan untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsionalitas teknis.

Desain Grafis untuk Publikasi

desain grafis untuk publikasi

Sumber: NMG Network via Unsplash

Desain publikasi secara tradisional dikaitkan dengan media cetak seperti majalah, buku, dan koran. Namun, di era modern ini, publikasi juga sudah muncul dalam bentuk digital. Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publikasi bekerja dengan editor dan penerbit untuk membuat tata letak dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan grafis yang menyertainya seperti fotografi, grafik, dan ilustrasi. Desainer publikasi harus memiliki keterampilan komunikasi, tata letak, dan organisasi yang sangat baik. Selain keahlian desain grafis, mereka perlu memahami manajemen warna, percetakan dan penerbitan digital.

Desain Grafis untuk Packaging

 

jasa desain grafis

Sumber: Team Fredi via Unsplash

Selain mempunyai peran fungsional seperti melindungi dan menyimpan produk, packaging juga dapat menjadi identitas brand. Karena itu desain yang menarik juga diperlukan dalam membuat sebuah packaging produk. Selain memperhatikan sisi estetika, seorang desainer packaging harus mempunyai pemahaman tentang proses cetak dan manufaktur industri. Pekerjaan mereka juga membutuhkan keterampilan konseptual dan pemecahan masalah yang baik. Desainer akan dituntut untuk menjadi fleksibel dalam memenuhi permintaan klien, pemasar, dan produsen, serta menyadari tren saat ini.

Desain Grafis untuk Motion Graphic

jasa desain grafis profesional

Sumber: Fakurian Design via Unsplash

Sederhananya, motion graphic adalah grafik yang bergerak. Ini dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan di media online, televisi, dan film. Jenis desain grafis ini memang bisa dibilang baru bagi para desainer dengan berkembangnya teknologi akhir-akhir ini. Motion graphic dapat digunakan untuk website, aplikasi, iklan. dan lainnya. Skill utama yang harus dimiliki oleh desainer grafis untuk motion graphic adalah pemodelan 3D.

Desain Grafis Lingkungan

jenis-jenis desain grafis

Sumber: Filipe Lourenço Marques via Unsplash

 

Desain grafis lingkungan berhubungan dengan segala macam bentuk grafis 3 dimensi yang biasa kita jumpai di ruangan lingkungan sekitar seperti rambu, papan navigasi, dan lainnya. Jenis grafis desain ini mencakup aspek desain grafis, arsitektur, interior, lanskap, dan industri. Karena itu, para desainer biasanya memiliki pendidikan dan pengalaman baik di bidang desain grafis maupun arsitektur. Mereka harus terbiasa dengan konsep desain industri dan mampu membaca dan membuat sketsa rencana arsitektur.

Seni dan Ilustrasi untuk Desain Grafis

mengenal jenis-jenis desain grafis

Sumber: Boston Public Library via Unsplash

Seni grafis dan ilustrasi sering dianggap sama dengan desain grafis, padahal keduanya sangat berbeda. Desainer membuat komposisi untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, sementara seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli. Namun pada praktiknya, seni grafis dan ilustrasi banyak dibuat untuk keperluan komersial dalam konteks desain grafis. Seniman dan ilustrator seringkali memiliki dasar dalam seni rupa, animasi, atau pun arsitektur. Salah satu contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis adalah buku komik.

Itu dia 8 jenis desain grafis yang harus Anda ketahui sebagai seorang desainer. Kedelapannya mempunyai tingkat kesulitan masing-masing dan teknik tertentu yang perlu dikuasai. Apabila saat ini Anda sedang mencari jasa desain grafis profesional, Sooca Design adalah solusinya!

Beranggotakan tim yang handal dan berpengalaman, Sooca Design siap menjadi partner bisnis Anda untuk kebutuhan layanan jasa desain grafis. Yuk segera hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan penawaran yang menarik. Klik DI SINI ya!

 

Referensi:

99designs.com/blog/tips/types-of-graphic-design/

www.designbuckle.com/types-of-graphic-design/





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





GRATIS Mini Course

Kategori