manfaat desain kemasan

Kemasan Yang Menarik Lebih Dilihat Oleh Pelanggan

Sebagian besar konsumen pergi ke toko dan menyusuri berbagai macam rak untuk membeli produk yang mereka tidak sadar dipengaruhi oleh kemasan produk itu. Hal tersebut dikarenakan kemasan merupakan titik pertama yang dilihat oleh konsumen. Banyak produsen, pengecer dan usaha kecil berfokus pada bagaimana mereka dapat meningkatkan nilai desain kemasan mereka untuk memikat lebih banyak calon pembeli produk mereka. Karena manfaat desain kemasan yang menarik akan berdampak pada penjualan.

desain kemasan fungsional

Ketika seorang pelanggan disajikan dengan pilihan untuk memilih dari produk yang ditampilkan di rak, apakah mereka menyadarinya atau tidak, kemasan membuat perbedaan dalam pikiran bawah sadar mereka dalam menentukan apa yang akan dilihat dan akhirnya dibeli.

Manfaat Desain Kemasan

Bagaimana kemasan dapat meningkatkan penjualan produk tertentu? Pengecer bisnis kecil akan mencoba untuk membuat desain kemasan produk yang menarik dan cukup unik bagi konsumen untuk dilihat. Ada banyak cara tentang bagaimana mendesain kemasan yang tepat untuk produk dapat membuat dampak besar pada kegiatan penjualan produk.

Desain kemasan mungkin terinspirasi oleh pesaing industri. Dalam sebuah toko ritel, produk yang bersaing dapat ditampilkan di rak yang sama. Jika Anda memahami dan melihat kualitas kemasan pesaing Anda, Anda tahu apa yang harus dimiliki di desain kemasan produk Anda.

Pelanggan akah betah berlama-lama mengamati produk anda jika dirasa desain produk anda menarik. Rasa ingin tahu konsumen akan terangsang dan memancing mereka untuk memeriksa produk lebih lama. Hanya perlu hitungan detik untuk menarik perhatian pelanggan terhadap produk Anda. Jadi, desain kemasan Anda jelas harus menyoroti nilai jual yang unik dari produk dalam beberapa detik saja. Faktor emosional sangat penting disini.

Dampak kemasan Fungsional

Kemasan yang fungsional juga dapat mempengaruhi kemungkinan penjualan ulang (retensi pembelian) dari pelanggan. Produk dengan kemasan yang meningkatkan kegunaan dan penyimpanan produk akan membuat konsumen kembali ke toko untuk melakukan pembelian lagi. Di sisi lain, kemasan yang sulit dibawa, sulit untuk disimpan atau menyebabkan kerusakan pada produk membuat konsumen akan tidak membelinya lagi.

Produsen biasanya juga memantau tren tentang produk apa yang sedang digemari oleh konsumen. Dengan pemahaman tren tersebut, produsen bisa memasukan unsur yang sedang ‘in’ atau digemari sekarang kedalam desain kemasan supaya membuat konsumen tertarik.

Sebuah kesempatan untuk meningkatkan penjualan ritel yang tercapai melalui kemasan yang dirancang dengan tepat. Desain kemasan harus diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran produk pemasok dalam rangka menciptakan dampak yang signifikan terhadap konsumen yang membeli. Inovasi pada kemasan produk dan label dapat meningkatkan profitabilitas produk dan menciptakan permintaan konsumen yang lebih tinggi.

Related Post: 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Desain Kemasan Produk

Ingatlah untuk menjaga desain kemasan Anda menarik dan sesuatu yang akan memicu sisi emosional konsumen saat mereka melihat itu. Hal pemicu emosional adalah faktor kunci dalam memiliki penjualan yang sukses dan strategi pemasaran yang baik. Sasarlah sisi emosional konsumen hingga produk Anda melekat di benak mereka, hingga berujung pada peningkatan penjualan Anda.

Hubungi Kami Untuk Keperluan Desain Kemasan Produk Anda

Tentunya dalam membuat desain kemasan tidaklah mudah. Carilah Agensi yang sudah terbukti untuk menjawab permasalahan desain kemasan Anda. Sooca Design Agency membantu memberikan manfaat desain kemasan agar berdampak pada penjualan. Sooca hadir untuk memenuhi kebutuhan segala desain bisnis anda seperti desain kemasan, brosur, kalender, laporan tahunan (annual report) dan masih banyak lagi. Hubungi kami agar Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan desain anda.

 

Sumber:

businessmarketingpress.com/how-can-packaging-increase-sales/

GRATIS Mini Course

Kategori