pentingnya laporan keberlanjutan (sustainability report dan CSR)

Pentingnya Laporan Keberlanjutan Bagi Perusahaan

Apa pentingnya laporan keberlanjutan? Pertama, mari kenali terlebih dahulu tentang CSR. Dalam iklim bisnis saat ini, tidak cukup bagi sebuah perusahaan untuk menghasilkan produk hebat dengan harga yang wajar. Perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Pendekatan ini dikenal sebagai tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang dimuat dalam sebuah laporan keberlanjutan.

Sebuah studi oleh Porter Novelli menemukan bahwa 88% karyawan percaya bahwa tidak lagi dapat diterima jika perusahaan hanya berfokus pada menghasilkan keuntungan. Kegiatan perusahaan juga harus berdampak positif bagi masyarakat.

Pentingnya Laporan Keberlanjutan & CSR Bagi Perusahaan

jasa pembuatan sustainability report
Image by Pixabay

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah konsep menggabungkan filantropi, etika, dan aktivitas ke dalam praktik bisnis untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan perusahaan itu sendiri. Nantinya, aktivitas CSR akan menjadi poin penting dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan.

Jadi, mari kita ulas tentang aspek penting dalam suatu kegiatan CSR:

  1. Lingkungan

Aspek ini mencakup upaya perusahaan untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan, seperti menghentikan investasi bahan bakar fosil. Contoh lain dari manfaat lingkungan dari CSR meliputi penyediaan air bersih, pemanfaatan limbah industri dan sebagainya.

  1. Etika

Pertimbangan etika melibatkan langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk memastikan bahwa praktik bisnisnya sesuai dengan etika yang berlaku. Menolak membeli bahan yang diproduksi oleh pekerja anak adalah contoh respons CSR yang etis.

  1. Filantropi

Filantropi mewakili upaya perusahaan untuk memberi kembali melalui sumbangan amal, acara penggalangan dana dan banyak lagi. 

  1. Ekonomi

Aspek ini melibatkan pengorbanan finansial yang dilakukan perusahaan untuk memastikan sesuatu berjalan sesuai praktik ekonomi legal, misalnya pembayaran gaji dan promosi yang adil. Para eksekutif yang mengalihkan sebagian dari gaji mereka untuk kegiatan CSR juga merupakan contoh bagus terkait aspek ekonomi.

Dampak CSR bagi perusahaan

Setelah mengetahui pentingnya laporan keberlanjutan dan CSR, mari kita beralih ke topik selanjutnya yaitu tentang dampak keduanya bagi perusahaan. Sejatinya, laporan keberlanjutan serta kegiatan CSR memiliki sejumlah dampak bagi perusahaan yang menjalankannya. Berikut kami rangkumkan beberapa diantaranya:

  1. Peningkatan citra publik

Ini penting karena konsumen menilai citra publik saat memutuskan apakah akan membeli produk. Sesuatu yang sederhana, seperti karyawan yang menjadi sukarelawan satu jam seminggu di badan amal, menunjukkan bahwa perusahaan adalah merek yang berkomitmen untuk membantu orang lain. Akibatnya, perusahaan itu akan tampak jauh lebih disukai konsumen.

  1. Peningkatan kesadaran dan pengakuan merek

Sesuatu yang menyentuh perasaan akan menarik perhatian khalayak. Kegiatan CSR yang membantu orang banyak akan mudah menyebar. Oleh karena itu, lebih banyak orang akan mendengar tentang merek perusahaan yang melakukannya. Pada akhirnya, ini menciptakan peningkatan kesadaran merek.

  1. Penghematan biaya

Banyak perubahan sederhana yang mendukung keberlanjutan, seperti menggunakan lebih sedikit kemasan plastik, akan membantu mengurangi biaya produksi perusahaan.

  1. Keunggulan dibandingkan pesaing

Dengan merangkul CSR, perusahaan akan terlihat menonjol dari pesaing di industrinya. Perusahaan yang menjalankan CSR melangkah lebih jauh karena mempertimbangkan faktor sosial dan lingkungan.

  1. Peningkatan keterlibatan pelanggan

Timbal balik pelanggan berpotensi didapat dari aksi CSR. Timbal balik itu tak melulu membeli produk. Timbal balik bisa berupa komentar di media sosial atau terlibat langsung dalam aksi CSR. Ini artinya mengundang keterlibatan pelanggan.

  1. Keterlibatan karyawan yang lebih besar

Mirip dengan keterlibatan pelanggan, perusahaan juga perlu memastikan bahwa para pekerjanya mengetahui strategi CSR. Terbukti bahwa karyawan lebih menikmati bekerja untuk perusahaan yang memiliki citra publik yang baik daripada yang tidak. Selain itu, perusahaan berpotensi menarik dan mempertahankan kandidat terbaik.

  1. Lebih banyak manfaat bagi karyawan

Ada juga berbagai manfaat bagi karyawan ketika perusahaan menjalankan CSR. Tempat kerja akan menjadi tempat yang lebih positif dan produktif untuk bekerja. Dengan mempromosikan hal-hal seperti menjadi sukarelawan, perusahaan mendorong pertumbuhan pribadi dan profesional.

  1. Dukungan komunitas 

Tanggung jawab sosial berfungsi sebagai platform bagi perusahaan dan konsumen untuk membuat dampak positif pada komunitas lokal dan global. Bisnis yang menerapkan inisiatif tanggung jawab sosial yang sejalan dengan nilai mereka memiliki peluang untuk meningkatkan retensi dan loyalitas komunitas dan juga pelanggan.

Penelitian menunjukkan bahwa 87% konsumen Amerika Serikat (AS) lebih cenderung membeli produk dari perusahaan yang mengadvokasi masalah yang mereka minati. Penelitian yang sama menunjukkan 76% responden akan menolak membeli produk jika mereka mengetahui bahwa perusahaan mendukung isu yang bertentangan dengan keyakinan mereka.

Dampak CSR Bagi Masyarakat

kegiatan csr perusahaan
Image by Pexels

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain bagi perusahaan, kegiatan CSR dan laporan sustainability juga memiliki berbagai dampak bagi masyarakat. Berikut adalah sebagian dampak CSR bagi masyarakat.

  1. Memberdayakan sumber daya manusia

Masyarakat mengharapkan perusahaan memberdayakan sumber daya manusia di lingkungan sekitar. Memang, pemberdayaan ini tak mesti bekerja langsung di perusahaan. Pemberdayaan sumber daya manusia bisa diaplikasikan melalui menggunakan sumber daya manusia untuk menjalankan kegiatan CSR secara berkesinambungan. Sebuah perusahaan, misalnya, menjalankan budidaya jamur tiram sebagai kegiatan CSR. Maka, tenaga yang mengelolanya bisa berasal dari lingkungan sekitar perusahaan tersebut.

  1. Meningkatkan kompetensi 

Adanya program CSR juga bisa membantu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan sekitar perusahaan. Program pelatihan, mentoring dan sebagainya dapat diikuti oleh masyarakat. Dengan begitu, kompetensinya akan bertambah.

  1. Menciptakan lapangan kerja baru

Program CSR juga mampu menciptakan lapangan kerja baru. Peningkatan kompetensi yang dirasakan masyarakat dapat membantu mereka mendapat pekerjaan atau membuka usaha.

  1. Meningkatkan kesejahteraan 

Pada akhirnya, kegiatan CSR juga berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung.

Dengan penjelasan di atas, CSR penting bagi perusahaan. Berbagai informasi terkait CSR dapat disajikan melalui laporan keberlanjutan (sustainability report)

Soocadesign dapat membantu perusahaan atau organisasi yang hendak menyusun laporan sustainability atau sustainability report sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

Kunjungi segera Soocadesign di www.soocadesign.com.

 

Resources:

www.highspeedtraining.co.uk/hub/importance-of-corporate-social-responsibility

www.investopedia.com/ask/answers/041015/why-social-responsibility-important-business

Download Company Profile

Kategori