Pentingnya kontribusi perusahaan terhadap climate change

Pentingnya Kontribusi Perusahaan Terhadap Climate Change

Kita tidak akan pernah tahu bagaimana perubahan iklim merubah planet kita. Namun, ada dua hal yang pasti: dampak lingkungannya yang kompleks akan mempengaruhi ekosistem, sosial, dan bisnis secara langsung, serta banyak pihak akan melakukan mitigasi untuk menanggulanginya. Sebelum berbicara lebih jauh, kita patut memahami terlebih dahulu mengenai apa itu climate change dan bagaimana kontribusi perusahaan terhadap climate change.

Climate change atau yang dalam bahasa Indonesia-nya adalah perubahan iklim merupakan suatu fenomena alam yang tidak dapat dihentikan. Manusia hanya dapat melakukan aksi untuk mengurangi atau menanggulangi dampak negatif dari fenomena alam ini. Meskipun begitu, masih banyak pihak yang belum memahami pasti bagaimana cara menghadapi perubahan iklim. Padahal, partisipasi dan kontribusi perusahaan terhadap climate change sangat penting. Mengapa demikian?

Pentingnya Kontribusi Perusahaan dalam Menghadapi Climate Change

kontribusi perusahaan terhadap climate change (program climate action)
Sumber: Pexels

Perusahaan sebagai pelaku bisnis terbesar memegang peranan penting untuk melakukan climate action. Climate action adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan untuk menanggulangi atau mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kontribusi perusahaan dinilai sangat penting dalam menghadapi permasalahan climate change:

1. Climate Change Mempengaruhi Semua Lini, Termasuk Bisnis

Perubahan iklim terjadi di seluruh dunia. Semua lini kehidupan mengalami dampaknya, termasuk lini bisnis. Dampak climate change seperti banjir, kekeringan, kebakaran hutan, mempengaruhi jalannya kegiatan operasional perusahaan terdampak. Ikut memerangi perubahan iklim berarti peduli pada keberlanjutan perusahaan.

2. Mendukung Program Pemerintah

Berbagai regulasi terkait mitigasi perubahan iklim dijalankan oleh pemerintah. Dengan ikut berkontribusi dalam aksi iklim atau yang lebih dikenal dengan sebutan climate action, perusahaan sudah mendukung program pemerintah. Program penghijauan, reklamasi area tambang, pengolahan limbah B3, dan berbagai kegiatan lain sudah termasuk dalam climate action yang dapat perusahaan jalankan.

3. Menjalankan Aspek ESG (Environmental, Social, and Governance)

Aspek ESG bagi perusahaan saat ini merupakan aspek yang penting untuk keberlanjutan perusahaan. Memprioritaskan ESG akan membawa perusahaan menuju perkembangan bisnis yang baik. Program ESG yang berhasil bagi suatu perusahaan juga merupakan wujud keberhasilan CSR perusahaan. Nantinya, keberhasilan program-program CSR yang berhasil akan meningkatkan peringkat perusahaan saat penilaian pemerintah.

4. Meningkatkan Citra Baik Perusahaan

Sama seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, climate action yang berhasil bagi perusahaan merupakan sebuah pencapaian yang gemilang. Perusahaan akan mendapatkan exposure yang baik. Hal tersebut kemudian membuka banyak peluang bisnis yang baik bagi perusahaan. Selain itu, dalam hal kepengurusan masyarakat, perusahaan akan lebih mudah mendapatkan akses.

konstribusi perusahaan terhadap climate change dalam sustainability report (laporan csr)
Sumber Gambar: Accurate Online

4 Hal tersebut mewakili betapa pentingnya kontribusi perusahaan terhadap climate change, terlebih perealisasian dari program climate action. Selain untuk kepentingan bisnis dan internal perusahaan, pengaruhnya juga dirasakan secara langsung di lingkungan dan masyarakat sosial.

Kontribusi Perusahaan dan CSR (Corporate Social Responsibility)

Wujud dari kepedulian dan kontribusi perusahaan terhadap climate change (perubahan iklim) dikategorikan ke dalam bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang kemudian nantinya akan disusun dalam bentuk laporan CSR. Dalam pembuatannya, laporan CSR memerlukan keterampilan dan ketelitian yang cukup tinggi. Di samping itu, ada laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report (laporan keberlanjutan) yang juga perlu disusun sebagai pendamping-nya.

Sustainability Report (laporan keberlanjutan) mengukur aksi perusahaan dalam menciptakan kehidupan lingkungan yang berlanjut. Dalam artian, laporan ini juga dapat menjadi acuan apakah perusahaan bergerak ke arah green sustainability atau tidak. Apabila dirasa kurang memuaskan, berarti perusahaan dianggap tidak maksimal dalam tanggung jawabnya terhadap lingkungan.

Penyusunan laporan CSR dan Sustainability Report (laporan keberlanjutan) memerlukan tenaga ahli. Berbagai informasi grafis di dalamnya tidak boleh disajikan secara sembarangan, sebab dapat membuat kebingungan pada pembaca yang mungkin berujung pada miskomunikasi.

Soocadesign merupakan salah satu agensi terbaik dan terpercaya yang menyediakan jasa laporan CSR dan jasa Sustainability Report (laporan keberlanjutan) maupun Sustainability Report BPR serta pembuatan pedoman GCG perusahaan. Seluruh program dan kegiatan terkait akan dikelola dan disusun dalam bentuk laporan yang sistematis oleh tenaga ahli profesional di bidangnya.

Tunggu apa lagi, dapatkan penawaran terbaik Anda segera DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori