5 ide kreatif untuk melakukan employee gathering (jasa penyusunan laporan perusahaan)

5 Ide Kreatif Melakukan Employee Gathering

Ada sebuah paradoks mengenai kreativitas di tempat kerja: karyawan harus duduk di ruangan yang pengap sembari mendengarkan orang lain berbicara selama 8 -9 jam, dan dituntut memiliki ide-ide yang luar biasa untuk membantu memajukan perusahaan. Ya, hal ini sangat umum terjadi, terutama pada karyawan kantoran. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan seperti employee gathering.

Employee gathering adalah kegiatan rutin atau tidak rutin yang diselenggarakan oleh perusahaan, yang bersifat mengumpulkan sekelompok atau lebih warga perusahaan dalam sebuah acara/event yang sistematis, dengan maksud dan tujuan tertentu. Kegiatan ini nantinya akan dilaporkan dalam suatu wujud laporan yang digunakan untuk kepentingan perusahaan, baik untuk dokumentasi maupun administrasi lainnya.

Ide Kreatif Melakukan Employee Gathering di Kantor

Employee gathering seringkali dihindari oleh banyak oknum di dalam perusahaan. Hal tersebut tidak lain tidak bukan adalah karena employee gathering dianggap membosankan. Padahal, kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Nah, untuk memaksimalkan potensi employee gathering, berikut ini 5 ide kreatif yang patut dicoba:

1. Lakukan hal-hal dengan konsep terbalik; think outside the box!

ide melakukan employee gathering
Sumber Gambar: pexels.com

Tentu saja tidak dilakukan secara harafiah. Maksud dari ungkapan tersebut adalah, berpikirlah dengan konsep yang tidak biasanya. Coba duduk dan rundingkan dengan panitia employee gathering Anda, bagaimana cara memaksimalkan acara employee gathering. Coba lihat, seberapa banyak ide menarik yang dapat dikumpulkan, dan lihat bagaimana ide-ide yang tidak biasa akan bermunculan satu per satu.

2. Scavenger Hunt!

tujuan melakukan employee gathering
Sumber Gambar: Anna Shvets – Pexels

Kegiatan yang mengusung konsep mencari harta karun tidak pernah gagal menarik perhatian siapa saja. Aktivitas semacam ini menawarkan sensasi dan adrenalin tersendiri yang tidak dapat ditahan begitu saja oleh manusia. Coba arahkan kegiatan employee gathering untuk melakukan sesuatu dengan konsep mencari dan mengumpulkan petunjuk, menemukan benda tersembunyi, dan menikmati sensasi berlomba dengan staf lainnya mengikuti jejak-jejak kecil dan menggabungkan petunjuk untuk mendapatkan hadiah utamanya.

3. Master Chef

5 ide kreatif melakukan employee gathering
Sumber Gambar: Cottonbro – Pexels

Salah satu tujuan employee gathering adalah meningkatkan skill individu pekerja perusahaan. Nah, kegiatan employee gathering yang mengusung konsep memasak ini dapat menjadi salah satu andalan Anda untuk meningkatkan skill memasak pekerja. Sediakan 1 atau lebih chef yang akan memberikan contoh masakan, dan beberapa karyawan harus berpartisipasi untuk mengikuti masakan yang telah dicontohkan. Pemenangnya adalah mereka yang berhasil menghasilkan rasa yang paling mirip dengan contoh yang telah dibuat.

4. Zoom-Mystery

5 ide melakukan employee gathering
Sumber Gambar: Malte Helmhold -Unsplash

Ide ini sangat menarik untuk dilakukan di kala pekerjaan sedang dilaksanakan secara online. Anda dapat mengumpulkan karyawan dalam skala kecil, dan mulai menjalankan skenario yang telah direncanakan sebelumnya. Tentunya Anda memerlukan partner untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar. Inti dari kegiatan ini adalah, karyawan akan bekerja sama untuk memulai mengumpulkan petunjuk yang nantinya akan dipakai untuk menyelesaikan kasus yang telah disusun.

5. Build Something!

manfaat employee gathering
Sumber: Dreamstime.com

Nah, ide terakhir ini sangat cocok dilakukan untuk pekerja-pekerja yang merasa dirinya kreatif. Anda dapat memulai dengan menyediakan beberapa bahan baku seperti kardus, papan, lem, paku, dan sebagainya. Pekerja yang berpartisipasi dituntut untuk membuat sesuatu dari bahan yang tersedia, yang tentunya dapat digunakan untuk melakukan suatu hal. Keseruan-nya akan ditemukan ketika semuanya telah selesai membuat sesuatu. Anda bisa saja kaget melihat betapa kreatif benda yang bisa dihasilkan dari event ini.

5 hal tersebut adalah beberapa ide kreatif yang dapat dilakukan untuk melaksanakan employee gathering perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut akan memberikan manfaat employee gathering yang nantinya menjadi bahan masukan dalam pelaporan. Kegiatan ini dapat dimasukkan dalam Sustainability Report, laporan ESG, atau sejenisnya karena bersifat mendukung pengembangan sosial karyawan internal perusahaan.

Bingung menentukan penyusunan laporan perusahaan yang tepat untuk dokumentasi acara-acara seperti ini? Tenang, Anda dapat menyewa jasa pembuatan laporan terpercaya seperti Soocadesign untuk membantu menyelesaikan permasalahan laporan Anda.

Kunjungi segera di soocadesign.com untuk mendapatkan penawaran jasa pembuatan laporan perusahaan yang menarik dari kami.

GRATIS Mini Course

Kategori