jasa konsultan gcg perusahaan Tbk

Jasa Konsultan Pembuatan GCG Perusahaan Tbk Profesional

Konsultan Pembuatan GCG Perusahaan Tbk

Dinamika bisnis sedemikian cepat seiring perkembangan teknologi. Persaingan usaha pun makin ketat. Pelaku usaha, dari skala kecil hingga korporasi, dituntut mengadopsi banyak hal demi menjaga eksistensinya. Salah satunya adalah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG). Beruntungnya, saat ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan bantuan dari agensi yang menawarkan jasa konsultan pembuatan GCG perusahaan Tbk yang profesional seperti Sooca Design.

Peran Jasa Konsultan Pembuatan GCG Perusahaan Tbk
Photo by energepic.com from Pexels

Pada lingkup korporasi, GCG bukanlah suatu kebutuhan, melainkan keharusan. Tak terkecuali bagi Perusahaan Terbuka (Tbk). Bagi perusahaan terbuka, GCG bak ‘harga mati’ agar mampu memenangkan persaingan, khususnya dalam dunia bisnis. GCG menjadi elemen vital dalam rangka membangun kondisi perusahaan yang tangguh dan sustainable. GCG pun diperlukan untuk menciptakan sistem dan struktur perusahaan yang kuat sehingga mampu menjadi perusahaan kelas dunia. Disinilah peran konsultan pembuatan GCG perusahaan Tbk akan sangat membantu Anda.

Keunggulan kompetitif (competitive advantage) merupakan kunci utama guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Lebih dari itu, keunggulan kompetitif juga mampu mendorong perusahaan terbuka memenangkan persaingan di pasar global. Di era globalisasi seperti saat ini, suatu perusahaan juga dituntut untuk mampu melakukan praktik-praktik manajemen yang berorientasi pada keterbukaan (transparancy), fokus pada perubahan, berinovasi secara terus-menerus, dan mampu mengembangkan kepemimpinan yang bersifat kolektif (Barbey, 2000).

Peran Jasa Konsultan Pembuatan GCG Perusahaan Tbk
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Untuk menggapai keunggulan kompetitif ini mau tak mau harus dimulai dari internal perusahaan. Lebih spesifik, sumber daya manusia (SDM) di dalam perusahaan. Tak sekadar hard skill, SDM di perusahaan terbuka dituntut untuk mengedepankan etika agar nantinya misi dan visi perusahaan yang telah digariskan mampu tercapai. Dengan kata lain, GCG telah dijadikan bagian dari keunggulan bersaing (competitive advantage) perusahaan guna memasuki pasar global dan meraih kepercayaan dari para stakeholder (Chi-Kun Ho, 2005). 

Penerapan GCG makin mendesak seiring tuntutan masyarakat internasional terhadap perusahaan yang ingin bersaing di pasar internasional harus mampu bersikap terbuka (transparency), bertanggung jawab (responsibility), berkeadilan (fairness), mandiri (independency), dan akuntabilitas (accountability). Tuntutan tersebut bertambah berarti bagi perusahaan terbuka yang sebagian sahamnya dimiliki oleh publik.

Demi mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan, perusahaan terbuka wajib menjaga fokusnya. Fokus dalam konteks ini adalah menjalankan core business perusahaan. Fokus yang terpecah bisa berakibat gagalnya mencapai tujuan. 

Bila dalam sebuah perusahaan terbuka belum memiliki SDM atau bahkan divisi yang kompeten menyusun rencana penerapan GCG, maka konsultan bisa menjadi pilihan. Penggunaan konsultan dapat memberi beragam manfaat bagi perusahaan. Manfaat utamanya menjaga fokus perusahaan terbuka menjalankan inti bisnisnya.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan GCG Dalam Membuat Roadmap GCG

Peran Jasa Konsultan Pembuatan GCG Perusahaan Tbk
Photo by Jonathan Borba from Pexels

Salah satu manfaat menggunakan jasa konsultan pembuatan GCG perusahaan Tbk profesional adalah saat menyusun Roadmap GCG. Roadmap GCG disusun untuk memberikan gambaran secara menyeluruh atas berbagai aspek tata kelola perusahaan yang perlu ditingkatkan. Sejumlah aspek yang terdapat pada roadmap GCG antara lain kerangka tata kelola perusahaan, perlindungan pemegang saham, peranan pemangku kepentingan, transparansi informasi serta peran dan tanggung jawab dewan komisaris dan direksi. Penyusunan Roadmap juga menggunakan referensi utama dan merujuk kepada standar yang berlaku di Indonesia, baik pedoman dari KNKG terkait praktik tata kelola perusahaan yang baik maupun standar regulasi lainnya. Konsultan pembuatan GCG akan membantu perusahaan dalam menyusun roadmap GCG hingga tahap sosialisasi kepada seluruh SDM perusahaan.

Tak kalah penting, jasa konsultan GCG juga bisa membantu perusahaan terbuka yang hendak melakukan benchmarking. Tujuan utama dari benchmarking adalah untuk memahami dan mengevaluasi proses ataupun produk saat ini sehingga menemukan cara atau praktik terbaik. Benchmarking dapat dilakukan untuk proses produksi, produk, jasa maupun sistem dalam suatu organisasi baik dengan cara membandingkannya dengan Industri yang serupa maupun dengan Industri yang berbeda. Dalam hal ini, jasa konsultan GCG dapat berperan sebagai fasilitator.

Baca juga: Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Perusahaan Tbk

Selain itu, konsultan GCG juga dapat membantu pelatihan (training) terkait implementasi GCG. Manfaat utama lain dari keberadaan jasa konsultan GCG adalah tentu saja memberikan konsultasi dan pendampingan sampai prinsip-prinsip GCG diterapkan di dalam perusahaan terbuka.

Satu hal yang perlu ditekankan ialah menentukan konsultan pembuatan GCG bagi perusahaan terbuka. Konsultan pembuatan GCG perusahaan Tbk yang profesional dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti track record, SDM yang berada di dalamnya hingga testimoni dari klien-klien yang telah memakai jasa mereka sebelumnya. 

 

Sumber:

  • dpsconsulting.co.id/index.php/pelatihan/104-pelatihan 
  • stckonsultan.co.id/training-good-corporate-governance-gcg/ 
  • www.kompasiana.com/sabirinsaiga/57df999e7593733941aef017/etik-dan-good-corporate-governance-ggc-sebuah-cara-mewujudkan-entitas-bisnis-yang-sehat  

GRATIS Mini Course

Kategori