Hal yang Diperhatikan dalam Mendesain Kemasan

Artikel ini akan membahas tentang hal yang diperhatikan dalam mendesain kemasan.

Apakah Anda sedang memikirkan tentang kemasan untuk produk Anda? Anda juga telah mencari referensi desain kemasan produk orang lain dan berpikir desain kemasan bagaimana yang cocok dengan produk Anda. Kemasan merupakan salah satu hal penting dari bagian penjualan produk Anda. Identitas dari usaha Anda dapat dengan mudah dilihat orang lain dan bisa memberikan kesan tersendiri jika kemasan produk yang Anda buat menarik. Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam mendesain kemasan.

Hal yang Dipertimbangkan dalam Mendesain KemasanHal yang Dipertimbangkan dalam Mendesain Kemasan

Hal yang diperhatikan dalam Mendesain Kemasan

Jenis Kemasan

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah jenis kemasan produk apa yang Anda butuhkan. Perlu diingat juga, apapun pilihan jenis kemasan yang Anda pilih pasti akan berpengaruh dengan berapa biaya yang Anda butuhkan nantinya. Ada beragam bentuk, ukuran, dan material dari kemasan yang bisa Anda pilih. Anda juga perlu mempertimbangkan dimana Anda akan bisa mendapatkannya. Boleh jadi Anda jatuh cinta dengan jenis kemasan tertentu, namun untuk mendapatkannya memerlukan biaya yang sangat mahal.

Pikirkan di mana produk Anda akan ditampilkan lalu apakah jenis kemasan yang Anda pilih dapat berfungsi dengan baik sampai ke tangan pelanggan dan pikirkan pula kemungkinan untuk terjadinya kerusakan. Semua faktor tersebut dapat membantu Anda mengarahkan jenis kemasan apa yang tepat untuk produk Anda.

Strategi branding

Setelah Anda memutuskan bahan apa dan proses apa yang akan Anda gunakan untuk kemasan Anda, Anda juga perlu melakukan beberapa perencanaan yang terarah. Dengan menggunakan strategi branding, Anda dapat memutuskan elemen apa saja yang akan Anda masukkan ke dalam desain Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan pendekatan brand Anda:

Corporate branding, melibatkan pemasaran produk Anda di bawah nama perusahaan. Sisi positif dari pendekatan ini adalah memungkinkan Anda untuk membangun ekuitas merek dan kepercayaan dalam pengakuan produk. Dalam pendekatan ini, nama perusahaan akan menjadi bagian yang menonjol di dalam desain.

Product branding, mempromosikan merek produk tanpa menempatkan nama perusahaan sebagai pusat dari desain kemasan. Sisi positif dari pendekatan ini adalah fleksibilitas dan kemampuan untuk benar-benar mempromosikan kualitas yang unik masing-masing produk.

Tampilan Keseluruhan

Ingat bahwa tujuan setiap perusahaan adalah untuk tumbuh. Bahkan jika Anda memulai dengan hanya satu produk, mungkin suatu hari nanti Anda ingin memperkenalkan produk baru ataupun mengeluarkan varian baru dari produk sebelumnya. Anda bisa memiliki indikator-indikator yang direncanakan dalam desain awal Anda. Pertimbangkan tulisan, gambar, serta warna-warna yang akan Anda gunakan. Desain harus fleksibel untuk diterapkan di berbagai ukuran, bentuk, dan gaya kemasan. Sehingga usaha Anda memiliki ciri khas di dalam tiap kemasannya walaupun produk yang dijual berbeda-beda. Konsistensi ini bisa menjadi pengingat pelanggan dalam mengingan brand Anda.

Produksi dan waktu

Tidak hanya biaya faktor dengan kemasan, tapi juga waktu yang baik. Pastikan Anda memiliki cukup waktu dalam menyediakan anggaran sebelum kemasan Anda siap untuk diproduksi dengan memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk produk Anda mulai diluncurkan dipasaran. Jika Anda perlu untuk mengimpor elemen kemasan Anda dari luar negeri, ini juga akan memakan waktu.

Pastikan Anda memiliki kelonggaran waktu yang cukup sebelum tanggal peluncuran produk Anda. Karena Anda juga harus memperhatikan persyaratan pelabelan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini adalah ide yang baik untuk memiliki label yang yang dibutuhkan sebelum Anda memulai desain pada kemasan produk Anda. Kelonggaran waktu sebelum tanggal peluncuran produk Anda bisa dimanfaatkan untuk mengevaluasi produk Anda sebelum dijual dipasaran.

Baca juga: 5 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Sukses

Ada banyak hal yang diperhatikan dalam mendesain kemasan, itu sebabnya Anda harus bekerjasama dengan orang yang berpengalaman dalam menciptakan kemasan. Mereka akan tahu apa yang harus dicari dan dapat membantu membimbing Anda melalui proses menciptakan desain yang menyeluruh, menarik, dan responsif.

Sumber: https://www.nuvonium.com/blog/view/things-to-consider-when-designing-packaging

Anda membutuhkan jasa desain kemasan untuk produk Anda, Sooca Design dapat menjadi situs terpercaya. Selain menawarkan kualitas desain yang maksimal dan profesional, tempat ini juga menawarkan harga yang bersaing dan ekonomis. Kelengkapan fitur dari jasa desain yang disuguhkan menjadi cermin profesionalitas dan totalitas Sooca Design untuk melayani kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi kami di sini. Kunjungi juga akun instagram kami di @soocadesign.

GRATIS Mini Course

Kategori