hal penting dalam pembuatan signage design (jasa desain signage profesional)

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Signage Design

Signage design perlu diperhatikan matang-matang. Mengapa? Pertama, signage adalah sarana periklanan yang sangat terjangkau. Kedua, ada banyak elemen yang perlu didesain baik untuk signage indoor atau outdoor. Ketiga, signage harus mampu menarik perhatian mata target customer yang Anda inginkan. Maka dari itu, ada banyak pertanyaan dan faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum dan selama proses design.

Sejatinya ada beberapa prinsip desain signage yang digunakan oleh jasa desain signage profesional untuk membuat signage yang terlihat menarik, berdampak, dan mudah dibaca. Namun sebelum pergi ke jasa desain signage profesional, mari kita kulik sedikit tentang apa itu signage design.

hal penting yang harus diperhatikan saat membuat signage design (jasa desain signage profesional)
sumber gambar: shutterstock.com

Signage design sebaiknya dirancang dengan informatif dan menarik. Jika ingin mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi, Anda dapat menggunakan jasa desain signage petunjuk arah profesional.

Seperti diketahui, signage memiliki peranan penting sebagai petunjuk arah. Pada umumnya signage dipasang di pinggir jalan, terminal, bandara, stasiun, mall, universitas, tempat wisata dan lainnya. Tujuan pemasangan signage sendiri adalah agar orang tidak kebingungan mencari suatu lokasi yang ingin dituju.

Maka, satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan signage adalah mudah dilihat oleh setiap orang. Beberapa hal lain juga perlu Anda perhatikan agar signage makin informatif dan menarik. Berikut kami jelaskan selengkapnya!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Signage Design

Sedikitnya ada empat hal yang harus Anda perhatikan saat membuat signage design. Antara lain sebagai berikut:

pembuatan signage design (jasa desain signage profesional)
sumber gambar: pexels.com

1. Warna Kontras

Mengapa harus menggunakan warna kontras? Penggunaan warna kontras bertujuan agar signage yang Anda buat mudah dilihat dan dibaca meski dari kejauhan. Jadi, jika Anda menggunakan background warna cerah maka warna teks sebaiknya gelap. Sebaliknya, jika Anda mengadopsi warna gelap untuk background maka terapkanlah warna cerah untuk teks.

Berikut sejumlah rekomendasi warna yang cocok untuk signage sehingga mudah dibaca meski dari kejauhan: putih dan cokelat, hijau dan putih, hitam dan kuning, merah dan putih, biru dan kuning serta kuning dan hitam.

2. Ukuran yang Ideal

Ukuran signage juga tidak boleh dibuat asal-asalan. Anda harus menerapkan ukuran yang sesuai sehingga orang-orang yang melintas mudah melihat dan membacanya. Pada umumnya, ukuran signage berkisar 2 – 3 meter.

Lebih lanjut, seluruh elemen yang terdapat pada signage juga mesti disesuaikan dengan ukuran yang pilih. Jika ukuran signage besar maka seluruh elemen di dalamnya jangan terlalu kecil. Hal ini justru membuat orang sulit membacanya.

3. Keseimbangan dari Segala Sisi

Keseimbangan juga perlu ditunjukkan dalam desain signafe. Biasanya, jasa desain signage petunjuk arah akan memerhatikan keseimbangan warna, jenis huruf dan simbol yang digunakan. Misalnya, jenis huruf yang digunakan adalah Sans Serif, maka semua huruf yang ada menerapkan jenis huruf itu.

Keseimbangan dari segala sisi akan membuat nyaman orang yang membacanya. Sehingga, informasi berupa petunjuk arah yang terdapat pada signage tersampaikan dengan baik.

4. Signage Disesuaikan dengan Lingkungan

Signage yang didesain untuk petunjuk arah di hotel tentu berbeda dengan yang didesain untuk petunjuk arah di mall. Begitu juga signage yang diletakkan di outdoor akan berbeda dengan yang diletakkan di indoor.

Oleh karenanya, signage harus disesuaikan dengan lingkungan di mana ia akan diletakkan. Sesuaikan juga desain signage dengan karakter masyarakat di lingkungan tersebut. Misalnya, signage yang diletakkan di sekolah yang semua muridnya anak-anak sebaiknya menggunakan teks berukuran besar dan berwarna cerah. Ini bertujuan agar signage mudah dipahami oleh siapa saja yang ada berada di lokasi tersebut.

Jadi, penting untuk dilakukan riset terlebih dahulu guna memahami keadaan lingkungan sebelum membuat signage design. Sehingga, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas seperti apa papan petunjuk arah yang cocok diletakkan di lingkungan tersebut.

Itulah empat hal yang harus diperhatikan saat membuat signage design. Jika Anda merasa kesulitan membuat desain secara mandiri, Anda dapat menggunakan jasa desain signage petunjuk arah profesional.

Langsung jasa hubungi Sooca Design untuk mendapatkan solusi terbaik dan terpercaya tentang jasa desain signage profesional yang lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori