apakah sustainability report wajib dibuat

Apakah Sustainability Report Wajib Dibuat? Ini Pembahasannya

Apabila Anda pernah melihat atau membaca suatu annual report, pasti Anda juga pernah mendengar tentang sustainability report atau laporan keberlanjutan. Umumnya, sustainability report atau sering disingkat SR merupakan laporan yang dipublikasikan oleh suatu perusahaan dalam melaporkan tentang kinerja sebuah perusahaan. Laporan tersebut akan disampaikan pada tiga aspek yang seperti aspek sosial, aspek lingkungan dan aspek ekonomi. Tapi, apakah sustainability report wajib untuk dibuat?

Dulunya sustainability report ini tidak harus dibuat oleh suatu perusahaan. Namun seiring berjalannya waktu, pembuatan laporan berkelanjutan menjadi suatu hal populer dan wajib untuk disertakan oleh setiap perusahaan yang membuat annual report. Fungsinya jelas digunakan perusahaan sebagai pelaporan pertanggungjawaban kepada masyarakat luas mengenai apa yang sudah dilakukan serta dampak dari program CSR yang telah dikerjakan oleh perusahaan.

Sekilas Mengenai Sustainability Report

Sebelum kita mengetahui apakah sustainability report wajib untuk dibuat atau tidak. Akan lebih baik jika kita mengetahui tentang apa itu sustainability report dan bagaimana perannya bagi perusahaan. Secara umum, sustainability report atau laporan berkelanjutan adalah hal penting yang harus perusahaan sertakan bersamaan dengan laporan tahunan.

Sustainability report perlu dibuat dengan desain yang menarik agar mampu meprepresentasikan aktivitas perusahaan dalam memberikan solusi penyelesaian permasalahan lingkungan maupun sosial. Bahkan, jasa desain sustainability report yang profesional dan berpengalaman akan selalu berusaha membuatnya dengan teliti dan kreatif. Jadi, seberapa pentingkah sustainability report bagi perusahaan?

Meskipun dulunya laporan ini tidak penting seperti apa yang dibayangkan. Tetapi, sejak tahun 1980-an pembuatannya semakin dilirik. Dalam sejarahnya, sustainability report pertama kali dipopulerkan oleh suatu perusahaan kimia dengan tujuan untuk memperbaiki citra perusahaan yang sedang bermasalah. Jadi, tak heran kalau laporan berkelanjutan ini sangat penting bagi perusahaan sekarang ini.

Ada juga beberapa perusahaan lainnya yang mempelopori mengenai laporan keberlanjutan, seperti misalnya perusahaan tembakau. Dimana tujuan mereka membuat SR adalah untuk meningkatkan citra perusahaan sehingga investor tertarik untuk menginvestasikan dana mereka atau sering disebut ethical investing.

Apakah Sustainability ReportĀ  Wajib Dibuat

jasa pembuatan sustainability report
Image Source: Pixabay

Jadi, apakah sustainability report wajib dibuat oleh perusahaan? Di jaman ini, perusahaan sangat diwajibkan untuk menyusun laporan keberlanjutan. Nantinya, sustainability report ini dapat membantu perusahaan untuk mengerti dan memahami tentang dampak yang diperoleh dari ekonomi perusahaan tersebut.

Ada beberapa alasan yang perlu anda ketahui tentang apakah sustainability report wajib dibuat atau tidak. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan Reputasi suatu Perusahaan

Apakah Sustainability Report Wajib Dibuat
Image Source: Pixabay

Alasan pertama mengapa sustainability report wajib dibuat adalah karena mampu meningkatkan reputasi suatu perusahaan. Dengan penyusunan sustainability report, diharapkan akan mendorong untuk perbaikan transparansi ataupun pelaporan agar bisa menciptakan kepercayaan masyarakat pada perusahaan.

Bukan hanya itu saja, laporan berkelanjutan ini juga dapat mengoptimalkan reputasi perusahaan dengan baik. Inilah yang menjadi alasan kenapa laporan ini sangat penting untuk dibuat.

2. Dapat Memenuhi Harapan Karyawan

Alasan kenapa sustainability report wajib dibuat
Image Source: Pixabay

Apakah laporan keberlanjutan itu penting dan wajib dilampirkan oleh perusahaan? Ya tentu ini sangat penting dan harus dilakukan. Karena melalui sustainability report, perusahaan dapat memenuhi harapan dari semua karyawan yang ada. Misalnya seperti perihal kesejahteraan yang dapat meningkatkan kinerja mereka.

Perlu anda ketahui, perusahaan yang sudah menerbitkan laporan berkelanjutan dengan baik dan benar sesuai aturan serta persyaratan akan dapat menciptakan loyalitas yang lebih tinggi dari karyawan .

3. Efisiensi dan Mengurangi dampak Limbah

manfaat sustainability report
Image Source: Pixabay

Suatu perusahaan yang membuat sustainability report perusahaan dapat mengurangi dampak limbah dengan lebih efisien. Dimana proses pembuatan SR ini akan mendorong perusahaan agar mampu mengumpulkan informasi tentang dampak serta proses pengolahan limbah agar tidak mencemari lingkungan.

Susutainability report juga akan menciptakan transparansi terhadap kinerja perusahaan yang ada sehingga dapat menentukan keputusan dalam mengurangi pemakaian SDA hingga meningkatkan efisiensi maupun kinerja operasional.

4. Akses terhadap Modal Lebih Meningkat

pembuatan sustainability report
Image Source: Pixabay

Menurut sebuah sumber, perusahaan yang sudah mengeluarkan sustainability report mempunyai kesempatan untuk meningkatkan akses modal yang lebih besar. Maka dari itu, setiap perusahaan yang ingin memperoleh masa depan lebih baik disarankan untuk membuat sustainability report.

Apakah sustainability report wajib? Tentu saja wajib karena bisa menghasilkan manfaat yang baik untuk perusahaan. Namun, dalam pembuatannya, Anda harus mungkin akan membutuhkan pengkajian secara mendalam. Dengan begitu, Anda akan bisa mewujudkan bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Saat ini, keputusan untuk menggunakan jasa pembuatan sustainability report adalah pilihan yang paling tepat. Apabila Anda masih ragu, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu.

Cobalah untuk terhubung dengan SOOCADESIGN sebagai agensi penyedia jasa pembuatan sustainability report. Kami juga menyediakan jasa pembuatan SR BPR serta penyusunan pedoman GCG perusahaan yang siap membantu Anda mulai dari tahapan pembuatan konten, desain, hingga cetaknya.

GRATIS Mini Course

Kategori