apakah csr dan sustainability report sama

Apakah CSR Dan Sustainability Report Sama? Simak Di Sini

Apakah CSR dan sustainability report sama? Sebenarnya hanya sedikit sumber Indonesia yang menjawab pertanyaan tersebut. Maka dari itu, Anda mengunjungi web ini untuk mencari tahu apakah CSR dan sustainability report sama atau tidak adalah langkah yang tepat.

Umumnya, CSR dan sustainability report adalah laporan yang sangat penting dan harus diterapkan oleh suatu perusahaan. Jadi, apakah CSR dan sustainability report sama? Sebagai pembahasan yang lebih lengkap, mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apakah CSR dan Sustainability Report Sama?

Apakah CSR Dan Sustainability Report Sama
Image Source: Pexels.com

Sebelum kita mencari tahu lebih dalam tentang apakah CSR dan sustainability report sama atau tidak. Alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu definisi dari keduanya. Berikut dibawah ini adalah definisi dari masing-masingnya.

Definisi CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) atau dalam bahasa Indonesia adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Ini merupakan salah satu bagian dari perusahaan di dalam perekonomian saat ini dan kelangsungan bisnis. Perusahaan yang menerapkan CSR dapat mengatasi masalah sosial hingga dapat membangun brand yang bisa dipercayai dan menarik perhatian konsumen.

Jadi, ada suatu kegiatan yang menguntungkan dengan hadirnya CSR. Perusahaan apapun bisa memperoleh tingkat kepercayaan tinggi dari konsumen atau warga masyarakat serta lingkungan hingga memberikan dampak yang positif. Bisa dibilang kalau CSR merupakan konsep manajemen suatu perusahaan yang menyatukan masalah lingkungan dan sosial dalam kegiatan perusahaan.

definisi sustainability report
Image Source: Pexels.com

Secara sederhananya, CSR adalah salah satu cara perusahaan dalam menyeimbangkan kepentingan ekonomi dengan kepentingan sosial dan lingkungan. Ini juga sudah termasuk dengan memenuhi harapan pemegang saham maupun tiap pemangku kepentingan yang berhubungan dengan perusahaan.

Konsep dari CSR yang telah ditetapkan dengan cara yang baik dan benar bisa membawa berbagai macam keuntungan kompetitif dan dampak positif buat perusahaan itu sendiri. Keuntungannya bisa berupa akses modal meningkat, penjualan meningkat, produktivitas dan kualitas meningkatkan citra brand.

Definisi Sustainability Report

Sustainability report (SR) atau di dalam bahasa Indonesia adalah laporan keberlanjutan merupakan bentuk laporan tahunan yang akan diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan sustainability report memiliki tujuan untuk membagikan kegiatan atau tanggung jawab sosial dari perusahaan itu sendiri.

Laporan yang seperti ini akan mempublikasikan mengenai hal-hal yang seperti informasi perusahaan hingga memutuskan agar tetap berkomunikasi tentang komitmen maupun tindakan dalam area lingkungan dan sosial. Sustainability report juga memungkinkan kalau suatu perusahaan dapat mempertimbangkan tentang dampaknya pada masalah-masalah keberlanjutan.

definisi CSR
Image Source: Pexels.com

Laporan keberlanjutan bisa kita simpulkan sebagai platform utama dalam mengkomunikasikan tentang kinerja maupun dampak keberlanjutan. Namun, dalam bentuk dasarnya, dimana kamu harus tahu kalau laporan keberlanjutan merupakan laporan yang mengenai kinerja sosial dan lingkungan perusahaan.

Agar bisa mendapatkan laporan yang baik dan bermanfaat juga buat manager, analis, eksekutif, pemegang saham hingga pemangku kepentingan. Maka buatlah laporan sustainability yang terstruktur rapi hingga bisa memperoleh nilai yang baik dari sosial maupun lingkungan sekitar perusahaan Anda.

Jadi, apakah CSR dan Sustainability Report sama?

Apakah CSR dan sustainability report sama? CSR mempunyai tujuan untuk membangun tingkat kepercayaan perusahaan hingga berpenampilan dengan baik serta dapat mengatasi masalah-masalah pada saat ini. Berbeda dengan sustainability report, dimana ini tentang tindakan maupun dampak jangka panjang atau selalu memperhitungkan tentang perusahaan di masa akan datang.

jasa pembuatan sustainability report
Image Source: Pexels.com

Jika CSR dan sustainability report dibilang sama pun, lantas mengapa ada beberapa hal yang berbeda dari kedua-duanya? Misalnya, visi dan misi, target, mengenai bisnis, management dan beberapa hal lainnya. Beberapa faktor tersebut sudah menandakan secara jelas jika keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendalam.

Jadi, apakah CSR dan sustainability report sama? Jawabannya adalah tidak sama, tetapi harus saling terhubung. Bisa diibaratkan sebagai Hamburger. CSR adalah rotinya dan sustainability report adalah burgernya. Jika dipisahkan keduanya, maka kenikmatan yang sesungguhnya tidak bisa dirasakan oleh lingkungan sekitar.

Lantas bagaimana dengan pembahasan yang mengenai apakah CSR dan sustainability report sama?. Pembahasan diatas sudah jelas kalau keduanya tidak sama, hanya saja saling berhubungan. Apabila ingin membuat sustainability report, pastikan terikat dengan CSR.

Usai sudah pembahasan kita kali ini, semoga melalui penjelasan yang sudah dijelaskan seperti diatas bisa Anda pahami dengan mudah.

Jika tertarik untuk membuat SR, pastikan Anda menghubungi agensi penyedia layanan jasa pembuatan sustainability report yang terpercaya seperti Soocadesign. Selain itu Sooca Design menyediakan jasa pembuatan SR BPR dan penyusuan pedoman GCG bagi perusahaan Anda. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi official website kami.

Dapatkan penawaran terbaiknya DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori