5 Tools Keyword Research Gratis

Yuk Simak! Ini 5 Tools Gratis untuk Keyword Research

Mencari kata kunci merupakan hal yang sangat penting dalam menulis sebuah artikel atau membuat blog di website. Penggunaan kata kunci yang tepat menjadi salah satu faktor yang membuat konten kita terperingkat dengan baik oleh mesin pencarian. Hal ini dilakukan dengan cara meriset kata kunci melalui keyword research tool yang ada di internet.

5 Tools Gratis Untuk Keyword Research

Ini 5 Tools Keyword Research Gratis
Sumber: pch.vector via www.freepik.com

Sayangnya, kebanyakan tools untuk keyword research biasanya berbayar sehingga penulis artikel atau bisnis dengan modal terbatas kesulitan untuk mengeluarkan biaya tambahan demi mencari kata kunci yang tepat.

Karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk keyword research.

Keyword Surfer

tools keyword research gratisKeyword Surfer merupakan sebuah plug yang bisa Anda hubungkan langsung dengan browser Chrome. Saat diaktifkan, Anda akan melihat hasil analisis di sebelah kanan halaman pencarian setiap Anda memasukkan kata kunci yang Anda cari. Berikut beberapa data yang ditampilkan oleh Keyword Surfer.

  • Ide kata kunci dan volume pencariannya
  • Biaya per klik dari setiap kata kunci
  • Website yang menduduki peringkat teratas untuk kata kunci yang Anda cari dan traffic-nya

Walaupun tools ini efektif dan mudah untuk digunakan, terkadang data yang dikirimkan oleh plugin berbeda dari data yang disediakan oleh tools pencarian lainnya.

Afrehs Keyword Generator

5 tools keyword research gratisDengan menggunakan tools ini, Anda dapat memasukkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda targetkan, dan Ahrefs akan memberikan 100 ide kata kunci teratas yang terkait.

Ahrefs Keyword Generator menyediakan data-data seperti:

  • Volume pencarian
  • Tingkat kesulitan kata kunci dari 1 hingga 100
  • Kapan terakhir kali data ini diperbaharui
  • Daftar pertanyaan yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari

Anda bisa memanfaatkannya untuk menemukan long-tail keyword dan menargetkan kata kunci yang kompetisinya tidak terlalu tinggi. Anda juga dapat mengekspor data dengan mengunduh daftar hasil pencarian. Selain melakukan riset kata kunci yang diambil dari Google, Ahrefs juga memiliki research tools untuk Bing, YouTube, dan Amazon yang bisa diakses secara gratis.

Ubbersuggest

5 tools keyword research gratis (ubbersuggest)Ubbersuggest menyediakan versi gratis yang menyediakan beberapa data seperti volume pencarian, kesulitan SEO dari setiap kata kunci, kesulitan beriklan dari kata kunci tersebut, dan biaya per kliknya.

Anda juga bisa mengidentifikasi jumlah backlink yang Anda perlukan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencarian untuk kata kunci itu. Ubbersuggest juga akan memberikan ide konten dan kata kunci yang bisa Anda gunakan.

Halaman ide konten akan menampilkan daftar judul blog yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari. Kalau Anda lihat di samping kanan, Anda akan menemukan jumlah orang yang melihat dan membagikan artikel-artikel itu. Meskipun gratis, Ubbersuggest hanya menyediakan 3 pencarian kata kunci per harinya.

Moz Keyword Explorer

5 tools keyword research gratis (moz)Saat menggunakan Moz Keyword Explorer, Anda dapat melihat volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan, rasio klik-tayang organik, dan skor prioritas untuk setiap kata kunci yang dicari.

Data rasio klik-tayang organik menampilkan rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Sementara skor prioritas merupakan gabungan dari kesulitan, peluang, dan volume untuk menunjukkan seberapa besar kemungkinan peringkatmu untuk frasa kata kunci tersebut.

Moz Keyword Explorer juga kan memberikan memberikan daftar saran kata kunci dengan volume pencarian bulanan dan relevansi.

Analisis SERP juga ditampilkan dalam bentuk daftar 10 artikel yang mengandung kata kunci yang Anda cari, dengan urutan sesuai peringkat. Anda dapat melihat judul, URL, otoritas halaman, otoritas domain, jumlah backlink ke halaman, dan jumlah backlink ke domain root.

Kelemahan dari tools ini jika Anda memakai akun gratis adalah Anda dibatasi untuk meriset hanya 10 kata kunci setiap bulannya.

Google Search Console

Google search console merupakan sebuah platform dimana Anda bisa memantau dan melacak kinerja dari websitemu. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat melihat kata-kata kunci apa yang berhasil membuat artikel atau blogmu terperingkat oleh mesin pencarian.

Data ini bisa membantumu menemukan keyword yang tepat untuk digunakan. Misalnya, Anda melihat ada beberapa keyword yang mendatangkan banyak traffic. Daripada sibuk mencari keyword baru untuk ditargetkan, Anda bisa fokus untuk mengoptimalkan penggunaan keyword tersebut dengan memperbaiki title tag dan meta description-nya.

Nah, itu dia 5 tools gratis yang bisa Anda manfaatkan dalam meriset keyword. Selamat mencoba!

Namun apabila Anda ingin berkonsultasi perihal jasa pembuatan website, soocadesign siap membantu. Mulai dari keyword research, desain tampilan web, hingga pengelolaan konten artikel bisa Anda percayakan kepada kami. Tunggu apa lagi, yuk hubungi soocadesign sekarang juga untuk mendapatkan penawaran  jasa pembuatan website yang terpercaya.

 

Referensi:

mailchimp.com/resources/best-free-keyword-research-tools/

ahrefs.com/blog/free-keyword-research-tools/#questiondb

GRATIS Mini Course

Kategori