tips membuat podcast covert art (jasa desain podcast cover art)

5 Tips Membuat Podcast Cover Art Menarik Perhatian

Podcast dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, siaran audio internet atau lebih populer dengan istilah podcast berkembang pesat di Indonesia. Podcast sendiri merupakan singkatan dari iPod dan broadcasting, karena pertama kali digunakan oleh para pengguna iPod. Lalu, apa itu podcast cover art?

Podcast cover art menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan sisi kemenarikan podcast itu sendiri. Oleh karenanya, saat ini banyak podcaster yang mengandalkan jasa desain cover podcast untuk mendapatkan hasil yang menarik perhatian audiens.

tips membuat podcast covert art
Image by istockphoto.com

Seperti diketahui, saat ini podcast digandrungi banyak orang untuk mendapatkan informasi menarik selain YouTube. Maka, tidak heran jika belakangan ini muncul podcaster-podcaster anyar yang mencoba menggeluti dunia baru itu.

Dengan banyaknya persaingan podcast dalam berbagai genre, kehadiran podcast cover art ini berperan penting menjadi daya tarik pertama yang akan menimbulkan rasa penasaran atau rasa ketertarikan dari audiens. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana tips membuat podcast covert art yang ampuh menarik perhatian.

Nah, jika Anda ingin menjadi podcaster, ada satu hal yang perlu Anda ketahui, yakni audiens akan melihat cover podcast terlebih dahulu sebelum mendengarkan isinya. Cover podcast sebenarnya tidak saja untuk menarik perhatian, melainkan juga menjadi pembeda episode podcast.

5 Tips Membuat Podcast Cover Art Menarik

Sama halnya seperti kebutuhan desain lainnya, pembuatan konsep dan eksekusi desain podcast cover art juga memerlukan kreatifitas dan keahlian khusus. Jika merasa kesulitan, Anda cukup menyewa jasa desain podcast cover art yang profesional seperti Sooca Design.

Ada banyak elemen yang perlu dikombinasikan secara apik. Seperti misalnya warna, gambar, jenis font, penataan desain, dll. Mengingat pentingnya membuat podcast cover art, di bawah ini kami bagikan beberapa tipsnya. Anda dapat mengikuti beberapa tips membuat desain cover podcast yang mencuri perhatian.

Berikut ini lima tips membuat podcast cover art yang menarik perhatian audiens:

jasa desain cover podcast
Image by freepik.com
  1. Sesuaikan dengan Karakter Audiens

Mengingat tujuannya untuk menarik perhatian, desain cover podcast harus disesuaikan dengan karakter audiens. Hal-hal yang harus disesuaikan setidaknya antara lain jenis font, warna dan gambar.

Sebagai tips, pilih jenis font, warna dan gambar yang sederhana alias tidak terlihat ramai. Cover podcast yang sederhana inilah yang mampu menarik perhatian audiens. Sebaliknya, cover podcast yang terlihat ramai justru membuat audiens tidak tertarik untuk mengetahui isinya.

  1. Tampilkan Wajah Bintang Tamu

Satu trik yang acap kali diterapkan jasa desain cover podcast untuk menarik perhatian audiens adalah menampilkan wajah bintang tamu. Ya, dengan mengetahui siapa bintang tamu yang Anda hadirkan, audiens bakal makin tertarik untuk mengetahui isi podcast Anda. Apalagi jika bintang tamu itu terkenal.

Selain itu, Anda juga boleh lho menampilkan wajah Anda sendiri di dalam cover podcast. Selain tujuannya untuk menaikkan pamor, hal itu juga akan menjadi pembeda dengan podcast lainnya.

  1. Perhatikan Dimensi yang Terbaik

Podcaster sebaiknya menyebarkan podcast-nya ke sejumlah platform, seperti Google Podcast, Apple Podcast, Spotify dan lainnya. Nah, setiap platform itu memiliki dimensi yang berbeda-beda.

Oleh karenanya, Anda harus memerhatikan dimensi podcast cover art dengan cara menyesuaikannya dengan platform-platform tersebut. Jangan sampai dimensi yang Anda terapkan tidak sesuai dengan platform-platform tersebut.

  1. Pilih Warna yang Terbaik

Tentunya, agar terlihat menarik, desain cover podcast harus menerapkan kombinasi warna. Dengan kata lain, jangan hanya menerapkan satu warna.

Nah, sebagai tips agar desain memikat perhatian, terapkanlah kombinasi warna yang kontras. Terutama antara background dan gambar plus tulisan sebaiknya warnanya bertentangan. Misalnya, background berwarna gelap, maka gambar plus tulisan berwarna terang. Begitu juga sebaliknya.

  1. Perbarui Desain

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu kegunaan desain cover podcast adalah menjadi pembeda antar episode. Jadi, antara episode satu dengan lainnya sebaiknya memiliki desain yang berbeda.

Kendati demikian, Anda boleh menampilkan beberapa elemen yang serupa guna menunjukkan kekhasan podcast Anda. Misalnya, selalu ada elemen bingkai di setiap desain podcast atau lainnya.

Itulah lima tips membuat podcast cover art yang akan membantu agar bisa lebih menarik minat audiens untuk mendengarkan siaran audio Anda.

Mungkin bagi orang awam, membuat desain cover podcast adalah sesuatu yang menyulitkan dan membutuhkan waktu pembuatan yang panjang. Tapi tak perlu khawatir Sooca Design memiliki solusinya.

Ya, Anda bisa menggunakan jasa desain cover podcast profesional dari Sooca Design. Selain memiliki pengalaman belasan tahun di dunia desain kreatif, Sooca Design juga diisi dengan tim yang profesional dan ahli di bidangnya.

Tunggu apa lagi, langsung saja hubungi tim marketing Sooca Design untuk mendapatkan penawaran jasa desain podcast cover art yang lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori