tips desain kemasan produk unik (jasa desain logo dan kemasan produk)

5 Tips Desain Kemasan Produk Unik Agar Tampil Stand Out

Membuat desain kemasan produk unik bisa menjadi sebuah tantangan yang sulit untuk dilakukan. Percayalah bahwa membuat “produk yang baik” saja tidaklah cukup untuk memikat konsumen. Butuh “desain kemasan produk kreatif” untuk membantu meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.

Masih belum memahami tentang betapa pentingnya visual desain kemasan produk Anda? Begini contoh sederhananya, ketika kita membeli sebuah handphone bermerek, hal pertama yang kita kagumi tentu adalah packaging design-nya. Bahkan kita bisa memotretnya dan mengunggahnya di akun media sosial sebagai suatu “kebanggaan”. Packaging design dan isi produk di dalamnya tentulah harus sama-sama bagusnya. Ini membuktikan bahwa top-tier brands mengetahui bahwa desain kemasan adalah bagian penting dalam memberikan pengalaman produk (product experience) yang baik kepada konsumen.

5 Tips Desain Kemasan Produk Unik

Pengemasan produk yang prima menjadi salah satu langkah nyata pertama dalam membuat konsumen jatuh cinta kepada suatu perusahaan, brand, atau produk. Jadi sebelum terlambat, mari kita bahas bersama tentang 5 tips desain kemasan produk unik yang akan membantu menjadikan kemasan produk Anda menjadi sebuah “mahakarya” yang stand out.

1. Paling Pertama, Kenali Siapa Konsumen Kita

tips desain kemasan produk unik
Photo by MK +2 on Unsplash

Sebelum mulai membuat komposisi yang keren untuk kemasan produk, penting untuk mengetahui pelanggan seperti apa yang akan membeli produk Anda. Memahami hal ini akan sangat berfungsi dalam menciptakan pesan yang tepat untuk produk Anda, maka desain kemasan terbaik dapat menyusul dengan seirama.

Misalnya, kita tidak perlu meletakkan ilustrasi makanan ke dalam desain kemasan produk dari smartwatch. Tetapi kita bisa menyertakan ilustrasi makanan lezat ke dalam desain kemasan produk makanan. Ini penting karena fungsi utama dari desain kemasan produk adalah menyampaikan pesan secara langsung kepada audience.

2. Temukan Alternative Style yang Berbeda

5 tips desain kemasan produk unik
Photo by nguyen linh on Unsplash

Jangan jadi membosankan! Temukan alternatif style yang berbeda dalam desain kemasan produk unik agar dapat mencuri perhatian. Ada beragam jenis desain kemasan produk unik yang bisa kita aplikasikan. Seperti misalnya box, pouch, bottle, tube, bag, dan sebagainya. Dalam masing-masing gaya kemasan yang berbeda ini ada pedoman yang harus diikuti. Panduan ini akan mencerminkan dimensi tempat desain bekerja, seperti trim line, safety line, dan bleed line.

Kemudian hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan yang dipilih untuk proyek kemasan produk Anda. Saat ini banyak alternatif bahan kemasan produk yang ramah lingkungan. Penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan juga bisa menjadi cara yang baik untuk tampil menonjol dari pesaing lainnya.

3. Berikan Sentuhan Unik Pada Desain Kemasan Produk

contoh packaging design
Photo by Studio Blackthorns on Unsplash

Packaging design merupakan bagian krusial dalam product journey pelanggan. Dalam beberapa kasus, cara konsumen berinteraksi dengan kemasan akan menentukan bagaimana perasaan individu tersebut tentang sebuah brand secara keseluruhan.

Misalnya Anda bisa menambahkan elemen-elemen dengan cara yang kreatif. Baik itu desain logo yang clean, gambar ilustrasi, atau coretan abstrak yang menjadi ciri khas dari desain kemasan produk Anda.

4. Tonjolkan Fitur Terbaik dari Produk

jasa desain logo dan kemasan produk
Photo by Thetot on Risewell Toothpaste

Tips desain kemasan produk unik selanjutnya yaitu menonjolkan fitur terbaik! Bagaimana penawaran Anda dapat menjawab kebutuhan pelanggan harus ditampilkan secara menarik dalam desain kemasan.

Contoh singkatnya, ketika membuat desain kemasan untuk pasta gigi anak. Target demografisnya adalah orang tua dengan anak-anak, sehingga lebih baik jika menekankan fitur produk yang menarik bagi anak-anak, seperti penggunaan warna-warna cerah dan atau varian rasa yang menyenangkan.

5. Pilih Partner Jasa Desain Kemasan Produk Unik Profesional

desain kemasan unik
Photo by Studio Blackthorns on Unsplash

Terakhir, pilihlah jasa desain kemasan produk unik yang profesional. Proses pembuatan desain kemasan produk sudah pasti membutuhkan kerjasama tim yang baik. Mulai dari penentuan konsep, pembuatan alternatif desain, proses art directing dan serta pembuatan layout akan berjalan lebih mudah ketika menemukan partner jasa desain kemasan produk yang tepat.

JASA DESAIN LOGO DAN KEMASAN PRODUK PROFESIONAL

4 Tips Membuat Desain Kemasan Makanan yang MenarikApakah saat ini Anda ingin membuat desain logo lengkap dengan desain kemasan produk unik? Jika iya, maka SOOCADESIGN ingin menawarkan solusinya!

Bersama tim yang profesional dan berpengalaman di bidang desain kreatif, SOOCADESIGN mampu menyediakan jasa desain logo dan kemasan produk dengan harga dan kualitas yang bersaing.

Kami menyediakan berbagai layanan seperti jasa desain logo, jasa desain kemasan makanan, jasa desain kemasan snack, jasa desain kemasan kosmetik, dll. Klik DI SINI untuk melihat portfolio kami, atau Anda juga bisa langsung terhubung dengan tim marketing kami melalui kontak berikut ini:

Jasa Desain Logo dan Kemasan Produk

GRATIS Mini Course

Kategori