mengenal pelaporan esg perusahaanb

Mengenal Pentingnya Pelaporan ESG Bagi Perusahaan

Perubahan iklim mempunyai hubungan yang jelas dengan aspek lain dari pelaporan ESG. ESG (Environmental, Social, and Governance atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) merujuk kepada tindakan untuk melakukan hal yang benar untuk planet ini dan juga untuk manusia. 

Saat ini, sangat penting untuk berpartisipasi aktif dalam ESG untuk menunjukkan kredensial sebagai bisnis yang bertanggung jawab. Semakin banyak manajer aset dan lembaga keuangan lainnya menilai dan membandingkan kinerja ESG perusahaan. ESG telah menjadi pasar investasi yang berarti. Peringkat ESG perusahaan berdampak pada siapa yang akan berinvestasi di dalamnya. 

Untuk sektor keuangan di mana data dan transparansi sangat penting, penilaian ESG diterapkan pada bagaimana dan di mana uang diinvestasikan. Karena itu, investasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dinilai lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan demikian, pelaporan ESG dalam hal ini menjadi sangat penting. 

Pentingnya Pelaporan ESG 

Melaporkan masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola bukanlah hal yang mudah. Sebagian disebabkan karena tidak ada standar mutlak. Saat ini pelaporan terutama didasarkan pada kerangka kerja perusahaan, dan informasi yang disampaikan seringkali bersifat non-keuangan. Menavigasi kerangka kerja ini dan mempertimbangkan berbagai persyaratan dari pemangku kepentingan yang berbeda tidaklah mudah. 

Perjalanan menuju standar pelaporan yang konsisten dan wajib saat ini sedang dijalankan. Perusahaan telah menetapkan proses untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan mereka. Namun, tidak demikian halnya dengan data ESG. Parameter apa yang ingin dilihat dan bagaimana mereka ingin itu disajikan sampai sekarang masih belum jelas. 

Environment sebagai salah satu aspek ESG seringkali disalahartikan sebagai huruf terbesar di ESG. Tetapi S (sosial) dan G (tata kelola) tidak boleh diabaikan. Sebab itu, memahami pentingnya pelaporan ESG sangat dianjurkan. Sebelum itu, berikut adalah tiga aspek ESG dalam pembahasan yang sedikit lebih detail: 

– Lingkungan

Pelaporan mengenai lingkungan tidak lepas dari pembahasan masalah seputar krisis iklim. Singkatnya, investasi dalam segala hal yang berkaitan dengan bahan bakar fosil menjadi kurang menarik. Sementara apa pun yang menghindari penipisan sumber daya alam planet ini dan yang tidak merusak atmosfer lebih cenderung menarik minat investor. Perusahaan semakin di bawah tekanan untuk menunjukkan bahwa mereka bekerja menuju penghilangan dampak negatif terhadap lingkungan.  

mengenal pentingnya pelaporan esg
Image Source: World Bank Blogs

– Sosial 

Setiap organisasi menyentuh kehidupan karyawan, pelanggan, dan komunitas tempat ia beroperasi. Tanggung jawab sosial perusahaan adalah bagaimana perusahaan bertanggung jawab kepada sosial masyarakat. Hal ini termasuk: 

1. Kesehatan dan kesejahteraan karyawan. 

2. Keanekaragaman di tempat kerja. 

3. Melindungi konsumen dari produk dan layanan yang buruk. 

4. Dampak operasi komersial pada masyarakat setempat. 

– Tata Kelola 

Ada peningkatan pengawasan yang menjamin bagaimana kelangsungan bisnis perusahaan berjalan dan bagaimana mereka mengelola risiko. Masalah tata kelola yang diawasi tersebut meliputi: 

1. Etika bisnis. 

2. Penghargaan eksekutif. 

3. Menghindari kejahatan keuangan. 

4. Kepatuhan terhadap peraturan. 

5. Transparansi 

Strategi Pelaporan ESG 

strategi pelaporan esg (laporan esg & sustainability report)
Image Source: Durr Group

ESG bukan hanya sebuah paragraf dalam laporan tahunan perusahaan, yang nantinya hanya akan tersimpan di back office. ESG sekarang menyentuh semua aspek perusahaan, karena pengaruhnya dirasakan oleh semua orang. Data dan transparansi sangat penting untuk kualitas pelaporan ESG. 

Strategi pelaporan ESG harus cukup fleksibel untuk memenuhi persyaratan sambil mengawasi apa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Sistem pelaporan ESG berubah dengan sangat cepat dan luas, mencakup berbagai faktor keuangan dan sebagian besar non-keuangan, yang banyak di antaranya tidak ada standar yang disepakati. 

Soocadesign menjadi salah satu pilihan terbaik Anda sebagai jasa pembuatan sustainability report dan laporan ESG. Anda akan diarahkan ke dalam sistematika pelaporan yang runtut, dengan desain yang menarik dan informatif, sehingga memaksimalkan informasi yang terdapat di dalamnya. Akses melalui soocadesign.com sekarang untuk mendapatkan informasi penawaran jasa pembuatan sustainability report dan laporan ESG yang menarik. 

GRATIS Mini Course

Kategori