komponen penting desain kalender

Ketahui Komponen Penting Desain Kalender Perusahaan

Sebelum mengetahui beberapa komponen penting desain kalender perusahaan, Anda perlu tahu mengapa kalender itu penting bagi bisnis.

Siapa yang tidak memiliki kalender di tempat kerja? Sepertinya, hampir tidak ada yang tidak memiliki kalender perusahaan di tempat kerja. Mayoritas setiap meja kerja dilengkapi dengan kalender. Begitu pula rumah-rumah pasti memiliki kalender, baik berupa kalender meja maupun kalender dinding. Meskipun saat ini teknologi sangat maju dan hampir semua orang memiliki smartphone, bahkan lebih dari satu buah. Walaupun demikian, kalender yang dicetak masih banyak peminatnya dan terbukti memiliki efektivitas yang jauh lebih tinggi.

Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk menandai tanggalan secara langsung dan menganggap hal tersebut lebih praktis, cepat, dan lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan menandaiĀ eventĀ di kalender digital di smartphone. Manusia memang memiliki ingatan visual yang tajam, dan kalender cetak memenuhi kriteria tersebut.

Kalender juga merupakan sarana pemasaran yang efektif untuk berbagai jenis perusahaan. Melalui pemberian kalender kepada kolega, konsumen, dan rekan kerja, nama perusahaan anda akan senantiasa terpampang di meja atau dinding relasi anda selama setahun penuh. Selama itu pula, perusahaan anda akan selalu dilihat oleh mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui perihal komponen penting desain kalender perusahaan.

5 Komponen Penting Desain Kalender Perusahaan

komponen penting desain kalender perusahaan
Image Source by Freepik

Ketika menjelang tahun baru, maka relasi perusahaan Anda akan menerima lebih dari satu atau bahkan beberapa kalender dari berbagai perusahaan, namun hanya akan ada sebuah kalender yang akan digunakan relasi perusahaan selama setahun ke depan.

Apabila ingin kalender perusahaan Anda yang dipilih, sehingga yang memajangnya akan terus ingat dengan perusahaan Anda, maka buatlah tampilan desain kalender perusahaan yang menarik. Berikut faktor-faktor dan komponen penting desain kalender perusahaan yang perlu Anda perhatikan:

1. Tema

Kalender yang dibuat oleh perusahaan anda harus memiliki sebuah tema yang kuat dan menarik. Misalnya, perusahaan anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan atau packaging sebuah produk, maka gunakanlah portofolio perusahaan ketika sedang melakukan riset, pemilihan bahan, dan proses produksi yang professional.

Tema ini akan menjadi turunan dan dimunculkan ke dalam beberapa desain yang saling berkorelasi. Jangan lupa untuk menyisipkan pesan mengapa temas tersebut yang dipilih dan perlu ditambahkan dengan ilustrasi dan gambar-gambar atau foto yang menarik.

Selain itu tampilan kalender perusahaan anda harus jelas. Artinya, kalender tersebut harus memiliki tampilan yang jelas, teks yang mudah dibaca dan tidak terhalang gambar, ilustrasi, atau desain lainnya, dan dapat dibaca dengan mudah walau dari jarak yang cukup jauh.

2. Profil Perusahaan Anda

Komponen penting desain kalender perusahaan yang selanjutnya adalah profil perusahaan itu sendiri. Sebuah perusahaan pasti memiliki company value yang diturunkan dalam sebuah visi misi perusahaan serta warna tertentu yang menjadi ciri khas perusahaan. Maka, perusahaan harus menampilkan hal tersebut secara konsisten agar relasi perusahaan hanya dengan melihat warna tersebut langsung mengetahui itulah trademark perusahaan anda.

3. Pemilihan Warna dan Design

Gambar yang dipilih harus sesuai dengan tema yang diangkat dan profil perusahaan anda. Pastikan gambar yang dipakai memiliki resolusi yang tinggi. Atau jika kalender perusahaan anda menggunakan ilustrasi, pastikan ilustrasi berkorelasi dengan tema kalender. Lalu, desain atau gambar pada kalender didukung oleh teks, dan teks yang dicantumkan harus singkat, padat, dan jelas.

4. Design yang Unik

Buatlah sebuah kalender yang memiliki desain yang unik. Kalender yang memiliki desain yang unik, akan meninggalkan kesan kuat dan akan disukai oleh orang yang memajangnya. Desain kalender perusahaan dapat juga menonjolkan portofolio perusahaan, seperti produk dan/atau jasa yang yang paling popular milik perusahaan anda yang sudah dan akan dijalankan perusahaan Anda.

5. Praktis dan Mudah Disimpan

Terakhir, komponen penting dalam desain kalender perusahaan adalah nilai praktisnya. Gunakan ukuran dan jenis kertas dalam pembuatan kalender yang berkualitas. Kalender yang berukuran terlalu besar, memakan tempat harus dihindari. Jenis kertas yang dipilih juga harus tepat, serta harus mendukung desain, dan menyediakan space kosong untuk catatan pendek atau stiker pengingat.

Jasa Desain & Cetak Kalender Perusahaan

Demikianlah beberapa faktor komponen penting desain kalender perusahaan yang wajib Anda perhatikan.

Selanjutnya, akan sangat disayangkan jika desain kalender Anda sudah bagus menarik, namun tidak didukung dengan kualitas cetak yang bagus. Maka konsultasikan dengan SOOCADESIGN sebagai jasa desain & cetak kalender perusahaan yang berpengalaman.

Klik pada kontak di bawah untuk bisa langsung terhubung dengan tim marketing kami:

JASA DESAIN & CETAK KALENDER PERUSAHAAN

Download Company Profile

Kategori