alasan perusahaan melakukan rebranding

10 Alasan Perusahaan Melakukan Rebranding

Pernahkah anda mendengar tentang rebranding? Ada cukup banyak perusahaan ataupun brand besar yang melakukan rebranding ini, salah satu contoh perusahaan yang melakukan rebranding yaitu instagram yang pernah mengubah warna dari logonya.

Lalu, apa itu rebranding? Rebranding adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menetapkan identitas atau wajah baru dari perusahaan seperti nama, desain, maupun logo untuk mengubah citra merek yang ada atau membuatnya dikenal berbeda dari sebelumnya. Rebranding ini sendiri merupakan branding baru dari brand atau merek yang sudah ada dan dikenal oleh masyarakat sebelumnya.

10 Alasan Perusahaan Melakukan Rebranding

10 alasan perusahaan melakukan rebranding.png
Image Source: Unsplash

Bukan untuk menciptakan brand baru, salah satu tujuan dari rebranding sendiri adalah untuk memberikan kesan baru pada brand yang sudah ada, hal ini dapat membuat brand bersiang di pasar yang terus berubah seiring berjalannya waktu. Lantas apa saja alasan perusahaan melakukan rebranding? Dibawah ini anda dapat melihat 10 alasan tersebut.

1. Reputasi buruk perusahaan

Terkadang identitas merek dari perusahaan ternyata berdampak buruk bagi perusahaan, hal ini mengharuskan perusahaan untuk melakukan rebranding agar dapat memperbaiki citra brand yang tidak baik tersebut.

2. Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi dengan banyaknya hal canggih yang kita gunakan saat ini membuat banyak strategi dan ide visual yang baru mulai bermunculan. Maka itu perusahaan perlu melakukan rebranding karena dulu sebelum teknologi semaju sekarang, brand yang berkembang melalui digital sangat tak terbatas.

3. Perusahaan melakukan merger

10 alasan perusahaan melakukan rebranding
Image Source: pexels.com

Disaat perusahaan sedang mengalami masa yang sulit, terkadang perusahaan akan melakukan merger dengan perusahaan lain yang memiliki keuangan lebih baik. Ketika hal tersebut terjadi, maka dua perusahaan pasti menginginkan jati diri untuk perusahaan yang baru tersebut. Rebranding diperlukan untuk memperbarui strategi pemasaran.

4. Merubah target pasar

Target perusahaan bisa saja berubah ataupun bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Strategi rebranding diperlukan untuk merangkul pelanggan baru dengan menjalankan inovasi baru seperti produksi produk baru, kemasan yang baru hingga desain logo atau karakteristik baru.

5. Perubahan kepemilikan

rebranding perusahaan
Image Source:
unsplash.com

Umumnya karena perusahaan melakukan merger dengan perusahaan lain, kepemilikan dapat berubah juga. Perubahan kepemilikan perusahaan bisa menjadi alasan perusahaan melakukan rebranding karena pemilik yang baru tersebut dapat membawa ide-ide baru ke perusahaan.

6. Perubahan misi

Dengan perubahan kepemilikan atau perubahan jajaran direksi dengan karyawan yang lebih muda biasanya perusahaan akan memerlukan rebranding karena berubahnya juga misi dari perusahaan. Namun misi perusahaan juga bisa berubah karena perusahaan ingin lebih dekat dengan masyarakat atau untuk menjaga posisi perusahaan ditengah persaingan bisnis.

7. Kompetisi

Mungkin saja brand perusahaan terlalu mirip dengan perusahaan lain yang membuat salah satu dari perusahaan tersebut perlu melakukan rebranding. Selain untuk menghindari pidana, rebranding juga dapat membantu perusahaan merebut pasar atau menciptakan pasar baru.

8. Pelokalan dari brand

Rebranding perusahaan diperlukan ketika perusahaan ingin membuka cabang di Negara lain. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat berjalan di Negara tersebut. Mungkin saja nama brand perusahaan di Negara tersebut dapat diasosiasikan kepada hal yang salah atau adanya nama brand yang mirip dengan nama brand dari perusahaan tersebut di Negara lain itu.

9. Modernisasi visual

desain logo untuk rebranding perusahaan
Image Source: unsplash.com

Hal paling umum yang menjadi alasan dari perusahaan untuk melakukan rebranding adalah karena brand memerlukan perubahan visual sesuai dengan berjalannya waktu. Mungkin saja pada awal dibentuk, identitas visual dari perusahaan sangat kuno di masa sekarang. Seperti salah satu perusahaan Indonesia yang melakukan rebranding dengan mengganti visual dengan lebih modern dan simple yaitu Telkom Indonesia.

10. Repositioning

Repositioning sering dilakukan karena produk atau servis diganti seiring dengan berjalannya waktu. Dengan rebranding, perusahaan dapat mencapai serta terhubung dengan pelanggan baru. Bukan mengganti identitas visual, namun perusahaan mengganti strategi, pesan dan cara komunikasi seperti mengganti slogan perusahaan.

Berikut tadi informasi mengenai alasan perusahaan melakukan rebranding. Apabila anda ingin memperbanyak pengetahuan anda tentang branding, maka anda dapat membaca artikel lainnya pada Soocadesign untuk memperluas pengetahuan anda.

 

 

Referensi :

accurate.id/bisnis-ukm/rebranding/

dreambox.id/blog/branding/alasan-anda-perlu-melakukan-rebranding/#tujuan-re-branding

kemazan.com/blog/10-alasan-perusahaan-melakukan-rebranding/

GRATIS Mini Course

Kategori