Pentingnya Strategi Pemasaran Produk Makanan

Kalau membicarakan bisnis, tidak cukup dengan memiliki modal saja untuk mendirikannya, atau tidak hanya seputar seberapa berkualitas produk yang Anda ciptakan. Anda juga memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Pasalnya, tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, sebaik apapun rasa, desain kemasan produk bahkan desain company profile dari bisnis kuliner Anda, konsumen mungkin saja tetap sulit mengenalinya. Pemasaran sendiri sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk Anda sekaligus meningkatkan angka penjualan.

Strategi Pemasaran Produk Makanan

Photo by Kaleidico on Unsplash

Nah, salah satu sentra bisnis yang hingga kini masih saja diminati adalah bisnis kuliner. Katanya, bisnis makanan menjadi sektor usaha yang tidak akan mati, karena menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia, makan. Meski begitu, Anda mungkin menemukan beberapa sentra kuliner yang gulung tikar. Alasannya bukan karena tidak laku, tetapi lebih karena tidak memiliki strategi pemasaran produk makanan yang tepat, sehingga kalah saing dengan bisnis manakan lain yang memiliki inovasi lebih mumpuni.

Agar bisnis Anda tidak mengalami kebangkrutan dan tetap bisa bersaing di tengah pesatnya perkembangan binsis kuliner, berikut beberapa strategi pemasaran produk makanan yang bisa diterapkan:

Buat Produk yang Unik dan Variatif

Inovasi, kreativitas, dan keunikan masih menjadi tiga hal yang sangat menentukan penilaian konsumen terhadap suatu produk, termasuk makanan. Anda perlu ingat bahwa makanan memang sangat beragam, pun pesaing Anda akan produk serupa pastinya sangat banyak. Lalu, apa yang membuat suatu produk bisa unggul dan bisa menarik perhatian pelanggan? Tentu saja keunikannya.

Keunikan ini bukan hanya dari bentuknya. Anda bisa membuat inovasi dari segi pengemasan, rasa, harga, penyajian, hingga cara mempromosikan produk tersebut. Jangan lupa, varian atau jenis dari makanan, jangan sampai Anda hanya berfokus pada satu jenis makanan. Buatlah variasi baru yang bisa menarik minat pelanggan, karena banyaknya variasi akan membuat pelanggan punya lebih banyak pilihan.

Desain Kemasan Produk Harus Menarik

Tidak hanya rasa atau keunikan lainnya, desain kemasan produk pun turut berpengaruh pada daya tarik masyarakat untuk melakukan pembelian. Tidak harus mahal kok, sekali lagi, kreativitas dan keunikan Anda sebagai pemilik bisnis diuji. Namun, jangan sampai lupa, sesuaikan kemasan dengan pasar. Misalnya, produk makanan dengan kemasan lucu biasanya lebih menarik minat pasar anak-anak.

Selain pemilihan bahan dan desain kemasan produk, pada kenyataannya desain company profile juga memainkan peran. Biasanya, bahan kemasan yang bisa di daur ulang atau dimanfaatkan untuk hal lainnya setelah digunakan lebih diminati karena mampu mengurangi penumpukan sampah. Lalu, desain yang didukung dengan cara pengemasan yang berbeda dengan produk pesaing juga akan memberikan nilai lebih pada produk Anda. Sedangkan desain company profile akan menambah kepercayaan calon pelanggan atau bahkan calon investor.

Lakukan Tester atau Uji Coba

Sebelum memutuskan untuk menjual produk, melakukan uji coba atau testing untuk produk makanan menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Uji coba ini bisa dimulai dari memberikan produk secara cuma-cuma pada keluarga, kerabat, atau beberapa teman dekat. Jangan lupa, setelahnya, mintalah kritik dan saran tentang rasa, pengemasan, atau bisa juga desain produk Anda.

Anda juga bisa melakukan uji coba produk dengan berpartisipasi dalam beberapa acara publik, seperti olahraga, demo masak, atau bazaar. Berikan potongan harga untuk menarik banyak pelanggan baru. Jangan lupa, minta pengunjung ikut memasarkan produk Anda kepada orang lain. Anda juga bisa menyertakan kartu nama atau selebaran yang berisikan informasi terkait produk makanan tersebut.

Related post: 7 Hal Penting Pada Desain Kemasan Produk

Gencar Melakukan Promosi

Semua bisnis punya cara promosi masing-masing. Namun, tidak ada yang lebih baik selain melalui media sosial. Pasalnya, pesatnya perkembangan teknologi memang membuat masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi, baik berita, perkembangan dunia terkini, hingga produk-produk terbaru. Tidak heran jika media sosial saat ini berperan besar dalam mendukung strategi pemasaran produk makanan.

Nah, inilah kesempatan Anda untuk memasarkan produk dan mengenalkannya pada masyarakat. Facebook dan Instagram menjadi langkah awal yang tepat. Pastikan Anda membuat profil dengan informasi selengkap mungkin. Lakukan brand awareness untuk membuat pelanggan mengetahui lebih jauh mengenai produk Anda. Unggah konten pada laman media sosial lebih sering, lebih baik lagi kalau Anda menyisipkan giveaway atau potongan harga untuk pembelian pertama.

Satu lagi, jika ingin merambah pasar yang lebih luas dan potensial, maka sediakanlah desain company profile yang profesional. Nantinya desain company profile dapat menjadi alat promosi yang efektif dan efisien. Di dalamnya, Anda bisa menambahkan berbagai informasi seperti sejarah bisnis, daftar jasa dan produk, portofolio, dan lain sebagainya.

Bergabung dalam Komunitas Kuliner

Selain menggunakan media sosial, strategi pemasaran produk makanan lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu promosi produk makanan melalui komunitas pencinta kuliner. Ini akan membuat jaringan Anda berkembang menjadi lebih luas, masukan menjadi lebih beragam dan hadir langsung dari penikmat makanan yang telah lebih tinggi jam terbangnya.

Tidak hanya itu, melalui komunitas atau grup kuliner yang Anda ikuti, bukan tidak mungkin Anda akan bertemu dengan para pemasok bahan yang tepat dan bisa menjalin kerja sama, sehingga kualitas produk makanan pun bisa lebih ditingkatkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan desain company profile terbaik dari bisnis kuliner Anda. Sehingga Anda akan selalu siap jika kapan saja bertemu dengan calon pelanggan atau calon partner usaha yang potensial.

Sudah pasti, setiap bisnis pun memiliki pasang surutnya. Tidak selalu mencapai keuntungan menjanjikan, tetapi tidak juga mengalami kerugian signifikan. Kembali lagi, bagaimana strategi Anda untuk bisa bersaing dan mendapatkan perhatian masyarakat.

Dan satu lagi, apabila saat ini Anda sedang mencari jasa desain kemasan produk atau jasa desain company profile yang profesional, berpengalaman dan terpercaya, segera hubungi tim Sooca Design ya!

Semoga informasi tentang strategi pemasaran produk makanan diatas dapat bermanfaat bagi semua pembaca, selamat mencoba!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.