Masih sepi peminat, pembuatan desain laporan berkelanjutan (sustainability report) di Indonesia memang belum dinilai sebagai kebutuhan primer bagi perusahaan. Contohnya, terhitung dari top 100 perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta (BEI) hanya ada 30% perusahaan yang melakukan pembuatan desain laporan berkelanjutan (SR) pada tahun 2016. Selain desakan dari para investor, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga membuat peraturan tentang kewajiban pembuatan sustainability report bagi beberapa perusahaan.

Panduan Pembuatan Desain Laporan Keberlanjutan Bagi Sebuah Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk menyewa jasa desain laporan keberlanjutan, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang panduan pembuatan laporan keberlanjutan atau Sustainability Reporting Guidelines diisi dengan beberapa informasi penting seperti berikut ini :

  • Profil perusahaan
  • Profil pelaporan
  • Cakupan dan batasan pelaporan
  • Tata kelola perusahaan
  • Keterlibatan stakeholders (pemangku kepentingan)
  • Indikator aspek kinerja perekonomian
  • Indikator aspek kinerja lingkungan, ketenagakerjaan dan SDM
  • Aspek perlindungan kepada nasabah
  • Dll

Meski sekilas isi dari laporan keberlanjutan nampak mirip dengan annual report atau laporan tahunan, tapi bukan berarti proses penyusunan laporan keberlanjutan ini dapat secara keseluruhan langsung menyadur isi dari laporan tahunan perusahaan. Inilah pentingnya Anda untuk menyewa jasa pembuatan desain laporan keberlanjutan yang memang ahli di bidangnya.

Pembuatan Desain Laporan Berkelanjutan Dapat Membantu Tingkatkan Nilai Perusahaan

Pembuatan Desain Laporan Berkelabjutan Untuk Perusahaan

Pembuatan laporan keberlanjutan dapat memicu penilaian reputasi yang lebih baik dari pihak masyarakat dan investor. Apabila reputasi ini terus terjaga, maka perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan penanaman investasi dari berbagai investor dalam maupun luar negeri.

Baca juga : Kapan Waktu Yang Tepat Mengerjakan Annual Report?

Tidak hanya itu, dengan membuat desain laporan berkelanjutan maka perusahaan juga akan lebih mudah mendapatkan license to operate dari masyarakat sosial ekonomi. Hal ini dikarenakan adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih matang dan terstruktur. Sehingga, proses operasional perusahaan pun akan mendapat lebih banyak persetujuan dari masyarakat sekitar. Meskipun awalnya pemerintah hanya menetapkan kewajiban laporan keberlanjutan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), namun mulai tahun ini dan tahun-tahun kedepan kewajiban tersebut juga berlanjut ke ranah private company.

Sooca Design – Jasa Pembuatan Desain Laporan Berkelanjutan Unggulan

Sebagai agensi desain unggulan, Sooca Design menyediakan jasa pembuatan desain laporan berkelanjutan untuk perusahaan. Memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dan berkompeten, Sooca Design mampu bekerjasama dengan baik dalam menyediakan jasa pembuatan desain laporan keberlanjutan yang berkualitas sebagaimana dibutuhkan perusahaan Anda. Segera hubungi tim marketing Sooca Design via kontak disini. Ayo tingkatkan nilai perusahaan Anda melalui pembuatan desain laporan keberlanjutan bersama Sooca.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat