Kemasan merupakan satu bagian penting yang sangat mempengaruhi tingkat ketertarikan calon konsumen terhadap suatu barang atau brand. Oleh karena itu, produsen harus cermat dalam mempertimbangkan tampilannya. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebuah jasa desain kemasan profesional Jakarta, agar mampu merancang suatu tampilan kemasan yang catchy dan mengundang daya beli? Berikut tipsnya.

1. Tentukan Konsep dan Rancangan Sementara

Ada 3 jenis kemasan berdasarkan barangnya, yaitu kemasan luar, kemasan dalam, kemasan produk, atau bahkan ketiganya. Apa pun metode penjualannya, baik itu secara online maupun offline, jasa desain kemasan profesional Jakarta harus memiliki konsep desain yang sesuai dengan brand.

Tak hanya sekadar merancang, desain kemasan haruslah mencerminkan identitas dari brand dan sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Jika sudah menemukannya, langkah berikutnya hanya mengeksekusi dengan desain yang unik dan menarik.

2. Pertimbangkan fungsinya

Fungsi di sini menuju pada pemilihan kata-kata. Ternyata, tidak semua kata yang terdengar bagus akan menghasilkan efek yang sama bagi orang lain., terlebih calon konsumen. Seperti halnya konsep, typography yang dipilih haruslah sesuai dengan fungsi dari brand.

3. Pertimbangkan Kegunaan Produk di Tangan Konsumen

Kemasan produk yang dirancang perusahaan harus mampu meningkatkan nilai user experience, sehingga jasa desain kemasan profesional Jakarta pun perlu mempertimbangkan dengan cermat nilai guna produk sebelum mendesain gambar dan bentuknya.

Agar lebih mudah, sebelum membuat rancangan, perusahaan atau pun jasa desain bisa melakukan riset pasar dahulu, terlebih untuk produk-produk dengan nilai guna yang sama. Dari sini, perusahaan akan bisa menilai kompetitor dan menghasilkan inovasi serta ide terbaru agar produk tersebut memiliki nilai guna yang lebih tepat.

4. Pastikan Desain yang Digunakan Unik dan Menarik

Setiap jenis produk tentu memiliki pesain atau kompetitor, sehingga penting untuk setiap produsen membuat kemasan seunik dan semenarik mungkin agar produk mereka tampak menonjol saat dipasarkan. Akan tetapi, untuk membuatnya lebih mencolok, bukan berarti harus menggunakan warna-warna terang atau pun copy yang nyentrik. Keunikan ini lebih ke arah tampilan, yang menjadikan produk terlihat berbeda.

5. Pilih Material yang Efisien

Tips terakhir adalah memilih material kemasan yang mengurangi penumpukan limbah atau bisa dimanfaatkan menjadi benda lain yang lebih berguna ketika isinya telah digunakan. Bukan hanya karena masyarakat mulai sadar lingkungan, pemilihan material yang tepat guna justru mampu menekan biaya produksi. Ada beberapa cara pengurangan limbah yang bisa diterapkan, seperti memilih material daur ulang atau mengurangi berat dan ukuran produk beserta kemasannya.

Di ibu kota, tidak sulit untuk menemukan jasa desain kemasan profesional Jakarta yang terbukti profesional dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas. Sooca Design Agency salah satunya. Sooca melayani pembuatan desain kemasan untuk segala jenis produk juga aneka merchandise. Hubungi Sooca melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat