Seiring berkembangnya mekanisme pelaporan, kini perusahaan tidak hanya membuat laporan untuk aspek kuantitatif saja, namun juga mewujudkan mekanisme pelaporan non kuantitatif seperti laporan berkelanjutan (sustainability reporting). Berbeda dengan sistem sukarela (voluntary) tahun lalu, mulai tahun 2019 OJK sudah menetapkan kewajiban penyerahan laporan sustainability bagi beberapa organisasi. Dan berikut adalah daftar peringkat sustainability report perusahaan di Indonesia pada tahun 2018 seperti yang telah dimuat pada data National Center For Sustainability Reporting (NCSR) :

Daftar Peringkat Sustainability Report Perusahaan di Indonesia Tahun 2018

Melalui sustainability report atau laporan berkelanjutan, publik dapat melihat kontribusi dari sebuah perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sustainability report perusahaan juga mencerminkan akuntabilitas dalam menjalankan bisnis secara bertanggung jawab. Nantinya, baik pemangku kepentingan (stakeholders) dan masyarakat terkait dapat mengevaluasi implementasi pada perusahaan tersebut.

Dengan demikian, Pusat Nasional untuk Laporan Keberlanjutan (NCSR) menyelenggarakan sebuah ajang penghargaan bagi para perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan. Acara tersebut yaitu Penghargaan Pelaporan Keberlanjutan (SRA) yang digelar setiap tahun sejak periode 2005 lalu. Selain untuk memotivasi perusahaan, penghargaan ini juga diberikan guna mempercepat keberlanjutan pelaporan perusahaan dengan menghargai usaha untuk mengkomunikasikan kinerja bisnis mereka ke dalam tiga aspek (ekonomi, sosial dan lingkungan). Sedangkan pada tahun 2018, untuk pertama kalinya NCSR memprakarsai perhelatan Peringkat Asia Sustainability Reporting Rating (ASRR), yang sebelumnya dikenal dengan ajang Sustainability Reporting Awards (SRA). Penghargaan yang diberikan tergantung pada hasil sustainability perusahaan yang dinilai berdasarkan peringkat platinum, emas, perak / perunggu). Berikut adalah data peringkat lengkap dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membuat laporan keberlanjutan.

Daftar Peringkat Sustainability Report Perusahaan

Jasa Pembuatan Desain Laporan Keberlanjutan 2019

Tidak hanya perihal kewajiban, laporan keberlanjutan juga dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Diantaranya adalah meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata para pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Keberadaan sustainability perusahaan ini juga mampu menguatkan keberimbangan perusahaan dengan pihak-pihak terkait yang berada dalam lingkup ekonomi, sosial dan lingkungan.

Memasuki pertengahan tahun 2019, sudah saatnya Anda bergerak cepat untuk mencari agensi profesional yang menyediakan layanan jasa pembuatan laporan keberlanjutan. Adalah Sooca Design, sebuah agensi desain berpengalaman dan terpercaya di bidangnya. Tidak hanya menyediakan layanan desain annual report, Sooca Design juga menghadirkan jasa pembuatan laporan berkelanjutan yang menggunakan teknik desain visual unggulan. Tunggu apa lagi, segera klik disini untuk dapat terhubung dengan tim marketing kami.

 

Source : NCSR

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat