Konten yang Harus Ada pada Kemasan Produk

Membuat kemasan untuk makanan ringan yang sedang kita produksi, membutuhkan ketelitian dalam membuatnya. Ada beberapa hal yang penting untuk dicantumkan dalam kemasan produk yang Anda buat. Sebelum Anda memustuskan untuk membeli sebuah produk, pastinya Anda akan melihat hal-hal penting yang tercantum dalam kemasan tersebut. Begitu juga pembeli lainnya, mereka akan melihat info-info spesifik dalam kemasan produk Anda sebelum membelinya. Oleh karena itu, pentingnya memperhatikan apa saja yang dicantumkan dalam kemasan produk Anda.

Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam Kemasan Produk?

Konten yang Harus Dicantumkan dalam Kemasan Produk

1. Nama produk

Hal pertama yang penting dicantumkan dalam kemasan adalah nama produk, yang terdiri dari nama jenis olahan dan nama dagang. Nama jenis olahan harus menunjukkan karakteristik spesifik dengan kategori produk. Dalam nama dagang dapat berupa gambar, logo, kata, atau bentuk lainnya. Keberaan lebel produk diibaratkan sebagai tanda pengenal dari pesaing Anda.

2. Berat bersih produk

Mengingat produk bisa dikemas dalam berbagai ukuran, maka penting bagi Anda untuk mencantumkan berat bersih produk pada kemasan. Sebab, selain memperhatikan kualitas produk, sebagian konsumen juga mempertimbangkan kuantitas produk di setiap kemasan makanan. Contoh penulisan berat bersih atau isi bersih untuk produk padat ditulis menggunakan satuan milligram (mg), gram (g), atau kilogram (kg) dan produk cair ditulis menggunakan satuan milliliter (mL) atau liter (L).

3. Informasi lengkap pihak yang memproduksi atau mengimpor

Baik itu produk dalam negeri maupun produk luar negeri, kemasan harus mencantuman nama dan alamat yang memproduksi atau mengimpor dengan jelas.

4. Komposisi atau bahan yang digunakan

Selanjutnya hal yang perlu Anda cantumkan adalah komposisi atau daftar bahan yang digunakan selama proses produksi berlangsung dengan lengkap. Pencantuman daftar bahan yang digunakan harus dicantumkan dalam kemasan dengan jujur. Ini penting bagi konsumen yang mempunyai alergi dalam jenis bahan tertentu, sehingga sebagai pelaku usaha tidak hanya mementingkan diri sendiri tetapi juga memperhatikan keamanan dan kenyamanan orang lain. Anda juga bisa mencantumkan presentase takaran bahan yang digunakan. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk Anda.

5. Lengkapi dengan legalitas

Legalitas atau perizinan produk juga perlu dicantumkan dalam kemasan produk Anda, seperti izin yang dilekuarkan BPOM RI, izin halal dari MUI, nomor izin edar, dan yang lainnya.

6. Tanggal kadaluarsa

Keterangan tanggal kadaluarsa produk merupakan batas akhir suatu produk dijamin mutunya, sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjung yang diberikan produsen. Contoh penulisan tanggal kadaluarsa pada label makanan “Baik digunakan sebelum….”. Salah satu strategi penjualan yang biasanya dilakukan adalah menjual produk yang mendekati masa kadaluarsa dengan memberikan diskon, agar produk segera laku dan menekan kerugian.

7. Tanggal dan kode produksi

Kode produksi biasanya dapat disertai dengan atau berupa tanggal produksi yang meliputi tanggal, bulan, tahun pembuatan. Seringkali keterangan tempat pencantuman kode produksi dapat berupa: “Kode Produksi, lihat bagian bawah kaleng” atau “Kode Produksi, lihat pada tutup botol”.

8. Asal usul bahan tertentu atau proses produksi khusus

Jika produk Anda memiliki keunikan atau keunggulan tersendiri, Anda bisa mencantumkan keterangannya pada kemasan produk Anda. Mulai dari bahan tertentu ataupun cara produksi yang jarang ditemukan pada produk lainnya. Hal ini bisa membuat calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda jual.

Baca juga: 5 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Sukses

Nah itulah beberapa konten yang harus dicantumkan dalam kemasan produk Anda. Fungsi kemasan bukan hanya sebagai pelindung dari produk Anda, tetapi juga bida digunakan sebagai sarana promosi untuk produk Anda. Saat ini banyak bermunculan kemasan produk dengan desain yang unik, mulai dari bentuk hingga gambar kemasannya. Karena dengan desain kemasan yang unik, maka dapat menarik perhatian pembeli.

Jika Anda membutuhkan jasa desain grafis kami, Sooca Design siap membantu Anda dalam mendesain kemasan produk yang menarik. Hubungi kami di sini. Kunjungi juga akun instagram kami di @soocadesign.

Sumber :

http://bisnisukm.com/7-hal-yang-perlu-dicantumkan-pada-label-makanan.html

https://smartlegal.id/hki/merek/2020/06/03/apa-aja-sih-yang-harus-dicantumkan-dalam-label-kemasan-pangan-olahan/

GRATIS Mini Course

Kategori