4 tips menyusun laporan tahunan perusahaan

4 Tips Menyusun Laporan Tahunan Perusahaan

Apakah Anda baru saja mendapatkan promosi dan dipercaya oleh Direksi untuk menyusun laporan tahunan perusahaan? Selamat, Anda berada di jalan yang tepat dengan mengunjungi kami! Jadi, pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda mungkin adalah “apa itu laporan tahunan?” dan “mengapa laporan tahunan menjadi penting?” Memang tidak mudah untuk membuatnya, tetapi tidak perlu khawatir, karena SOOCADESIGN akan membagikan beberapa tips menyusun laporan tahunan perusahaan. Namun sebelumnya, mari kita bahas sedikit tentang pengertian laporan tahunan perusahaan.

Laporan tahunan adalah jenis laporan yang terdiri dari kemajuan dan pencapaian suatu perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Ini adalah kewajiban semua perusahaan di Singapura. Perusahaan diharuskan untuk mengajukan laporan tahunan mereka berdasarkan bagian 197 dari Companies Act (CA). Bagi yang terlambat menyampaikan laporan tahunan harus membayar denda keterlambatan. Apalagi, perusahaan yang terlambat atau tidak bisa mengirimkan laporan tahunannya akan mendapatkan sanksi hukum dari pemerintah. Tentu saja hal tersebut akan mengurangi kepercayaan publik dan menyebarkan masalah tentang citra perusahaan.

Laporan Tahunan merupakan salah satu alat untuk mengetahui kinerja dan hasil yang dicapai atas pelaksanaan kegiatan dalam satu tahun. Dari laporan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengukur tingkat keberhasilan. Mulai dari acuan untuk mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan sebelumnya, dan bahan penting untuk mempersiapkan kegiatan untuk perencanaan ke depan.

Tips Menyusun Laporan Tahunan Perusahaan

jasa penyusunan laporan tahunan perusahaan
Photo by UX Indonesia on Unsplash

Agar tidak kesulitan, ada baiknya Anda mengetahui tentang beberapa tips menyusun laporan perusahaan. Pada dasarnya, Anda dapat menerapkan sistem manajemen terpadu, yaitu menerapkan pola kegiatan yang dimulai dengan:

1. Membuat Perencanaan;

Tips menyusun laporan tahunan perusahaan yang pertama adalah membuat perencanaan. Buatlah garis besar tentang apa target dan tujuan yang telah dibuat perusahaan sebelum tahun berjalan.

2. Melakukan Realisasi;

Kedua, tips menyusun laporan tahunan perusahaan selanjutnya adalah realisasi. Catat data aktual perusahaan serta pencapaian apa saja di tahun berjalan.

3. Laporan Tahunan (hasil);

Setelah itu, tuliskan hasil dari apa yang direncanakan dan apa yang direalisasikan.

4. Menjalankan Evaluasi (terhadap pelaksanaan kegiatan);

Terakhir, tips menyusun laporan tahunan perusahaan keempat ialah evaluasi. Proses analisis merupakan hal terpenting yang menunjukkan kesenjangan antara perencanaan dan realisasi. Jika terjadi kerugian maka harus dicari sebab dan akibatnya, serta jika perusahaan dapat mencapai target perusahaan atau dapat meningkatkan laba yang melebihi harapan, maka diteliti juga faktor-faktor apa saja yang mendukung pencapaian tersebut untuk perencanaan ke depan.

Pada awalnya, semua aktivitas mungkin tampak hanya berjalan begitu saja. Namun jika dicermati, umumnya mereka secara alami menerapkan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan perencanaan dan evaluasi hasil yang dicapai.

Untuk melihat keberhasilan pelaksanaan kegiatan, maka diperlukan laporan tahunan (hasil) pelaksanaan kegiatan. Dari laporan ini dapat dilihat kinerja kerjasama tim (organisasi/perusahaan), apakah kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana, berapa persen output yang dicapai, bagaimana hasilnya dan apa dampak yang akan ditimbulkan, masa depan, serta hal-hal lain, yang semuanya dapat dibaca dari laporan tahunan.

tips menyusun laporan tahunan perusahaan
Created by Soocadesign

Dalam membuat, menyusun dan menyajikan laporan (hasil) pelaksanaan kegiatan/operasi, laporan tahunan harus dibuat secara komprehensif dan informatif. Padahal, bagaimana kita mengolah data sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh semua pihak tanpa menimbulkan efek bias. Artinya, informasi (data dan angka) yang dimuat dalam laporan tahunan harus disusun secara sistematis.

Dan jangan lupa! Salah satu hal terpenting dalam tips menyusun laporan tahunan perusahaan adalah bukan hanya karena merupakan salah satu kewajiban perusahaan kepada lembaga jasa yaitu ACRA sebagai lembaga jasa laporan tahunan, tetapi dengan membuat laporan tahunan perusahaan yang prima dan luar biasa, juga akan meningkatkan kinerja perusahaan di ranah publik.

Apakah Anda berencana untuk menggunakan jasa penyusunan laporan tahunan profesional? SOOCADESIGN siap membantu dengan senang hati.

Tidak hanya proses desainnya saja, tetapi kami menyediakan jasa penyusunan laporan tahunan profesional yang lengkap mulai dari penulisan, desain, foto, hingga cetak.

Ingin mendapatkan penawaran jasa penyusunan laporan tahunan profesional yang spesial dari SOOCADESIGN? Klik DI SINI sekarang juga.

GRATIS Mini Course

Kategori