tips warna desain kemasan minuman

Efektif! Ini Tips Memilih Warna Desain Kemasan Minuman

Ingin tahu apa warna apa yang paling cocok dengan desain kemasan minuman dari produk Anda? Tentu harus berhati-hati dalam menentukannya, ini bisa menjadi salah satu pilihan terpenting yang Anda buat tentang kemasan minuman Anda. Perlu diingat juga, memilih warna desain kemasan minuman dapat sangat memengaruhi brand Anda dan berpeluang besar dalam menentukan tingkat penjualan produk Anda.

Tentu saja ini bukan hanya berbicara perihal warna favorit atau tebakan asal semata. Masalah pemilihan warna merupakan studi yang kompleks tentang sifat manusia, persaingan pasar, dan psikologi. Ketika membuat sebuah brand dan produk, perusahaan umumnya akan berkonsultasi pada spesialis pemasaran dan desain grafis untuk membantu mereka menentukan pilihan yang terbaik.

Seringnya adalah, kita mencoba untuk memaksakan warna favorit atau warna yang kita anggap bagus untuk menjadi warna desain kemasan minuman. Memang, memberi pilihan pada desainer tentang selera warna pribadi tidak ada salahnya, tetapi bersiaplah berkonsultasi secara profesional jika ingin mendapatkan hasil yang efektif dan memuaskan. Namun sebelum melangkah lebih jauh, mari ketahui tentang beberapa tips memilih warna desain kemasan minuman.

Warna merupakan representasi visual dari brand Anda, serta merupakan bagian integral dari sebuah kemasan produk. Terbukti, 85% konsumen membeli produk berdasarkan warna yang mereka lihat pada tampilan desain kemasannya. Warna adalah salah satu daya tarik utama sebuah kemasan ketika ingin menarik konsumen dan tidak boleh dianggap enteng dalam sebuah keputusan branding produk. Berikut beberapa aspek “marketing” yang perlu dipikirkan dalam menentukan warna:

1. Apakah palet warna Anda membuat produk Anda lebih “menonjol” dari pesaing?

2. Apakah kemasan Anda terlihat sesuai dengan usia dan jenis kelamin dari target audiens Anda?

3. Apakah yang warna Anda katakan tentang branding produk Anda?

Tips Memilih Warna Desain Kemasan Minuman

Tak bisa dipungkiri, warna adalah hal yang “menggugah”. Warna memiliki kekuatan tersendiri untuk menimbulkan perasaan dan pikiran tersendiri, baik secara positif maupun negatif. Pengalaman seseorang sering membentuk reaksi terhadap berbagai warna. Termasuk ketika hendak membeli produk minuman.

Karena itu, informasi tentang tips memilih warna desain kemasan minuman sangatlah dibutuhkan sebelum berkonsultasi pada jasa desain kemasan produk profesional. Pada akhirnya, warna pada desain kemasan minuman Anda harus mampu berkontribusi pada kecocokan branding dan target konsumen. Terlebih di era digital, produk Anda perlu tampil “berbeda” dari kompetitor dan menarik perhatian pembeli potensial. Berikut adalah beberapa tips memilun warna desain kemasan minuman yang dapat membantu Anda:

1. Ketahui Siapa Pelanggan Anda

3 tips warna desain kemasan minuman
Image Source by worldbranddesign

Usahakan untuk menempatkan pola pikir pelanggan Anda di garis depan dalam mengambil setiap keputusan tentang warna desain kemasan minuman. Baik itu usia, jenis kelamin, status ekonomi, atau tingkat pendidikan mereka, tempatkan diri Anda pada posisi konsumen untuk melihat apa yang memotivasi mereka untuk membeli produk minuman Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan preferensi budaya dan makna dari target pasar Anda sebelum membuat pilihan warna desain kemasan minuman.

2. Ketahui Pesan Apa yang Ingin Anda Sampaikan

mengenal 3 tips warna desain kemasan minuman
Image Source: Bpando

Apa tujuan akhir ketika konsumen membeli produk Anda? Pesan apa yang Anda ingin kemasan Anda sampaikan ke pembeli? Apakah pesan yang bersifat menghibur, menyenangkan, atau konservatif? Apakah ingin mengangkat tentang tema kesehatan dan kebugaran, atau apakah digunakan untuk membuat pelanggan merasa tertarik atau membantu mengatasi suatu masalah seperti diet misalnya? Apakah pesan tentang keesklusifan, seperti limited edition? Apapun yang ingin disampaikan, pastikan warna desain kemasan Anda dapat mengirim pesan yang tepat.

3. Memilih Warna Desain Kemasan Minuman Dengan Bantuan Ahlinya

jasa desain kemasan minuman
Image Source: Packaging of the world

Tentu saja warna merupakan faktor penting dalam keseluruhan desain produk, dan Sooca Design percaya bahwa desain kemasan minuman yang menarik dapat merangsang panca indera konsumen dan mempengaruhi psikologisnya untuk mau membeli produk Anda. Tapi memang bukan perkara mudah untuk mengerjakannya seorang diri.

Dengan senang hati, Sooca Design siap membantu Anda untuk memanfaatkan keuntungan ini dengan menciptakan solusi berupa jasa desain kemasan minuman profesional yang kreatif dan fleksibel. Dengan tim yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, kami menjamin hasil yang memuaskan untuk Anda.

Tertarik untuk mendapatkan penawaran spesial mengenai jasa desain kemasan minuman dari kami? Langsung saja klik DI SINI untuk segera mendapatkannya.

GRATIS Mini Course

Kategori