5 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Sukses

Bagaimana produk Anda dapat bersaing di pasar? Ada banyak produk dengan fungsi yang sama beredar di pasaran, namun bagaimana tips membuat desain kemasan Anda sukses? Anda bukan hanya membutuhkan desain kemasan yang menarik namun juga harus memiliki kemampuan menjual baik langsung (marketing) maupun tak langsung atau mudah diingat (branding). Dalam hal ini, loyalitas harus diciptakan melalui kemasan produk yang baik dan mudah diingat.

5 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Sukses

Tips Membuat Desain Kemasan Anda Sukses

Menerapkan langkah-langkah yang tepat dari awal akan membuat kesempatan desain kemasan Anda sukses semakin terbuka lebar. Berikut ini adalah tips membuat desain kemasan Anda sukses.

1. Lakukan pengamatan terhadap produk kompetitor

Melakukan pengamatan/penelitian menyeluruh dari semua pesaing di pasar Anda sebelum Anda mulai. Pastikan Anda memahami positioning dan ciri khas masing-masing, lalu buatlah sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan keadaan tempat yang akan menjadi tempat penjualan dari produk Anda.

2. Buatlah desain kemasan yang unik dan menarik

Tunjukkan faktor pembeda dan pastikan kemasan anda memiliki ciri khas visual dan memiliki personality yang kuat. Desain dengan ekuitas visual sendiri dan memiliki kepribadian yang kuat akan membuat produk anda menjadi lebih menarik.

3. Perhatikan aturan hukum tentang merek dagang dan hak cipta

Pastikan kemasan produk Anda tidak melanggar aturan merek dagang, hak cipta, dan yang lainnya. Melanggar hak pesaing Anda juga akan mengurangi ketertarikan masyarakat untuk membeli produk Anda.

4. Mockup produk Anda

Mockup adalah sebuah media visual atau preview dari sebuah konsep┬ádesain “datar” yang diberikan efek visual sehingga hasilnya sangat tampak atau menyerupai wujud nyata. Mockup dapat memberikan gambaran nyata dari sebuah konsep desain bagaimana konsep itu akan terlihat nantinya jika sudah diaplikasikan menjadi benda nyata apakah terlihat bagus atau kurang sesuai. (Lukmanul Hakim, 2018)

Anda juga bisa melakukan mockup bagaimana paket Anda akan terlihat bersama pesaing Anda.

5. Pilihlah jasa desain produk kemasan yang terpercaya

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan desain produk kemasan, pilihlah biro desain yang memiliki track record yang baik. Pastikan Anda cocok dengan mereka dan merasa Anda dapat bekerja dengan mereka.

Baca juga: Tips Membuat Desain Kemasan Menjadi Lebih Menarik

Nah itulah tips membuat desain kemasan Anda sukses. Jika Anda membutuhkan jasa desain kemasan, kami Sooca Design adalah pilihan yang tepat dalam mendesain kemasan produk Anda. Hubungi kami di sini.

Sumber: https://www.kompasiana.com/abineaisyumna/5addbe5b16835f63da68da45/kreasi-photoshop-melalui-mockup#:~:text=Mockup%20adalah%20sebuah%20media%20visual,jika%20sudah%20diaplikasikan%20menjadi%20benda

GRATIS Mini Course

Kategori