tips penyusunan laporan tahunan perusahaan non-listed

Tips Penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan Non-Listed

Sebelum masuk ke tips penyusunan laporan tahunan perusahaan non-listed, mungkin Anda masih bingung membedakan perusahaan listed dan non-listed, apa itu annual report, apa itu lembaga non-profit, annual report company versus group, atau lembaga layanan laporan perusahaan. Jangan khawatir, kali ini soocadesign akan membahasnya secara tuntas!

Perusahaan diharuskan untuk mengajukan laporan tahunan mereka berdasarkan Bagian 197 dari Companies Act (CA). Bagi setiap perusahaan yang terlambat mengajukan laporan tahunan harus membayar denda keterlambatan pelaporan dan mendapatkan tindakan hukum dari pemerintah. Laporan tahunan merupakan salah satu alat untuk mengetahui kinerja dan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan dalam satu tahun perusahaan. Baik perusahaan listed maupun perusahaan non-listed, atau BUMN juga diwajibkan untuk membuat laporan tahunan. Namun tentu dalam proses penyusunannya mungkin akan ada sedikit perbedaan.

Tips Penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan Non-Listed

tips penyusunan laporan tahunan perusahaan non-listed
Image Source: Freepik

Dalam membuat laporan tahunan perusahaan non-listed, Anda dapat menerapkan sistem manajemen terintegrasi, yaitu menerapkan pola kegiatan seperti membuat laporan tahunan untuk perusahaan yang terdaftar. Bedanya, Penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan Non Listed tidak memerlukan laporan Corporate Social Responsibility. Hal ini terjadi karena laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bersifat wajib dan menjadi kewajiban bagi Perusahaan Tercatat yang terdaftar di Singapore Exchange (SGX). Dalam artikel ini, kami menulis beberapa tips untuk menyusun laporan tahunan Perusahaan Non-Tercatat:

a. Tujuan yang Ditetapkan dengan Jelas

Tujuan laporan harus jelas bagi pembaca sejak awal. Tujuan harus dinyatakan dalam judul laporan tahunan perusahaan non-listed jika memungkinkan dan dimasukkan dalam pendahuluan. Identifikasi apakah tujuannya adalah untuk membujuk pembaca melakukan sesuatu. Juga harus dicatat dengan jelas apakah informasi masa lalu atau prediksi masa depan akan diberikan sebagai bukti untuk mendukung poin-poin laporan. Ini adalah kualitas yang membedakan dari laporan yang baik.

b. Laporan Bisnis

Laporan bisnis datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan ketika mempertimbangkan fitur laporan bisnis, Anda harus menyusun laporan dengan cara yang paling baik untuk menyampaikan informasi. Salah satu fitur yang dimiliki hampir semua laporan adalah ringkasan eksekutif. Bagian pada laporan bisnis ini biasanya berupa satu halaman yang menguraikan poin-poin penting yang terkandung dalam laporan lengkap. Ringkasan pada dasarnya adalah ikhtisar yang bertindak sebagai referensi bagi pembaca dengan menawarkan takeaways kunci.

Fakta yang disajikan dalam laporan harus akurat, karena informasi tersebut digunakan untuk membuktikan poin dan menarik kesimpulan. Fakta apa pun yang tidak akurat akan memengaruhi hasil dan dapat menyebabkan perusahaan membuat keputusan bisnis yang keliru. Ketahuilah bahwa laporan bisnis dapat bervariasi panjangnya dari satu halaman hingga dokumen besar yang berisi banyak bab. Semua pembaca mungkin tidak mencari hal yang sama, jadi akan sangat membantu jika menyertakan daftar isi. Halaman ini mencakup semua bagian utama laporan dan nomor halaman di mana informasi dapat ditemukan dengan mudah.

c. Mudah Diketahui dan Dipahami

Sebuah laporan tahunan perusahaan non-listed yang baik harus mudah dipahami, sehingga dapat menarik perhatian audiens. Sebelum Anda mulai menulis, pertimbangkan audiens. Jika terdiri dari orang-orang dengan banyak pengalaman di industri ini, tidak apa-apa untuk menggunakan terminologi yang rumit dan memberikan informasi terperinci. Namun, jika audiens tidak memiliki banyak pengalaman dalam industri, laporan harus ditulis dengan cara yang sederhana dan lugas, memberikan definisi untuk setiap terminologi industri yang digunakan.

d. Presentasi yang Menarik dan Menarik

Memasukkan konten pengisi mengalihkan perhatian dari poin yang ada dan membuang waktu pembaca. Laporan tahunan perusahaan non-listed juga harus ditulis secara ringkas, menggunakan jumlah kata minimum untuk memperjelas poin. Ini bukan untuk mengatakan bahwa laporan panjang tidak bisa efektif, itu hanya berarti penting untuk menghindari memasukkan informasi yang tidak perlu.

Tidak bisa dipungkiri, untuk membuat laporan tahunan perusahaan non-listed, atau membuat presentasi yang menonjol membutuhkan waktu dan keahlian khusus. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa pembuatan laporan tahunan perusahaan non-listed atau jasa desain presentasi yang profesional.

Ingin tahu informasi lebih lanjut untuk penawaran jasa pembuatan laporan tahunan perusahaan non listed? Atau informasi tentang jasa desain presentasi yang menarik? Klik DI SINI!

GRATIS Mini Course

Kategori