desain rumah minimalis

Tips Desain Rumah Minimalis Untuk Hunian yang Nyaman

Saat ini rumah dengan gaya minimalis menjadi pilihan favorit banyak keluarga untuk hunian impiannya. Desain rumah minimalis pada umumnya merupakan desain rumah dengan gaya yang simpel, menggunakan warna-warna monokrom, serta banyak menerapkan aksen garis serta kotak. Desain rumah minimalis memberikan kesan simpel, modern, dan elegan. Tren gaya minimalis semakin berkembang karena kemudahan tersedianya bahan dan material modern seperti kaca, beton, dan baja.

jasa desain rumah minimalis
Sumber: pexels.com/Skitterphoto

Gaya desain rumah minimalis juga banyak diterapkan oleh para arsitek dari pengembang perumahan terkini. Selain mengikuti tren terbaru, model rumah minimalis dapat menekan biaya pembangunan, yang akan berimbas ke harga jual rumah yang bersaing. Di lahan yang tidak terlalu luas, arsitek merancang rumah mungil yang tampak mewah. Bagi pembeli, rumah cantik dengan suasana nyaman dapat diperoleh dengan biaya yang lebih terjangkau.

Banyak juga keluarga yang merenovasi rumah lamanya dengan mengadopsi gaya minimalis. Dengan budget yang terbatas, rumah lama bisa disulap menjadi rumah modern yang kekinian.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis

Berikut adalah beberapa kelebihan desain rumah minimalis:

  • Biaya renovasi/pembangunan terjangkau
  • Lahan yang dibutuhkan tidak luas
  • Bangunan tampak mewah dan elegan
  • Suasana rumah nyaman dan kesannya lega
  • Rumah mudah ditata dan dibersihkan

Desain rumah minimalis meliputi desain eksterior minimalis dan desain interior minimalis.

1. Desain Eksterior Minimalis

Prinsip kerja desain eksterior berkaitan dengan aspek luar dari bangunan. Titik beratnya di kekuatan, model, dan material. Untuk desain eksterior minimalis, biasanya mengacu ke desain atas aspek luar bangunan rumah dan pemanfaatan area di sekitar rumah. Contohnya desain pagar minimalis, desain taman minimalis, atau desain fasad minimalis.

Meski area sekitar rumah minimalis tidak luas, bukan berarti desain eksterior minimalis akan menjadi sebuah hal yang mudah. Tapi juga bukan mustahil untuk menyulap eksterior rumah minimalis anda menjadi nyaman dan sedap dipandang mata.

Area eksterior adalah area terluar yang berhubungan langsung dengan lingkungan rumah anda. Area eksterior adalah hal pertama yang dilihat oleh tamu. Untuk desain eksterior yang minimalis, penting untuk menerapkan gaya yang alami agar lebih simpel dan natural.

Anda dapat memulainya dengan mendesain sebuah taman kecil di bagian depan rumah. Hiasi taman minimalis anda dengan rumput hijau dan tanaman hias lain. Jika area luar benar-benar sempit, coba terapkan desain taman vertikal. Dengan begitu, kesejukan dan kesegaran rumah lebih terasa sejak sebelum memasuki rumah.

desain eksterior minimalis
Sumber: pexels.com/Pixasquare

Setelah taman, yang perlu dipikirkan adalah pagar. Dalam desain eksterior minimalis, rumah bisa didesain dengan atau tanpa pagar. Jika rumah berada di dalam kompleks perumahan, biasanya tergantung pada kebijakan tiap pengembang, apakah pemasangan pagar dibolehkan.

Namun jika berada di luar kompleks perumahan ada baiknya dipasang pagar biar keamanan lebih terjamin. Selain sebagai pembatas area aman antara rumah dengan lingkungan di luar rumah, pagar juga berfungsi sebagai dekorasi desain eksterior minimalis yang menawan. Pagar yang unik akan membuat rumah anda unik dan beda dengan yang lain.

Umumnya untuk desain eksterior minimalis akan memilih warna putih sebagai cat dinding. Warna putih adalah warna yang netral. Warna putih menciptkan kesan cerah, yang akan menyatukan desain eksterior dan interior. Bisa juga memilih warna netral yang lain. Intinya agar tetap minimalis haruslah mengusung tema warna monokrom. Maksimal hanya 2 warna yang diaplikasikan agar kesannya tetap elegan.

Desain eksterior minimalis juga menyukai pemanfaatan berbagai material bangunan yang unik. Misalnya ekspos batu bata merah atau bambu sebagai dinding, pagar, atau fasad. Atau menggunakan ekspos semen atau kayu untuk lantai.

Desain eksterior minimalis juga berlaku untuk halaman belakang. Untuk tampilan yang berbeda, taman di belakang rumah bisa juga diganti menjadi kolam renang mini. Sebagai ganti nuansa alam dari tanaman, pemilihan warna cerah biru atau hijau alam bisa diterapkan di material bangunan.

2. Desain Interior Minimalis

Prinsip kerja desain interior berkaitan dengan elemen yang ada di dalam ruangan, seperti psikologi warna, estetika, dan keseimbangan. Untuk desain interior minimalis, mengacu ke desain atas ruangan-ruangan di dalam rumah. Contohnya desain kamar minimalis, desain kamar mandi minimalis atau desain dapur minimalis.

desain interior minimalis
Sumber: pexels.com/TatianaSyrikova

Mengutip dari urbanhomez.com, berikut prinsip-prinsip penting desain interior minimalis dan bagaimana cara menerapkannya di rumah anda:

  1. Minimalis berarti ruangan dengan minimal furnitur dan detail seminimal mungkn
  2. Elemen utama gaya ini adalah memperhatikan bentuk, warna dan tekstur
  3. Furnitur, kain atau partisi kaca memainkan peran sebagai pemisah ruangan
  4. Aksen desain minimalis modern dibuat pada bentuk geometris dan asimetris yang tajam
  5. Perabotan harus memiliki bentuk yang ramping dan dilapisi dengan kulit warna netral
  6. Jumlah aksesori minimal
  7. Lantai harus terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan dijaga seperti kayu, linoleum atau genteng
  8. Putih adalah warna utama untuk gaya ini. Putih harus membentuk dasar untuk dinding, lantai dan furniture
  9. Sebagai alternatif Anda bisa memilih warna netral seperti beige, abu-abu, hijau muda
  10. Untuk membuat aksen Anda bisa menggunakan warna cerah, tapi hanya satu
  11. Wall art dan beberapa detail besar pada dinding
  12. Jendela besar yang biasanya tidak memiliki tirai atau corak, menciptakan efek ringan

Untuk ide lain mengenai desain rumah minimalis, anda bisa menghubungi “RUMMX Interior” dengan menghubungi kontak yang tertera pada website ini.

GRATIS Mini Course

Kategori