tips desain kalender bisnis dari jasa desain kalender makassar

7 Tips Desain Kalender Bisnis Agar Terlihat Unik & Profesional

Bagi banyak orang kalender mungkin hanya sebuah benda pajangan yang digunakan untuk melihat hari dan tanggal saja. Padahal disisi lain, kalender dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bagi bisnis atau perusahaan. Sebelum melakukan cetak kalender, 7 tips desain kalender bisnis ini bisa jadi informasi yang penting bagi Anda.

Mengubah kalender biasa menjadi alat promosi bisnis tentu bukan hal yang sulit. Apalagi saat ini sudah ada jasa desain kalender yang siap membantu Anda. Hanya dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, kalender bisnis bisa terlihat lebih unik dan profesional.

Desain kalender menjadi komponen utama yang harus diperhatikan. Apalagi jika tujuannya digunakan untuk berpromosi. Pemilihan tema dan penempatan elemen-elemen lain harus dilakukan secara tepat. Tampilan kalender pun harus ditata lebih apik agar terlihat semakin menarik.

Sebelum membuat kalender bisnis menjadi media promosi, simak terlebih dahulu 7 tips desain kalender bisnis 2024 di bawah ini:

7 Tips Desain Kalender Bisnis yang Unik & Profesional

7 Tips Desain Kalender Bisnis Agar Terlihat Profesional

Sebuah kalender akan terlihat lebih menarik apabila desainnya betul-betul dibuat secara maksimal. Bukan hanya sekedar menarik, namun kalender juga harus inspiratif agar masyarakat lebih mudah mengenali bisnis dan perusahaan Anda. Agar kalender bisa menjadi alat pemasaran yang efektif, berikut tips membuat desain kalender yang unik dan profesional:

1. Pemilihan Tema yang Sesuai

Tema menjadi elemen penting di dalam sebuah kalender khususnya untuk media kalender promosi. Tanpa sebuah tema, kalender hanya akan terlihat seperti kertas biasa yang hanya menunjukan hari dan tanggal saja. Pemilihan tema yang tepat secara tidak langsung juga dapat memperkenalkan jati diri perusahaan Anda di mata konsumen.

Misal, sebuah perusahaan di bidang properti perumahan. Dimana tema kalender bisa disesuaikan dengan memajang gambar-gambar perumahan lengkap dengan konsepnya. Dengan begitu orang akan lebih mudah mengenai perusahaan Anda.

2. Gambar yang Tepat & Jelas

Foto atau gambar yang ditampilkan pada sebuah kalender juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lyang melihatnya. Penting untuk diingat, bahwa masa pemakaian kalender relatif lama, yakni satu tahun. Sehingga penggunaan foto-foto di dalamnya pun juga harus selaras dengan perusahaan. Mulai dari halaman pertama hingga halaman terakhir.

Perusahaan bisa menyertakan foto-foto penting tentang bisnis mereka. Misal perusahaan transportasi, bisa menyertakan gambar tentang alat-alat transportasi. Perusahaan travel, bisa menyertakan foto-foto tempat wisata, dan lain sebagainya. Dalam menyertakan foto, pastikan bahwa foto memiliki ukuran resolusi yang tinggi. Sehingga saat dicetak hasilnya tidak akan pecah.

3. Penempatan Identitas Perusahaan

Bukan hanya tema dan gambar saja yang bisa mengingatkan pelanggan tentang perusahaan Anda. Penyematan identitas perusahaan juga sangat dibutuhkan agar masyarakat lebih mudah mengenali perusahaan Anda. Identitas perusahaan biasanya dibuat dengan informasi singkat, padat, dan jelas, sehingga orang lebih mudah mengenalnya.

Jika perusahaan Anda memiliki logo dan motto, maka berikan ruang khusus di bagian kalender. Identitas perusahaan juga bisa dibuat dengan menyematkan nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon, dan lain-lain.

4. Buat Kalender Seperti Portofolio

Untuk tips desain kalender bisnis yang satu ini merupakan pilihan opsional untuk perusahaa-perusahaan yang memiliki banyak produk maupun layanan. Dimana kalender bisa dibuat menyerupai portofolio dengan menampilkan elemen-elemen berbeda di setiap halamannya.

5. Buat Lebih Minimalis

Buat kalender lebih minimalis dengan memberikan jarak dan ruang yang pas untuk setiap elemen yang ada pada kalender. Hal ini akan memberikan kesan hidup sehingga orang yang melihatnya pun akansemakin tertarik. Hindari penggunaan efek berlebih, seperti gradasi warna, efek transparan, dan yang lainnya.

6. Buat Ruang Untuk Catatan

Memberikan ruang kosong sebagai catatan akan membuat kalender bisnis lebih fungsional. Jadi, selain fungsinya memang sebagai kalender sebagai penunjuk hari dan tanggal sekaligus media promosi. Bagi orang-orang yang sering membuat catatan di kalender, maka hal itu sangat berfungsi.

7. Perhatikan Ukuran & Material Kalender

Selain desain kalender, perhatikan juga ukuran dan meterial kertas yang digunakan. Bukan tidak mungkin jika desainnya sudah dibuat matang, namun karena salah memilih ukuran atau material kertas yang kurang tepat. Kalender jadi terlihat seperti barang yang biasa-biasa saja.

Baca juga: Pembuatan Kalender untuk Bisnis, Apa Manfaatnya?

Jasa Desain Kalender

7 Tips Desain Kalender Bisnis Agar Terlihat Profesional

Agar lebih tepat dalam pemilihan ukuran dan jenis kertas kalender. Anda bisa langsung berkonsultasi pada jasa cetak kalender. Vendor kami akan memberikan pengarahan agar kalender yang dibuat lebih tepat sesuai fungsinya.

Agar desain kalender bisnis terlihat lebih unik, menarik, dan tentunya profesional. Maka pelibatan jasa desain kalender sangat dibutuhkan. Disini untuk Anda yang memiliki rencana membuat kalender sebagai media promosi. Jasa cetak kalender  siap membantunya.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi dengan tim kami mengenai masalah desain dan yang lainnya. Hubungi jasa desain kalender kami sekarang juga! Kunjungi juga akun instagram kami di @soocadesign.

 

GRATIS Mini Course

Kategori