sambutan dewan komisaris dalam sustainability report

Sambutan Dewan Komisaris & Direksi Dalam Sustainability Report

Sambutan Dewan Komisaris dalam sustainability report bisa berupa gambaran umum manifestasi visi dan misi perusahaan dalam upayanya memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan. Dalam mewujudkan misi tersebut, Dewan Komisaris senantiasa melakukan pengawasan terhadap kebijakan dan program yang dijalankan perusahaan agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

sambutan dewan komisaris dalam sustainability report

Melakukan Pengawasan Terhadap Direksi

Secara kolektif, tugas Dewan Komisaris adalah melakukan pengawasan terhadap pengurusan Perusahaan yang dilakukan oleh Direksi. Tugas Dewan Komisaris juga mencakup memberikan nasihat berkenaan dengan kebijakan Direksi dalam menjalankan Perusahaan.

Memastikan Kebijakan Program Dengan Pertimbangan Beberapa Aspek

Dewan Komisaris juga memastikan setiap kebijakan dan program tersebut selalu memperhatikan keseimbangan dalam aspek ekonomi, sosial, lingkungan dan kinerja serta memastikan seluruh pemangku kepentingan mendapatkan manfaat berkelanjutan dari berbagai lini bisnis yang dikelola.

Bagi perusahaan, memberikan manfaat jangka pendek, menengah, dan panjang kepada para pemangku kepentingan adalah kunci semangat keberlanjutan perusahaan. Perusahaan fokus dalam meningkatkan aspek-aspek terkait ekonomi, sosial, lingkungan, kemitraan, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Memberikan Apresiasi

Dewan Komisaris memberikan apresiasi kepada manajemen dan seluruh Insan perusahaan yang terus menjaga keberlanjutan perusahaan. Keberlanjutan tersebut dimaksudkan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan lingkungan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) serta memberikan kontribusi yang positif bagi negara.

Kontribusi positif tersebut telah diwujudkan melalui kinerja perusahaan yang positif antara lain dengan peningkatan kinerja operasional perusahaan, pemberdayaan masyarakat sekitar, dan pelestarian lingkungan.

Sambutan Dewan Komisaris Dalam Sustainability Report

sambutan dewan komisaris dalam sustainability reportAspek Lingkungan

Pada aspek lingkungan, Dewan Komisaris mengapresiasi pencapaian perusahaan yang menerima satu predikat Hijau dalam Penghargaan PROPER Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Perusahaan juga mendapat berbagai penghargaan serupa dari sejumlah lembaga maupun institusi negara lainnya. Penghargaan-penghargaan tersebut merupakan refleksi atas kepatuhan pada ketentuan yang diatur Pemerintah yang bahkan melebihi standar pengelolaan lingkungan oleh industri.

Aspek Sosial

Dalam bidang sosial, Dewan Komisaris mengapresiasi kinerja Dewan Direksi yang berhasil meraih predikat Gold dalam sebuah ajang internasional. Selain itu, nilai Community Satisfaction Index (CSI) perusahaan tahun 2019 juga mengalami kenaikan 3 poin dari tahun sebelumnya. Perusahaan juga mampu mempertahankan predikat Industry Leader di BUMN Performance Excellence Award 2020. Hal ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya perencanaan dan pelaksanaan program oleh Direksi dan seluruh jajaran perusahaan.

Aspek SDM

Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), dengan kerja sama dan dukungan Direksi, perusahaan dapat mencapai target-target yang telah di tetapkan. Dewan Komisaris memaknai pentingnya pengelolaan SDM untuk meningkatkan produktivitas perusahaan secara terintegrasi dengan memperhatikan aspek Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Hal ini dilakukan dengan memastikan pengelolaan SDM berjalan secara profesional mulai dari tahap awal sampai akhir: perekrutan; pelatihan dan pengembangan; pemberian manfaat dan fasilitas; hingga pembekalan untuk karyawan yang memasuki masa purnabakti.

Tugas Direksi

Sementara itu, tugas pokok Direksi adalah melaksanakan pengurusan perusahaan sesuai kepentingan dan tujuan perusahaan dan bertindak selaku pimpinan dalam pengurusan tersebut. Direksi melakukan segala tindakan pengurusan maupun mengenai pemilikan kekayaan perusahaan, termasuk mengikat perusahaan dengan pihak lain dan/atau pihak lain dengan perusahaan, sesuai pembatasan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

Sambutan Direksi Dalam Sustainability Report

Sambutan Direksi dalam Sustainability Report bisa berupa pernyataan berikut ini. Kunci konsep keberlanjutan yang mengacu kepada Profit, People, Planet (3P) menjadi barometer perusahaan untuk keseimbangan dalam menjalankan setiap aspek bisnis. Konsep Profit yang berorientasi kepada pertumbuhan revenue perusahaan harus dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kepedulian kepada komunitas dan masyarakat penyangga serta menjaga kualitas lingkungan.

Corporate Social Responsibility

Tak lupa, Direksi menjabarkan berbagai program CSR terhadap people atau masyarakat sekitar yang ditekankan pada program-program pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Apresiasi Direksi ke Stakeholder

Terakhir, Direksi bisa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder yang telah turut memberikan sumbangsihnya terhadap perkembangan perusahaan dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Related Post: Contoh Kerangka Kerja Good Corporate Governance

Jadi, Sambutan Dewan Komisaris dan Direksi dalam Sustainability Report bukan sekadar formalitas. Makna Sambutan Dewan Komisaris dan Direksi lebih luas daripada itu sehingga menjadi ‘cermin’ pengelolaan perusahaan dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Maka dari itu, butuh ahli dalam pembuatan sustainability report maupun sustainability report BPR. Percayakan laporan berkelanjutan perusahaan Anda dengan Sooca Design. Kami sudah berpengalaman dan profesional dalam menyusun laporan berkelanjutan. Sooca Design juga menyediakan layanan jasa pembuatan GCG bagi perusahaan Anda.

Sumber:

Laporan Keberlanjutan Perusahaan 2019

GRATIS Mini Course

Kategori