Panduan Untuk Menciptakan Laporan Tahunan yang Berkualitas

Laporan tahunan memang menjadi media promosi terbaik untuk perusahaan. Adanya laporan tahunan memungkinkan perusahaan membagi kisah sukses dengan target pasar yang dituju. Namun, beberapa perusahaan masih belum paham benar bagaimana cara menyusun annual report dan juga perbedaannya dengan board report. Maka dari itu kita akan memberi tips panduan menyusun annual report.

Laporan tahunan berfokus untuk menyampaikan keberhasilan dan capaian perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Sementara itu, board reports lebih seperti laporan kerja, dengan rincian angka dan bukti-bukti penunjang mendominasi isinya.

Menyusun laporan tahunan bukan berarti asal memasukkan semua informasi ke dalam tulisan. Anda tetap perlu memilah dan menyampaikan informasi terpenting perusahaan kepada calon pembaca. Agar tidak salah dalam memahami, sebaiknya simak panduan menyusun annual report berikut ini

Panduan Menyusun Annual Report

panduan menyusun annual report
Gambar Oleh: Racool_Studio – Freepik
  1. Masukkan Visi dan Misi Perusahaan

Poin pertama yang harus ada dalam laporan tahunan Anda adalah visi dan misi perusahaan. Visi dan misi ini berfungsi untuk memberitahu pembaca apa tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan. Biasanya, rincian ini diikuti oleh susunan jajaran direksi.

  1. Laporan Operasional

Isi dari laporan ini biasanya ditulis oleh pemimpin perusahaan atau salah satu yang berada di jajaran direksi. Pembuatan laporan operasional ini dapat dipisahkan sesuai dengan fungsi masing-masing divisi. Jangan lupa untuk memperhatikan batas halaman untuk setiap divisi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung bertanya kepada konsultan annual report.

  1. Uraian Kegiatan

Bagian ini berisi jenis-jenis kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam periode satu tahun masa kerja. Kegiatan ini akan berpengaruh terhadap capaian misi yang direncanakan. Alangkah lebih baik jika Anda memasukkan kegiatan ekstra di luar aktivitas internal untuk memperkuat citra perusahaan. Jika memungkinkan, masukkan semua informasi mengenai kekuatan, kelemahan, tantangan, dan strategi dari setiap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.

  1. Pengembangan Program

Bagian ini didasari oleh permasalahan sekaligus solusi yang digunakan untuk pemecahannya, termasuk pula dampaknya. Jangan lupa sertakan satu atau dua cerita kesuksesan perusahaan tanpa menghilangkan ketiga poin di atas dalam proses pembuatannya. Akan lebih baik jika Anda memasukkan gambar atau grafik pendukung.

  1. Laporan Keuangan

Masalah keuangan adalah hal paling sensitif. Oleh sebab itu, sebelum menyusun bagian ini, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan annual report. Biasanya, hal-hal yang perlu dimasukkan dalam bagian ini adalah anggaran dan analisis keuangan terhadap perubahan pasar, pengeluaran utama, perencanaan keuangan, dan laporan keuangan audit.

  1. Sambutan dari Investor

Di bagian ini, Anda bisa memasukkan satu atau dua investor untuk menyampaikan sambutan kepada calon pembaca. Jumlah sambutan ini bergantung pada jumlah halaman yang disediakan. Jika investor Anda tidak ingin dikenal publik, Anda bisa mengganti fotonya dengan logo perusahaan tempat investor bekerja.

Related Post: Jasa Pembuatan Annual Report BUMN

Meskipun terkesan sepele, Anda tetap membutuhkan jasa konsultan annual report untuk bisa membuat laporan tahunan yang sempurna. Sooca bisa menjadi salah satu konsultan untuk perencanaan dan pembuatan laporan tahunan Anda. Tak hanya itu, Sooca juga melayani pembuatan berbagai macam souvenir dan merchandise perusahaan. Sooca bisa dihubungi melalui kontak berikut.

GRATIS Mini Course

Kategori