manfaat good corporate governance dalam laporan tahunan

Alasan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Perlu Dimasukkan dalam Laporan Tahunan

Dalam beberapa tahun terakhir, pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) di Indonesia menunjukkan tren positif. Namun, penerapan GCG kerap kurang diperhatikan oleh investor saat membaca laporan tahunan. Padahal, penerapan GCG menunjukkan komitmen perusahaan untuk melayani kepentingan para para pemangku kepentingan (stakeholders). Manfaat good corporate governance juga terasa jika perusahaan menjalankannya dengan baik.

Penjelasan Good Corporate Governance Dalam Laporan Tahunan

manfaat good corporate governance
Gambar Oleh: Fauxels – Pexels

Munculnya GCG diawali dari konsep good governance atau kondisi pemerintahan yang baik. Kemudian, konsep tersebut diterapkan ke dalam bentuk pengelolaan pada sebuah korporasi atau perusahaan.

Pengertian Good Corporate Governance

The Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) menyatakan bahwa corporate governance merupakan serangkaian mekanisme yang mengarahkan dan mengendalikan suatu perusahaan agar operasional perusahaan berjalan sesuai dengan harapan stakeholders.

Sementara itu, Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD) mengartikan corporate governance sebagai sekumpulan hubungan antara pihak manajemen perusahaan, pemegang saham, dan pihak lain yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa GCG merupakan suatu mekanisme yang diterapkan oleh organisasi sebagai landasan organisasi dalam mengelola hubungan dan kepentingan berbagai pihak (seperti direksi, kreditur, pemegang saham dan lainnya) dalam rangka mencapai keberhasilan usaha dan menjaga akuntabilitas perusahaan.

Ketika Good Corporate Governance Menjadi Kurang Efektif

Biasanya, penjabaran mengenai GCG ada di bagian belakang dalam laporan tahunan. Hal inilah yang turut mempengaruhi bagian GCG kurang mendapat perhatian sebagaimana mestinya. Sebaiknya, stakeholders sebuah perusahaan tetap membaca dengan seksama bagian GCG dalam laporan tahunan karena mengandung banyak informasi penting.

Perusahaan Yang Menjalankan GCG Akan Berjalan Efektif

Keberlanjutan sebuah perusahaan sangat lekat dengan perilaku sumber daya manusia di dalam perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang menerapkan prinsip GCG tanpa tawar-menawar cenderung berperilaku sesuai dengan regulasi, hukum, etika, dan norma moral. Tak hanya itu, perusahaan yang menjalankan GCG dengan baik berarti mengimplementasikan sistem manajemen yang efektif serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

5 Aspek Penting Good Corporate Governance

Ada lima aspek penting dalam GCG, yakni profesionalitas, tanggung jawab (responsibility), keadilan (fairness), transparansi, dan akuntabilitas (accountability). Kelima aspek ini harus terpenuhi agar konsep GCG dapat berjalan dan diaplikasikan dengan baik.

Prinsip-prinsip GCG tersebut mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja muncul ke permukaan, misalnya apakah perusahaan terbuka dalam hal informasi yang layak dipublikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham? Apakah perusahaan bertanggung jawab terhadap segala bentuk aktivitas dan keputusan bisnis? Apakah perusahaan mampu menjaga independensi dengan meminimalisir dan memitigasi segala bentuk konflik kepentingan (conflict of interest) ?

Semakin rinci penjelasan mengenai GCG, maka semakin baik. Para pemangku kepentingan akan semakin percaya bahwa perusahaan dikelola oleh orang-orang yang memiliki komitmen kuat dalam melayani kepentingan mereka.

Pentingnya Good Corporate Governance

manfaat good corporate governance dalam laporan tahunanDari segi governance, risk management, dan compliance (GRC), GCG berperan sebagai bentuk pengendalian pihak berkepentingan untuk mencapai tujuan perusahaan. Ketika perusahaan sudah menetapkan arahan strategis sesuai dengan harapan stakeholders, perusahaan harus melakukan manajemen risiko (risk management) untuk merespons ketidakpastian yang mungkin terjadi. Setelah itu, perusahaan harus memantau dan memastikan bahwa seluruh kebijakan, pengendalian, dan peraturan yang berlaku tersebut dipatuhi melalui sistem manajemen kepatuhan (compliance).

Related Post: Mengapa Perusahaan Harus Menerapkan Konsep GCG

Manfaat Good Corporate Governance Secara Langsung

  • Meningkatkan kualitas kerja sumber daya manusia. Dengan GCG, lingkungan kerja akan menjadi lebih kondusif. Karyawan akan merasa lebih dihargai dalam pekerjaannya yang selanjutnya turut meningkatkan motivasi mereka.
  • Kualitas pekerjaan sumber daya manusia akan bertambah karena mereka memiliki keterikatan kerja yang baik dengan perusahaannya.
  • Meminimalkan penyalahgunaan wewenang karena prinsip-prinsip dalam implementasi GCG akan mencegah kemungkinan dilakukannya rekayasa oleh pihak-pihak terkait. Dengan kata lain, penerapan GCG dapat mencegah munculnya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang menjadi salah satu faktor penghambat kemajuan sebuah perusahaan.
  • Mengurangi biaya modal karena perusahaan dapat memperoleh kepercayaan kreditor untuk memberikan pinjaman. Jika perusahaan dapat memperoleh pinjaman usaha, perusahaan dapat meminimalkan biaya modal yang harus ditanggung.
  • Mengoptimalkan pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan efisiensi yang pada akhirnya dapat memberikan pengaruh positif pada kinerja perusahaan.
  • Meningkatkan nilai saham perusahaan karena organisasi yang dikelola secara sehat dapat menarik investor untuk menanamkan modal.
  • Melindungi hak para pemegang saham. Para pemegang saham dapat mengetahui berbagai kebijakan, strategi dan sebagainya secara transparan. Mereka juga bisa diperlakukan adil dengan, misalnya, memberi masukan terhadap kebijakaan yang nantinya akan bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya.
  • Berpengaruh pada kondisi neraca keuangan perusahaan. Hal ini akan menjadi nilai tambah dari suatu perusahaan di mata para investor. Para investor akan cenderung memilih untuk menanamkan saham pada perusahaan yang memiliki kualitas dan suasana bekerja yang baik serta neraca keuangan yang positif.
  • Memberikan keuntungan bagi negara karena penerapan GCG akan meningkatkan keuntungan perusahaan yang berarti penerimaan negara dari pajak yang dibayarkan perusahaan semakin besar.
  • Meningkatkan laporan keuangan perusahaan karena proses pelaporan dilakukan secara transparan.

Manfaat Good Corporate Governance Dalam Jangka Panjang

  • Menciptakan budaya perusahaan yang baik

Dengan penerapan GCG, perusahaan terbiasa menerapkan proses secara konsisten dan transparan. Pengambilan keputusan yang dilakukan dengan baik akan menciptakan kepercayaan dari seluruh elemen perusahaan sehingga seluruh pihak dapat bergerak bersama mencapai tujuan perusahaan.

  • Menjaga reputasi perusahaan

Perusahaan yang konsisten menerapkan GCG akan dipandang lebih dipercaya oleh investor.

  • Menjaga kelangsungan perusahaan

Penerapan GCG akan mengurangi adanya risiko hukum, keamanan, dan operasi yang dapat berdampak pada seluruh pihak terkait sehingga kelangsungan perusahaan terjaga.

Manfaat good corporate governance tak cuma bagi perusahaan, namun juga stakeholders. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya GCG menjadi bagian penting dalam laporan tahunan. Tidak kalah penting dalam laporan tahunan selain GCG adalah desain dalam laporan tahunan. Sooca Design memberikan penawaran jasa Annual Report agar terlihat lebih menarik dan menonjol.

GRATIS Mini Course

Kategori