company profile perusahaan retail

Ketahui Contoh Company Profile Perusahaan Retail yang Tepat

Setiap company profile perusahaan retail dibuat untuk memperkenalkan informasi mengenai perusahaan tersebut kepada masyarakat luas. Keberadaan profil perusahaan retail sangatlah penting agar orang-orang dapat lebih mengetahui eksistensi perusahaan tersebut. Perusahaan retail selalu terasa sangat dekat dengan masyarakat karena produk-produknya menjadi kebutuhan pokok manusia.

Apa Pengertian Company Profile Perusahaan Retail Itu?

Company profile perusahaan retail adalah sebuah pengenalan perusahaan retail dalam bentuk data diri seperti layaknya biodata orang-orang pada umumnya. Data diri ini berisi banyak hal tentang perusahaan terkait. Sedangkan perusahaan retail adalah perusahaan yang menjual barang atau jasa langsung ke konsumen akhir, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk bisnis. Masyarakat luas akan menilai kehadiran data diri perusahaan retail sebagai sesuatu yang layak dipertimbangkan kualitasnya.

Penyajian data diri perusahaan yang dinilai menarik tentu akan memancing minat masyarakat luas terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dari sini bisa dilihat bahwa profil perusahaan juga berarti sebuah media pemasaran yang sangat efektif. Sebagai media marketing, profil perusahaan difungsikan untuk mempromosikan produk atau layanan unggulan yang dimiliki.

Apa Saja Jenis Perusahaan Retail?

Sebagai perusahaan yang menyediakan produk untuk langsung dikonsumsi, company profile perusahaan retail terdiri dari beraneka ragam bentuk.

jasa company profile perusahaan retail
Sumber: image.freepik.com/free-vector/professional-booklet-business-presentation_140208-30.jpg

Dengan demikian, ada banyak sekali perusahaan retail yang eksis di pasaran. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam produk yang bisa dikonsumsi langsung. Berdasarkan produk yang disediakan, perusahaan retail terdiri dari sebagai berikut.

1.     Department Store

Bentuk perusahaan ini merupakan perusahaan retail yang memiliki skala sangat besar. Bangunan fisik, jumlah barang dan jumlah karyawannya berada dalam skala yang besar. Department store ini juga dikenal sebagai Toserba (toko serba ada) karena menyediakan hampir semua kebutuhan manusia.

2.     Speciality Store

Speciality store atau biasa disebut dengan outlet merupakan perusahaan retail yang berfokus pada satu kategori produk saja. Biasanya outlet juga banyak ditemui hanya menjual produk tertentu, misalnya saja apotek, toko kaca, toko bangunan, toko kosmetik, toko komputer, toko kamera dan sebagainya.

3.     Catalog Showroom

Perusahaan retail yang menjual produknya menggunakan katalog produk untuk penawaran dan promosi disebut dengan catalog showroom. Biasanya juga ada ruang display yang digunakan untuk memajang contoh. Toko seperti ini akan menyebarkan katalog ke konsumen yang menjadi target market saja.

4.     Food & Drug Retail Store

Perusahaan retail jenis ini merupakan perusahaan yang khusus menyediakan makanan dan obat-obatan bebas. Jenis perusahaan ini terbagi dalam beberapa bagian, yaitu:

·        Supermarket atau Pasar Swalayan dan Super Drug Store

Toko jenis ini menyediakan makanan dan obat-obatan dalam jumlah besar dengan penataan barang disusun rapi dalam rak lengkap dengan label harga.

·        Convenience Store

Toko jenis ini adalah toko swalayan mini (minimarket)  yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti Indomaret, Alfamart dan sebagainya.

·        Combination Store

Toko jenis ini adalah swalayan berukuran sangat besar, hampir sama dengan toserba.

Fungsi Company Profile Perusahaan Retail

Company profile yang diusung oleh perusahaan retail mempunyai tujuan agar masyarakat lebih mengenal perusahaan mereka dengan baik. Sebab hanya dengan melihat company profile yang disediakan, maka orang-orang bisa langsung mengenali sebuah perusahaan. Lalu apa fungsi dari company profile perusahaan retail itu sendiri? Beberapa diantara fungsi yang diharapkan dari adanya profil perusahaan retail adalah sebagai berikut.

  • Memperkenalkan kehadiran perusahaan
  • Menjelaskan produk atau layanan yang dimiliki
  • Media pemasaran
  • Meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan

Fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik melalui penyajian company profile dengan tampilan yang menawan. Karena itulah tampilan sebuah company profile harus benar-benar memberikan nuansa yang berbeda demi menjalankan fungsi tersebut.

desain company profile perusahaan retail
Sumber: image.freepik.com/free-psd/composition-flyer-mockup_211682-46.jpg

Contoh Company Profile Perusahaan Retail

Setiap perusahaan retail pasti membuat company profile yang berbeda-beda bentuknya. Bentuk yang berbeda ini dapat dijadikan referensi untuk membuat company profile yang baik. Dengan banyaknya contoh company profile perusahaan ritel yang bisa dilihat, maka bisa lebih mudah untuk menentukan mana company profile yang mempunyai kesan mengagumkan. Berikut salah satu contoh company profile perusahaan ritel yang bisa dipelajari dengan baik.

Profil Perusahaan Raisa Putri

PT Raisa Putri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Retail (Supplier Toko Serba Ada). Perusahaan ini berdiri pada tahun 2003. Kombinasi antara management, komitmen dan pengalaman perusahaan yang kuat menjadi kunci bagi perusahaan untuk dapat mencapai apa yang diharapkan.

VISI

Menjadi perusahaan ritel terbaik, terpercaya dan berkualitas yang mampu bersaing secara global.

MISI

  • Tumbuh dan berkembang bersama masyarakat
  • Hanya dikelola tenaga yang profesional
  • Ikut meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia
  • Mengelola dan mengembangkan bisnis dengan kreatif dan inovatif

Keunggulan

  • Hanya menyediakan produk yang berkualitas
  • Melayani klien dengan ramah
  • Stok produk tersedia tepat waktu

Produk yang tersedia

  • Obat-obatan
  • Makanan dan minuman
  • Perlengkapan bayi
  • Perlengkapan dapur
  • Kosmetik
  • Kebersihan
  • Pakaian
  • Alat tulis

Kontak

Raisa Putri

Jl. Warna Hijau No. 98 Pasar Sabtu – Jakarta Barat

(Depan Kursus Bahasa Jepang )

Telp       : 081234555667

Email     : ptraissaputri@raissa(.)com

Website : www(.)raissaputriretail(.)com

Selain contoh tersebut, masih ada banyak lagi contoh company profile perusahaan ritel yang bisa dipelajari lewat dunia maya. Pembuatan company profile bisa dibuat sendiri sesuai dengan keinginan.

Namun jika dirasa company profile yang dibuat masih jauh dari angan-angan, maka menggunakan jasa pembuat company profile adalah pilihan terbaik.

Selalu pilihlah layanan yang sudah terjamin kualitasnya agar company profile yang dibuat dapat dihadirkan sebagus mungkin. Seperti Soocadesign, sebuah agensi yang menyediakan layanan komplit, termasuk jasa pembuatan website company profile atau jasa pembuatan video company profile.

Dengan harga dan kualitas yang bersaing, Soocadesign mampu membantu memenuhi kebutuhan company profile perusahaan Anda baik dalam bentuk cetak maupun video.

GRATIS Mini Course

Kategori