Jasa Desain Poster Keselamatan Kerja (Safety Poster)

Jasa pembuatan poster keselamatan kerja (safety poster) menghasilkan produk berupa poster keselamatan yang menutupi dinding di banyak tempat kerja dan dapat memberikan manfaat khususnya dalam hal keselamatan. Safety poster membantu membuat tempat kerja lebih visual sehingga tugas dan keselamatan kerja menjadi lebih mudah dipahami.

Sementara itu, poster keselamatan dapat berguna jika ditempatkan di dinding dan memberikan dampak yang efektif jika poster tetap sasaran dan berdampak. Jadi, bagaimana para manajer keselamatan memastikan poster K3 yang dipasang benar-benar efektif bekerja? Simak pembahasannya berikut.

Poster Keselamatan Kerja (Safety Poster)

Saat ini terdapat banyak poster keselamatan yang dapat Anda gunakan, Anda dapat membuatnya sendiri maupun menyewa jasa pembuatan poster keselamatan kerja profesional untuk membuat poster untuk Anda. Bagaimanapun, Anda tak boleh mengabaikan desain poster K3.

Sama halnya dengan rambu-rambu keselamatan lain di fasilitas publik, Anda sebaiknya menggunakan desain poster keselamatan kerja yang jelas dan sederhana serta langsung menyampaikan pesan. Hal ini dapat Anda peroleh dengan membatasi jumlah teks dan mengaplikasikan visual yang relevan, seperti diagram, piktogram, atau foto.

Poster K3 harus didesain menarik, tapi tanpa membuatnya terlihat berlebihan. Ketika pekerja sibuk dan berusaha menyelesaikan pekerjaan, kemungkinan mereka akan berhenti sekilas dan membaca potongan teks pada poster K3 tersebut.

Safety poster juga berfungsi sebagai alat untuk membantu pekerja tetap fokus pada keselamatan dan dinilai sebagai cara yang efektif untuk mendemonstrasikan topik keselamatan di tempat kerja Anda.

Kenali Produk Jasa Pembuatan Poster Keselamatan Kerja yang Menarik Perhatian

Jasa Pembuatan Poster Keselamatan Kerja (Safety Poster)

Jika Anda membuat safety poster dengan memanfaatkan jasa pembuatan poster keselamatan kerja, simak karakteristik poster yang menarik perhatian orang.

1.     Format

Agar poster keselamatan kerja nyaman dilihat, sebaiknya poster dibuat dalam format kertas berukuran A3 atau lebih besar. Jika memungkinkan, sesuaikan ukuran poster dengan tempat di mana Anda akan memasang poster tersebut. Pastikan Anda berdiskusi dengan pihak pembuat poster keselamatan kerja agar Anda dapat membayangkan ukuran yang memadai untuk visibilitas yang baik.

2.     Warna

Gunakan warna-warna yang sesuai dengan pesan dalam poster keselamatan kerja. Misalnya, gunakan warna merah untuk poster tentang keselamatan dari kebakaran. Jika Anda ingin menggunakan warna khusus, Anda dapat mengambil sampelnya dari foto kemudian menyimpan warnanya dalam palet warna khusus di software editor untuk digunakan lain waktu. Agar kontras optimal, Anda dapat gunakan warna yang sesuai dan nyaman dilihat, misalnya Anda menggunakan warna putih untuk tulisan pada background warna merah.

3.     Teks

Sama halnya dengan desain poster pada umumnya, teks untuk poster keselamatan kerja juga standar dengan memperhatikan beberapa aturan, seperti gunakan kata-kata sederhana dan kalimat pendek yang mampu mewakili isi pesan  poster. Buatlah pesan yang mudah dipahami oleh semua orang bahkan dalam situasi darurat ketika orang cenderung panik, gunakan kata kerja aksi dan poin-poin atau daftar bernomor sebab orang akan melihatnya sebagai instruksi dan mengikutinya.

4.     Elemen Grafis

Satu gambar yang terdapat pada safety poster dapat bernilai ribuan kata. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan beberapa elemen grafis sederhana yang dapat membuat poster Anda lebih efisien.

Contohnya, untuk safety poster keselamatan dari kebakaran, Anda dapat menggunakan gambar truk pemadam kebakaran dan petugas pemadam kebakaran agar tercipta koneksi logis dalam pikiran orang dan mereka akan tahu apa yang harus mereka lakukan, bahkan jika mereka tidak membaca teks dengan sangat cermat.

Related post: Jasa Pembuatan Safety Handbook

Gambar selalu menjadi elemen penolong yang kuat, khususnya ketika di masa sekarang, di mana globalisasi menyatukan orang-orang dari berbagai kebangsaan dan latar belakang budaya. Beberapa di antara mereka mungkin tidak dapat berbahasa Inggris atau bahasa lokal dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai safety poster. Jika Anda ingin memiliki poster K3 di perusahaan Anda, Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan poster keselamatan kerja yang terpercaya dan profesional dalam memuaskan pelanggan. Anda juga dapat mengunjungi akun instagram kami di @soocadesign.

GRATIS Mini Course

Kategori