Layout dan Desainer Annual Report: Pejuang dari Awal Hingga Akhir

Menjelang akhir tahun menuju pergantian tahun baru, perusahaan sedang disibukkan dengan pembuatan laporan tahunan, terutama mereka yang berada di bawah asuhan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perusahaan BUMN. Masa-masa ini disebut sebagai masa tersibuk dari perusahaan. Pasalnya, pembuatan laporan tahunan memang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan terlebih biaya. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang mencari jasa desain laporan tahunan.

Pembuatan laporan tahunan perusahaan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Isi yang padat dan jelas, penyampaian informasi yang mendetail, juga pelampiran anggaran yang harus transparan adalah tiga komponen utama yang wajib dipenuhi. Belum lagi dengan tampilan luar dan desain yang mendukung. Tak heran, karena pembuatan laporan tahunan ini juga ada peraturannya.

Peran Layouter dan Desainer Dalam Laporan Tahunan

jasa desain laporan tahunan
Gambar Oleh: Stories – Freepik

Memasuki waktu ini, jasa desain laporan tahunan mulai dibanjiri oleh permintaan. Layouter dan desainer annual report menjadi dua keahlian yang paling dicari. Hal ini disebabkan karena tak semua orang mampu mendesain laporan tahunan yang bagus, yang berkesinambungan antara isi dan tampilan serta tata letaknya.

Terlibat Dalam Perumusan Konsep

Dalam pembuatan laporan tahunan, layouter dan desainer kerap disebut sebagai pejuang desain. Pasalnya, pekerjaan seorang layouter dan desainer tak hanya mendesain, tetapi dimulai dari brainstorming atau penampungan ide dan gagasan. Ide-ide ini kemudian diolah menjadi sebuah konsep yang sesuai untuk laporan tahunan, dengan menggabungkan kreativitas dan brand perusahaan.

Pembuat Konten

Tak hanya sebatas itu, desainer dan layouter pun memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap isi konten dari proposal yang akan digunakan untuk keperluan pitching (tender). Belum lagi dengan pemilihan warna, font, gambar, dan penambahan ilustrasi yang biasanya harus ditambahkan dalam laporan tahunan.

Mengawasi Hasil Desain Laporan

Saat proses pencetakan laporan, kontrol kualitas dari laporan tersebut pun menjadi tugas dan tanggung jawab layouter dan desainer. Biasanya, dibuat satu contoh terlebih dahulu untuk dilakukan proses pengecekan ulang atau proofreading. Tak hanya dari segi konten, kontras warna, kualitas gambar, dan keselarasan isi pun turut dikoreksi. Jika sudah sempurna, barulah laporan dicetak dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Related Post: Menentukan Tema Pada Annual Report

Nah, mengingat begitu pentingnya peran desainer dan layouter pada pembuatan laporan tahunan, maka kerja keras mereka perlu mendapat apreasiasi dan perhatian lebih. Ada aspek-aspek yang cukup signifikan dari hasil pekerjaan yang mereka lakukan, terlebih dalam proses pembuatan annual report yang hampir seluruhnya menjadi tanggung jawab desainer dan layouter. Walaupun, tak dapat dipungkiri, hakikat dari laporan tahunan adalah kinerja perusahaan secara keseluruhan selama satu tahun.

Jasa Desain Laporan Tahunan

Desain tak akan menemukan keunikan dan ciri khasnya tanpa adanya bantuan dari desainer dan layouter. Inilah mengapa ada banyak jasa desain laporan tahunan atau agensi kreatif lain bermunculan, seperti Sooca Design Agency Jakarta. Sooca menjadi salah satu agensi desain terbaik di Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Tak hanya melayani desain laporan tahunan, Sooca juga melayani pembuatan logo, brosur, souvenir, merchandise, dan kalender perusahaan.

Selain itu, Sooca juga melayani perusahaan yang membutuhkan jasa konsultasi laporan tahunan dan branding quality and strategy. Bagi Anda yang ingin mengetahui segala informasi lengkap mengenai Sooca Design Agency, silakan hubungi kontak berikut.

GRATIS Mini Course

Kategori