desain kemasan batik

Desain Label Kemasan Kain Batik: Perkuat Karakternya

Batik

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

desain kemasan batik

Image Desain Kemasan Batik

Image yang ingin ditonjolkan  dari kemasan batik adalah kesan tradisional namun elegan. Kesan tradisional dipilih karena ingin menonjolkan sisi kerajinan batik sebagai cenderamata yang khas dan merupakan budaya. Sedangkan citra elegan dipilih karena selama ini orang menganggap bahwa kerajinan itu kebanyakan hanya berharga murah, apalagi hanya dikemas biasa saja menggunakan plastik bening ataupun tanpa kemasan saja yang menjadi kurang menarik jika diberikan kepada orang lain sebagai cenderamata. Dengan adanya kemasan ini maka citra masyarakat akan produk kerajinan batik  menjadi lebih tinggi.

Agar menambah minat dan mengubah image konsumen maka desainnya pun dibuat dengan konsep elegan sehingga image produk batik menjadi lebih baik dan juga menarik. Kemasan unik dan menarik dapat terlihat dari layout ensiklopedia yang belum pernah ada untuk kemasan batik dan juga karena selama ini produk kerajinan batik jarang ada kemasannya. Karena itulah desain kemasan ini sudah sesuai dengan tujuan dan fungsi yang ingin dicapai.

Jasa Desain Kemasan Batik

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang dan sekitarnya, jika Anda membutuhkan jasa desain kemasan kain batik kami Sooca Design siap membantu Anda dalam mendesain kemasan yang menarik dan berkualitas. Sooca Design juga dapat menangani berbagai jenis desain grafis lainnya seperti pembuatan brosur, kalender, company profile dan masih banyak lagi. Hubungi kami di kontak berikut.

 

sumber : wikipedia.org, http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/672/583

GRATIS Mini Course

Kategori