contoh desain rambu k3 (desain safety sign)

Contoh Desain Rambu K3 (Safety Sign)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai rambu-rambu k3 atau safety sign lainnya. Tujuan dari penempatan safety sign tersebut adalah agar kesehatan dan keselamatan orang yang berada di sekitarnya dapat terjaga. Itu sebabnya, desain rambu k3 harus dibuat semenarik dan semudah mungkin untuk dipahami pembacanya.

Selain itu, safety sign juga digunakan untuk memberikan informasi khusus pada pembaca rambu. Namun, apakah Anda sudah mengetahui arti simbol-simbol yang terdapat pada safety sign? Jika Anda belum mengetahuinya, simak pembahasannya berikut ini.

Contoh Desain Rambu K3 (Safety Sign) di Lingkungan Sekitar Anda

Terdapat berbagai warna dan simbol-simbol yang digunakan pada safety sign. Meski pemasangan safety sign bertujuan untuk meminimalisir risiko bahaya, tapi jika Anda tidak mengetahui makna dari simbol-simbol yang ada pada safety sign, tentu Anda tidak akan bisa menangkap pesan yang terkandung dalam safety sign tersebut. Berikut adalah penjelasan dari beberapa rambu keselamatan yang ada di sekitar Anda.

1.     Persegi Warna Putih, Garis Tepi Warna Merah, dan Simbol Berwarna Merah

Safety sign dengan desain dasar seperti ini digunakan untuk rambu keamanan yang berhubungan dengan kebakaran. Contohnya, safety sign dengan gambar panah yang mengarah ke bawah memiliki arti lokasi peralatan pemadam kebakaran.

Desain rambu k3 bersimbol tabung pemadam kebakaran biasanya digunakan untuk menunjukkan di mana tabung tersebut berada sehingga orang akan lebih mudah menemukannya ketika membutuhkan. Safety sign bergambar pipa hydrant untuk menunjukkan letak fire hose.

Ada pula safety sign dengan simbol bel berdering yang memiliki arti alarm kebakaran. Terakhir, terdapat rambu keamanan dengan gambar keran sprinkler untuk menunjukkan letak katup penutup sprinkler.

2.     Lingkaran Berwarna Biru dengan Simbol Berwarna Putih

Biasanya desain safety sign ini digunakan untuk menunjukkan perintah, misalnya jika Anda menemukan safety sign bergambar kaca mata pelindung maka Anda harus menggunakan eye protection di area tersebut. Berlaku pula pada tempat-tempat yang terdapat rambu k3 bergambar masker, helm, sarung tangan, sepatu bot, apron dan lain sebagainya. Anda harus menggunakan benda-benda yang terdapat di rambu k3 selama Anda berada di area sekitar rambu tersebut berada.

3.     Persegi Warna Hijau dengan Simbol K3 Berwarna Putih

Anda dapat menemukan safety sign jenis ini di tempat-tempat umum. Beberapa contoh penggunaan desain rambu k3 ini adalah lambang “+” berwarna putih yang berarti peralatan P3K. Gambar tanda panah ke arah kanan memiliki arti arah umum, biasanya digunakan untuk menunjukkan jalan. Jika Anda menemukan safety sign bergambar keran mengalir dan cangkir, simbol tersebut berarti air keran dapat diminum.

4.     Lingkaran Putih dengan Garis Tepi dan Garis Melintang Berwarna Merah, serta Simbol Berwarna Hitam

Desain ini digunakan pada rambu K3. Safety sign yang memiliki simbol rokok terbakar menandakan bahwa siapapun dilarang merokok di kawasan tersebut. Gambar korek api yang terbakar memiliki arti sumber api dan kobaran api dilarang di area tersebut. Salah satu contoh yang sering Anda jumpai adalah lingkaran berwarna merah dengan garis “-“ berwarna putih yang berarti dilarang maju melewati tanda tersebut.

5.     Segitiga Kuning, Garis Tepi Hitam, dan Simbol Berwarna Hitam

Desain rambu k3 dengan desain ini menandakan peringatan akan suatu hal, seperti gambar tanda seru yang memiliki makna peringatan umum tentang bahaya. Gambar kobaran api berarti Anda harus waspada terhadap bahaya api. Lambang petir memiliki arti waspada bahaya kejut listrik. Safety sign dengan simbol huruf “M” menandakan Anda harus waspada terhadap bahaya zat methane.

Related post: Kenali 7 Warna Keselamatan Kerja Dalam Safety Sign

Itu tadi beberapa contoh desain safety sign beserta penjelasan singkatnya. Setelah membaca rangkuman rambu-rambu keselamatan dan kesehatan kerja, semoga Anda menjadi lebih waspada terhadap risiko PAK dan kecelakaan yang dapat terjadi di tempat kerja.

Apabila saat ini Anda tengah mencari jasa pembuatan desain rambu k3, segeralah hubungi tim Sooca Design. Tinggalkan pesan Anda pada kolom komentar atau klik pada bagian kontak dibawah berikut ini.

JASA DESAIN SAFETY SIGN

GRATIS Mini Course

Kategori