cara menentukan influencer untuk brand

Cara Menentukan Influencer yang Tepat untuk Brandmu

Influencer merupakan figur publik yang mempunyai pengaruh besar terhadap pengikut-pengikutnya di media sosial. Bekerja dengan influencer dapat menjadi salah satu strategi yang cukup ampuh dalam pemasaran. Dengan bantuan influencer, brand dapat menjangkau lebih banyak orang dan bahkan mempengaruhi target audiens untuk membeli produk yang dipromosikan. Lalu, bagaimana cara menentukan influencer yang tepat?

Cara Menentukan Influencer yang Tepat

Namun perlu diingat bahwa mencari influencer yang tepat itu bagaikan mencari jodoh yang tepat. Sulit dan butuh riset yang dalam, tetapi efektif jika bertemu yang benar-benar sesuai. Bukan hanya soal popularitas, ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan influencer yang sesuai untuk brand Anda. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menentukan influencer yang tepat. Yuk simak bersama!

cara menentukan influencer untuk brand Anda
Photo by Plann from Pexels

Faktor Pertama: Audiens

Cara menentukan influencer yang pertama adalah menentukan audiens. Untuk menjangkau audiens yang tepat, penting bagi Anda untuk menemukan influencer yang mempunyai audiens yang serupa dengan brandmu. Lakukanlah analisis demografi audiens dari tiap influencer untuk mengetahuinya. Dengan menggunakan social media analysis tools, Anda bisa mengidentifikasi lokasi, usia, dan jenis kelamin target audiens.

Faktor Kedua: Engagement

Engagement berbicara tentang tingkat keterlibatan dan interaksi yang dijalin oleh influencer dan audiens mereka. Semakin tinggi angka engagement menandakan bahwa postingannya bekerjaa dengan baik. Hal ini terlihat dari jumlah like, komentar, save, dan share rata-rata pada setiap postingan mereka. Anda juga bisa mengecek engagement rate dari influencer melalui banyak analytics tools gratis di internet.

Faktor Ketiga: Relevansi

Ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan influencer yang ingin Anda ajak bekerja sama. Pastinya Anda tidak akan memilih influencer yang kontennya tidak memiliki relevansi dengan brandmu kan? Sebagai contoh, apabila Anda ingin mempromosikan produk makeup, akan lebih baik Anda bekerja sama dengan seorang beauty influencer daripada selebgram biasa. Influencer yang memiliki profil sesuai dengan brandmu akan memiliki audiens yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Faktor Keempat: Nilai

Sebelum menjalin kemitraan  dengan suatu influencer, Anda harus melihat apakah influencer dan brandmu memiliki nilai yang cocok. Hal ini akan berpengaruh terhadap citra dan personalitas brand yang berusaha Anda tunjukan melalui strategi pemasaranmu. Anda bisa lihat konten dan bio Instagram mereka untuk melihat isu-isu atau nilai-nilai apa yang biasa mereka angkat, bicarakan, dan yakini.

Faktor Kelima: Kualitas Konten

Karena konten yang mereka buat akan mewakili brandmu, penting untuk memastikan bahwa konten yang nantinya akan mereka buat memiliki kualitas baik. Anda bisa memastikannya dengan melihat hasil kerja sama yang mereka lakukan dengan brand-brand lain sebelumnya. Faktor ini penting karena kualitas konten yang mereka hasilkan dapat berpengaruh besar pada keefektifan kampanye dan citra dari brandmu. Pastikan Anda memberi arahan yang jelas terhadap hal-hal penting, walaupun keseluruhan isi konten tetap diserahkan kepada kreativitas mereka.

Faktor Kelima: Autentik dan Bisa Diandalkan

Untuk menjamin kesuksesan dari kampanye dan strategi yang Anda buat, Anda harus memastikan bahwa influencer yang Anda ajak bekerja sama merupakan orang yang bisa diandalkan dan dipercaya. Carilah influencer yang memang punya dedikasi tinggi dan sudah berpengalaman dalam bidangnya. Influencer seperti ini mempunyai audiens dengan tingkat loyalitas dan kepercayaan yang tinggi. Dengan menggunakan influencer yang kredibel, promosi yang disampaikan dapat lebih dipercaya.

Selain dapat dipercaya, pastikan juga bahwa mereka dapat diandalakan. Influencer yang andal memiliki sifat yang proaktif dan juga profesional. Ini dapat dilihat dari cara mereka membalas pesan dan berkomunikasi dengan brand. Tentunya Anda tidak akan mau menjalin komunikasi yang lambat dan kurang jelas saat mulai berkolaborasi. Anda bisa menggunakan platform-platform online di internet untuk melihat ulasan-ulasan terhadap kinerja influencer terkait.

Nah, itu dia faktor-faktor yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih influencer. Satu hal yang perlu Anda ingat sebelum memilih influencer adalah memahami terlebih dahulu tujuan dari kampanyemu. Dengan ini, Anda akan mengetahui influencer mana yang dapat membantumu mencapai tujuan pemasaran yang sudah Anda susun.

Jika masih kebingungan, Anda bisa berkonsultasi pada jasa social media management yang profesional dan terpercaya seperti Sooca Design.

 

Reference:

influencermarketinghub.com/pick-the-right-instagram-influencer/

GRATIS Mini Course

Kategori