Ketahui 5 Kriteria Website Design yang Baik

Membuat sebuah website tidak saja berkaitan dengan pemrograman, melainkan juga pemilihan kriteria website design yang terbaik. Namun, jika Anda kurang menguasai pembuatan desain untuk website, di era serba praktis ini Anda bisa menggunakan jasa desain website profesional.

Seperti diketahui, website kini semakin dibutuhkan untuk berbagai hal, mulai dari membagikan informasi hingga untuk kepentingan bisnis. Bahkan, tidak sedikit orang saat ini yang lebih memilih belanja di website toko online karena kepraktisannya.

Jika Anda memutuskan ingin membangun website untuk suatu keperluan, gunakanlah desain tampilan yang menarik. Alasannya, desain yang menarik mampu menaikkan pengunjung website. Bukankah tujuan utama memiliki website adalah mendapatkan banyak pengunjung?

Lantas, seperti apa sih kriteria website design yang baik?

Kriteria Website Design yang Baik

kriteria website design yang baik (oleh jasa desain website)
istockphoto.com

Sedikitnya ada lima kriteria website design yang baik. Jasa desain website profesional selalu menggunakan kelima kriteria ini sebagai ‘pegangan utama’ untuk membantu kliennya membuatkan desain yang berkualitas.

1. Enak Dilihat

Kriteria desain website yang baik pertama adalah enak dilihat. Anda bisa menghadirkan kriteria ini dengan mempertimbangkan matang-matang elemen penting dari tampilan website, yakni warna, jenis font dan background.

Sebagai tips, sebaiknya Anda mengaplikasikan dua warna yang cocok dikombinasikan untuk tampilan website. Rekomendasi terbaik adalah pengaplikasian warna-warna netral.

Sementara itu, jenis font yang digunakan harus mudah dibaca. Ukuran font juga harus diperhatikan untuk menjadikan tampilan website design bersahabat bagi pengunjung. Dan, terkait background, sebaiknya pilih yang simpel namun elegan. Background yang ramai justru membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan terganggu saat membaca konten yang ada.

2. Tertata Rapi

Kriteria selanjutnya adalah tertata tapi. Artinya, peletakan sejumlah menu, fitur dan navigasi harus dilakukan dengan rapi dan mudah diketahui pengunjung.

Anda juga harus memastikan mena, fitur dan navigasi berada di letak yang sama di setiap halaman website. Hal ini (juga) dapat membuat pengunjung mudah menemukannya.

3. Konten yang Menarik

Jangan biarkan website Anda kosong tanpa konten. Ya, percuma Anda sudah mendesain website sekreatif mungkin namun tidak ada konten di dalamnya.

Suguhkan konten yang menarik, informatif dan relevan dengan tema dari website Anda. dengan kata lain, Anda tidak boleh mem-posting konten dalam jumlah banyak dengan tujuan (hanya) agar terlihat ramai.

Sebagai tips, konten yang menarik harus melalui tahap riset keyword (kata kunci) terlebih dahulu. Anda harus mengetahui keyword apa yang banyak dicari orang di internet. Dengan begitu, website Anda akan didatangi banyak pengunjung.

4. Visual yang Menarik

Website yang berisi konten saja masih belum dikatakan menarik lho. Anda harus menambahkan unsur visual seperti gambar, foto, video atau animasi yang relevan. Hal ini dapat mempercantik tampilan desain sehingga pengunjung betah berlama-lama di dalam website.

Sebagai tips, pastikan unsur visual yang Anda tampilkan memiliki ukuran yang pas dengan desain website. Dengan kata lain, unsur visual tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Pastikan juga keberadaan unsur visual itu tidak menjadikan loading website lambat atau lemot.

5. Tidak Dipenuhi Iklan

Pemilik boleh kok memasukkan iklan di dalam website-nya. Namun, bijaklah untuk melakukan hal itu.

Ya, jangan sampai website dipenuhi iklan hanya untuk mengejar profit. Ini justru menunjukkan pengelolaan website dilakukan dengan tidak profesional. Ketahuilah, bagi pengunjung, tampilan website yang dipenuhi iklan sangatlah mengganggu, apalagi iklannya berbentuk video. Jadi, hindari!

Jasa Desain Website Profesional

Itulah lima kriteria website design yang baik. Tidak harus sendiri, Anda bisa memercayakan jasa profesional untuk membuat website design yang menarik. Nantinya, website design yang baik akan memberikan impresi yang menarik pula bagi calon konsumen Anda.

Ditambah dengan perkembangan era digital yang semakin kencang, keberadaan website menjadi salah satu platform yang saat ini “wajib” dimiliki oleh para pengusaha. Termasuk dari skala bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan besar.

Sebagai solusinya, kini SOOCA juga menghadirkan layanan jasa desain website yang berpengalaman dan terpercaya.

Nah, apabila saat ini Anda membutuhkan jasa desain website untuk bisnis maupun perusahaan, langsung saja hubungi SOOCA untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori